Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Pelepasan Aset Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pelepasan aset tetap berasal dari kegiatan penjualan atau pemanfaatan harta perusahaan sampai akhir periode penggunaannya. Penjualan aktiva tetap menurut pajak hendaknya dipotongkan pajak pertambahan nilai agar dilaporkan sebagai penjualan perusahaan periode tersebut.

Soal dan jawaban pertukaran aktiva tetap harus menerapkan prinsip akuntansi diantaranya matching cost againt revenue dan materialitas. Jurnal penjualan aset tetap pemerintah menyesuaikan ketentuan umum perpajakan tentang masa manfaat atas aktiva tetap berdasarkan kategori yang dimiliki perusahaan.

Contoh kasus penjualan aktiva tetap dan jawabannya akan digunakan dalam pembuatan sistem informasi akuntansi seperti pengendalian internal dan metode penyusutan akuntansi. Revaluasi aset tetap adalah proses penilaian ulang biaya perolehan perusahaan berdasarkan catatan perusahaan dan nilai sekarang.

Contoh Soal dan Jawaban Pelepasan Aset Tetap


Soal dan Jawaban Pelepasan Aktiva Tetap (Penjualan dan Pertukaran Aktiva Tetap)

Soal dan jawaban pelepasan aktiva tetap terdiri dari penjualan dan pertukaran aset tetap yang menghasilkan keuntungan dan kerugian bagi perusahaan. Laba rugi penghentian pemakaian aset tetap berdampak pada pembuatan laporan kinerja keuangan terutama bagian beban dan pendapatan perusahaan.

Contoh soal dan cara menghitung pelepasan aset tetap akan menghasilkan nilai buku atas pencatatan akumulasi penyusutan terhadap biaya perolehan perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi depresiasi aktiva perusahaan adalah masa manfaat, nilai residu dan biaya perolehan aset pada periode tersebut.

Soal dan jawaban pelepasan aset tetap telah terjadi pada CV Staff Accounting yang menjual mobil seharga Rp 74.000.000. Mobil didapatkan dengan biaya perolehan Rp 131.000.000 dan disusutkan selama 4 tahun. Bagaimana jurnal penjualan aktiva tetap yang harus dicatat perusahaan?

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 Atas Revaluasi Aktiva Tetap

Cara Menghitung Laba Rugi Penjualan Aset Tetap

Cara menghitung laba rugi penjualan aset tetap berasal dari perbandingan antara catatan perusahaan dengan harga jual atas kesepakatan penyerahan barang kena pajak. Jurnal penjualan aktiva tetap nilai buku nol biasanya terjadi ketika depresiasi sampai akhir periode tersebut.

Contoh perhitungan rugi laba penjualan aktiva tetap harus memperhitungkan akumulasi depresiasi aset tetap. Pengertian nilai buku menurut para ahli adalah nilai yang didapatkan dari pengurangan antara biaya perolehan dan akumulasi depresiasi sampai masa dimana perusahaan memutuskan menjual aset tersebut.

Cara menghitung laba rugi penjualan aktiva tetap menurut pajak harus dapat memperhitungkan jumlah nilai buku pada akhir periode. Nilai depresiasi yang berjalan setiap periodenya akan digunakan sebagai dasar pengurang biaya perolehan. Adapun cara hitung nilai buku aktiva tetap pada laporan posisi keuangan adalah:

Biaya Perolehan Rp 131.000.000
Masa Manfaat4
Akumulasi Penyusutan Rp 65.500.000
Nilai Buku Rp 65.500.000
Harga Jual Aktiva Rp 74.000.000
Laba Penjualan Aktiva Rp 8.500.000

Baca Juga: Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap

Jurnal Penjualan Aktiva Tetap Menurut Pajak

Jurnal penjualan aktiva tetap menurut pajak akan dibebankan pajak pertambahan nilai. Laba atas penjualan aset tetap akan digunakan sebagai penambah penghasilan pada tahun fiskal dan tidak diperkenakan sebagai kredit pajak pada akhir periode tersebut.

Jurnal penjualan aset tetap menurut pajak nilai buku nol berasal dari penyusutan harta perusahaan yang telah digunakan secara penuh sampai akhir periode. Contoh soal pelepasan aktiva tetap terdiri dari penjualan, penghentian pemakaian dan pertukaran aset tetap kepada pihak ketiga.

Jurnal penyesuaian aktiva tetap nilai buku nol akan memberikan laba rugi penjualan aktiva tetap. Keuntungan dan kerugian atas jualbeli aset tetap akan terjadi ketika nilai buku lebih besar atau lebih kecil dari harga jual yang telah disepakati. Adapun jurnal pertukaran aktiva tetap adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/4/21Akumulasi Penyusutan Rp 65.500.000
Piutang Rp 87.100.000
Aktiva Tetap Rp 131.000.000
Laba Penjualan Rp 8.500.000
PPN Keluaran Rp 13.100.000

Baca Juga: Contoh Soal Depresiasi Aset Tetap Metode Garis Lurus

Demikian contoh soal dan jawaban pelepasan aset tetap terdiri dari penjualan dan pertukaran aktiva tetap. Agar proses pembayaran pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan dilaporkan oleh staff accounting perusahaan maka harus dicatat sesuai kebijakan akuntansi di perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Pelepasan Aset Tetap"