Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Konten [Tampil]

Langkah-langkah mencatat transaksi retur pembelian di myob accounting berperan sebagai upaya perusahaan mengalokasikan pengembalian barang kepada supplier karena tidak sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Sistem penentuan biaya berdasarkan pesanan hendaknya dapat digunakan untuk menghitung harga pokok penjualan.

Cara mengentri transaksi retur pembelian tunai dan pembelian kredit di myob accounting akan berpengaruh terhadap pemberian diskon ketika membayar sebelum tanggal jatuh tempo. Fungsi menu purchase register kaitannya dengan transaksi retur adalah untuk mengajuan refund dana dan pengurangan tagihan.

Menu yang digunakan untuk melakukan entri transaksi retur pembelian barang dagang adalah purchase register. Setelah input transaksi, agar dapat mengetahui jurnal sementara dapat menekan tombol kombinasi ctrl+r. Fitur yang digunakan untuk mencetak laporan keuangan dan laba rugi komprehensif adalah report.

Langkah-Langkah Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Apa itu Pembelian Tunai dan Pembelian Kredit

Pembelian tunai dan pembelian kredit menjadi kebijakan yang diberikan supplier ketika mengirimkan barang dagang. Untuk mencatat transaksi pembayaran hutang dicatat pada fitur pay bill. Transaksi pembelian di myob bagi pengusaha kena pajak akan terutang pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan.

Pembelian tunai adalah transaksi penyerahan barang dagang disertai pertukaran dengan kas dan setara kas. Pembelian tunai terjadi ketika perusahaan tergolong pelanggan baru bagi pemasok sehingga supplier ingin mengetahui terlebih dahulu tentang kemampuan perusahaan ketika melunasi tagihan yang telah jatuh tempo.

Pembelian kredit adalah transaksi penyerahan barang dagang yang dilakukan dimasa lampau tetapi pembayarannya akan ditagihkan kemudian hari. Pembelian kredit terjadi ketika supplier telah mengadakan pertimbangan kredit yang diajukan entitas. Bukti kas keluar harus disertai dengan adanya invoice dan kuitansi dari perbankan.

Baca Juga: Contoh Soal Activity Based Costing dan Pembahasannya

Cara Input Transaksi Pembelian Kredit dan Pembelian Tunai di Myob

Cara input transaksi pembelian kredit dan pembelian tunai di myob bergantung pada termin pembayaran yang diselanggarakan. Fungsi purchase register kaitannya dengan transaksi retur pembelian barang dagang adalah digunakan untuk mengembalikan barang dagang yang ada di gudang.

Langkah-langkah mencatat transaksi pembelian kredit dan tunai di myob perlu mempertimbangkan dokumen pendukung seperti invoice, faktur pajak dan surat jalan dari kepala gudang. Apa kegunaan dari fitur purchase yang dimiliki program myob adalah dapat mencatat siklus pembelian dari pemesanan hingga pelunasan.

Menu yang digunakan untuk mengentri pembelian tunai dan kredit hanya dibedakan melalui termin pembayaran. COD artinya barang harus dibayarkan ketika sampai digudang penerima. 2/10, n/30 artinya barang harus dilunasi dalam waktu 1 bulan dan akan memperoleh diskon ketika membayar disepuluh hari pertama.

Cara mencatat transaksi pembelian di myob secara kredit dan tunai dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi myob menggunakan user bagian pembelian atau purchasing.
  2. Pilih modul purchase dan enter purchase.
  3. Masukkan kode barang, harga dan jumlah barang yang masuk digudang.
  4. Pilih layout item
  5. Masukkan termin pembayaran yang disepakati.

Baca Juga: Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Cara Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting

Cara mencatat transaksi retur pembelian di myob accounting pada dasarnya menjadi proses mengembalikan barang dagang yang tidak sesuai spesifikasi perusahaan. Apa kegunaan dari fitur purchase yang dimiliki oleh program myob adalah mencegah terjadinya pemanipulasian transaksi barang fiktif.

Bagaimana cara mengisi retur penjualan dan pembelian di aplikasi myob bergantung pada kebijakan akuntansi menggunakan sistem perpetual atau sistem periodik. Untuk mengetahui data transaksi retur pembelian yang telah dilakukan klik pada tab refund atau apply to return supplier.

Cara mengisi transaksi retur pembelian di myob perlu mempertimbangkan bukti kas keluar seperti surat jalan dan pembayaran tagihan. Sistem pengendalian internal kas dan setara kas harus dapat mengalokasikan pelunasan piutang dan hutang sesuai dengan tagihan yang telah jatuh tempo di periode tersebut.

Adapun cara mencatat transaksi retur pembelian dan penjualan secara kredit dan tunai di aplikasi myob sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi myob dengan user pembelian
  2. Pilih modul purchase register dan pilih fitur refund.
  3. Masukan data tentang barang yang hendak dikembalikan ke pelanggan.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Persediaan Barang dan Pembahasannya

Demikian langkah-langkah mencatat transaksi retur pembelian dengan menggunakan modul purchase di aplikasi myob. Fitur-fitur pada myob perlu dicoba agar laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan sesuai dengan asersi manajemen yang diterbitkan. Contoh program komputer akuntansi adalah myob, accurate dan sap.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Mencatat Transaksi Retur Pembelian di Myob Accounting"