Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Perhitungan PPh Pasal 22 atas Pembelian Barang dari Luar Negeri

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan pph pasal 22 atas pembelian barang dari luar negeri terjadi ketika perusahaan melaksanakan kegiatan impor dan ekspor bahan baku. Tata cara pemungutan, penyetoran dan pelaporan pph 22 dimulai ketika entitas mendapatkan pemberitahuan impor barang (PIB) dan pemberitahuan ekspor barang (PEB).

Contoh soal ppn dan pph pasal 22 akan dikenakan untuk setiap penyerahan barang kepada bendahara pemerintah, bumn, kuasa pengguna anggaran dan bendahara pengeluaran mekanisme uang persediaan. PPh 22 merupakan pajak yang dipungut atas aktivitas impor, industri tertentu dan jualbeli barang dengan pemerintah.

Pertanyaan tentang pph pasal 22 impor dan ekspor barang menjadi objek pajak penghasilan. Pengertian penghasilan adalah aktivitas yang dapat menambah kekayaan perusahaan di daerah pabean dan luar daerah pabean melalui kegiatan bisnis dan nonbisnis. Jika lawan transaksi tidak memiliki npwp, maka pemungut memotongkan tagihan sebesar 100% lebih besar.

Contoh Perhitungan PPh Pasal 22 atas Pembelian Barang dari Luar Negeri

Pemungut Pajak Penghasilan Pasal 22

Pemungut pajak penghasilan pasal 22 adalah pihak yang melaksanakan aktivitas pemotongan dan pelaporan transaksi ketika menggunakan kas negara. Impor adalah aktivitas membeli barang dari luar negeri. Ekspor adalah aktivitas menjual barang kepada pelanggan diluar negeri melalui pelabuhan.

Pemungut pph pasal 22 adalah instansi pemerintah, bumn, industri tertentu dan wajib pajak yang diizinkan memotong penghasilan seseorang. Pengecualian penghasilan yang terutang pph pasal 22 adalah impor barang yang dibebaskan dari bea masuk, impor kembali serta emas batangan yang diproses untuk diekspor ke luar negeri.

Subjek pph pasal 22 dan objek pajak penghasilan menjadi prioritas dalam materi tata cara pemungutan, pemotongan dan pelaporan spt masa. Tidak semua barang yang diimpor terkena pajak pph pasal 22 atas impor dimana perusahaan dapat mengajukan surat keterangan bebas pajak yang dikeluarkan menteri keuangan.

Baca Juga: Contoh Jurnal Penerbitan Obligasi Jangka Panjang

Contoh Soal PPh Pasal 22 atas Impor dan Ekspor Bahan Baku

Contoh soal pph pasal 22 atas impor dan ekspor bahan baku adalah mencari biaya produksi terkecil untuk menghasilkan laba terbesar. Cara mengisi kompensasi kerugian fiskal pada e-spt badan mewajibkan entitas untuk memberikan bukti laporan posisi keuangan ketika terjadi pemeriksaan pajak.

Contoh soal pajak penghasilan pasal 22 atas impor barang mewah dapat dikecualikan dari pemungutan pph 22. Pengecualian objek pajak akan diberikan bukti berupa surat keterangan bebas pajak yang diterbitkan oleh dirjen pajak untuk impor barang yang tidak terutang pph dan transaksi emas batangan.

Contoh perhitungan pph pasal 22 atas pembelian barang dari luar negeri atau impor terjadi pada CV Staff Accounting yang membeli bahan baku senilai $21.000 dengan kurs menteri keuangan sebesar Rp 12.450. Bagaimana cara menghitung pajak terutang yang harus dibayar ketika bea masuk sebesar 2,5%?

Baca Juga: Cara Menghitung BEP Rupiah dan Unit Terjual

Contoh Jurnal PPh Pasal 22 atas Impor Pembelian Barang dari Luar Negeri

Contoh jurnal pph pasal 22 atas impor akan terutang ketika memperoleh PIB atau PEB. Pembayaran bea masuk dan pajak penghasilan pasal 22 dilakukan sebelum barang dikeluarkan dari pelabuhan bea cukai. Tempat pembayaran pajak ada di kantor pos, transfer bank atau melalui agen bea cukai.

Tata cara pemungutan, pemotongan dan pelaporan pph 22 dapat dijadikan kredit pajak ketika melaporkan spt tahunan. Sifat pajak pph pasal 22 adalah tidak final artinya dapat diperhitungkan kembali dari total penghasilan perusahaan. Adapun contoh perhitungan pajak pembelian barang dari luar negeri adalah

Perhitungan Pajak
KeteranganUSDKurs Menteri KeuanganRupiah
Nilai CIF $ 21.000 Rp 12.450 Rp 261.450.000
Bea Masuk $525 Rp 12.450 Rp 6.536.250
Nilai Barang Dagang Rp 267.986.250
PPh Pasal 222,50% Rp 267.986.250 Rp 6.699.656

Contoh jurnal pajak penghasilan pasal 22 atas impor bahan baku diprioritaskan dilaksanakan pembayaran sebelum barang disetujui keluar dari pelabuhan. Berapa persen tarif pajak impor dan ekspor bahan baku dengan menggunakan angka pengenal impro (API) adlaah 2,5%. Jurnal pencatatan transaksi impor adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
23/04/2022Persediaan Rp 267.986.250
PPh Pasal 22 Dibayar Dimuka Rp 6.699.656
Kas Rp 13.235.906
Hutang Usaha Rp 261.450.000
(jurnal mencatat pembelian bahan impor)

Baca Juga: Kegiatan Apa Saja yang Dikenakan Tarif PPh Pasal 22

Demikian contoh jurnal perhitungan pph pasal 22 atas pembelian barang dari luar negeri atau impor dan penjualan barang ke luar negeri atau ekspor. Materi akuntansi perpajakan mewajibkan badan usaha melaporkan seluruh aktivitas pendapatan yang berasal dari luar daerah pabean dan dikreditkan melalui mekanisme pph pasal 24.

Posting Komentar untuk "Contoh Perhitungan PPh Pasal 22 atas Pembelian Barang dari Luar Negeri"