Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer pada Myob Accounting

Konten [Tampil]

Cara membuat daftar supplier dan customer pada myob accounting digunakan sebagai dasar pembuatan buku besar pembantu hutang dan piutang perusahaan. Kartu pelanggan akan menghasilkan informasi tentang piutang dagang. Kartu pemasok akan menghasilkan informasi tentang hutang dagang.

Cara memasukkan saldo awal customer dan supplier pada myob accounting berperan sebagai acuan dalam menentukan jumlah tagihan yang belum terbayarkan. Dalam myob accounting, langkah-langkah dalam membuat supplier card dan customer card adalah melalui modul command centre.

Pada program myob langkah-langkah pengisian saldo awal pelanggan dan pemasok adalah prioritas dalam menentukan total tagihan yang jatuh tempo. Fitur untuk memasukan nama pelanggan adalah customer card. Fitur untuk memasukan nama pemasok adalah supplier card yang dapat diakses pada modul list.

Supplier Card dan Customer Card

Supplier card dan customer card digunakan sebagai daftar lawan transaksi yang pernah bekerjasama dalam distribusi atau pemasok bahan baku di perusahaan. Kegunaan customer card adalah menghitung jumlah tagihan yang telah jatuh tempo dan pengiriman dokumen atas penagihan barang atau jasa yang telah diberikan.

Membuat supplier card dan customer card di myob harus segera dilakukan setelah akuntan memasukkan neraca saldo awal. Jumlah piutang dagang dan jumlah hutang dagang harus sesuai dengan saldo akhir pada kartu pemasok dan kartu pelanggan sehingga ketepatan pengambilan keputusan dari laporan keuangan tetap terjaga.

Supplier card dan customer card berfungsi sebagai dasar pembuatan buku besar pembantu hutang dan piutang perusahaan. Menu yang dipakai untuk membuat kartu pelanggan dan kartu pemasok dalam myob accounting harus dijaga ketepatannya agar pembuatan analisis daftar piutang dapat dilaksanakan dengan tepat.

Baca Juga: Cara Atur Preference di Myob Accounting

Langkah-Langkah Membuat Daftar Supplier dan Customer

Langkah-langkah membuat daftar supplier dan customer pada program myob accounting hanya dapat dilakukan setelah saldo piutang dan hutang dagang telah dimasukkan pada neraca saldo awal. Buku besar pembantu piutang berisikan informasi tentang nama pelanggan dan tagihan yang belum terbayarkan.

Cara membuat daftar supplier dan customer pada program myob accounting perlu dilakukan agar perusahaan dapat membuat jadwal pembayaran dan pelunasan tagihan yang belum terbayarkan. Fitur untuk memasukan nama pelanggan adalah customer card.

Fitur untuk memasukan nama pemasok disebut supplier card. Supplier card berguna untuk melakukan penjadwalan pembayaran tagihan atas bahan baku yang telah diterima. Adapun cara membuat supplier card dan customer card adalah:

  1. Masuk ke Command Centre dan Pilih List
  2. Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer pada Myob Accounting
  3. Pilih New Supplier card or Customer Card.
  4. Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer pada Myob Accounting
  5. Isilah detail alamat, nama toko dan termin pembayaran atas tagihan yang terdapat pada program myob accounting.
  6. Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer pada Myob Accounting
  7. Apabila telah selesai, maka Klik OK.
  8. Perlu diperhatikan bahwa pengisian detail kartu pelanggan dan kartu pemasok sebaiknya menggunakan npwp yang diberikan lawan transaksi.
  9. Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer pada Myob Accounting
Baca Juga: Langkah-Langkah Mengatur Kode Pajak di Myob

Cara Memasukkan Saldo Awal Pelanggan dan Pemasok di Myob

Cara memasukkan saldo awal pelanggan dan pemasok di myob akan memperlihatkan jumlah tagihan yang belum terbayarkan dan tanggal jatuh temponya. Pembuatan daftar analisa umur piutang terjadi ketika adanya ketidakmampuan pelanggan dalam membayar barang atau jasa yang telah didapatkannya.

Cara memasukkan saldo awal pemasok dan pelanggan pada myob accounting berguna sebagai dasar pengambilan keputusan tentang persetujuan penjualan kredit. Penjualan kredit akan meningkatkan omzet perusahaan ketika pelanggan mampu melunasi kewajibannya pada akhir jatuh tempo.

Cara input saldo piutang dagang dan hutang dagang di myob accounting harus mempertimbangkan jumlah yang telah tercatat pada neraca saldo awal. Buku besar pembantu persediaan bahan baku menjadi pedoman untuk memperlihatkan tagihan yang sebenarnya harus dibayarkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengatur Termin Pembayaran Myob

Demikian cara membuat daftar supplier dan customer pada myob accounting semoga dapat membantu alokasi beban kerugian piutang tak tertagih. Pembayaran penjualan kredit yang tertunda akan mengakibatkan tidak dapat digunakannya arus kas yang seharusnya diterima di masa lalu.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Supplier dan Customer pada Myob Accounting"