Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jurnal Pembentukan Saldo Kas Kecil dan Pengisian Kembali Patty Cash

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal pembentukan saldo kas kecil dan pengisian kembali patty cash diperlukan setiap akhir periode untuk memaksimalkan penggunaan dana perusahaan. Sistem pengendalian internal kas kecil harus didapatkan bukti pengeluaran kas sebelum diserahkan kepada kasir selaku pihak yang bertanggungjawab atas uang.

Contoh soal kas kecil metode imprest dan metode fluktuasi memiliki perbedaan terutama ketika menetapkan saldo patty cash. Bagaimana cara pencatatan jurnal penyesuaian dengan metode dana tetap dan tidak tetap akan memberlakukan kebijakan akuntansi keuangan yaitu prinsip matching cost againt revenue.

Contoh dana tetap dan tidak tetap berlaku disetiap tingkatan kegiatan produksi perusahaan. Sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan dan proses harus dijalankan sesuai aturan yang berlaku. Pembuatan jurnal pembalik dan jurnal penyesuaian bertujuan agar entitas dapat mengakhiri periode akuntansi.

Contoh Jurnal Pembentukan Saldo Kas Kecil dan Pengisian Kembali Patty Cash

Kelebihan Kas Kecil Metode Imprest (Imprest Fund System)

Kelebihan kas kecil metode imprest menjadi dasar bagi perusahaan ketika menerapkan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan. Job order costing memerlukan informasi tentang total pengeluaran biaya bahan baku, tenaga kerja langsung dan pemanfaatan biaya overhead pabrik untuk menciptakan produk pesanan.

Contoh dana tetap dan tidak tetap dapat diterapkan diberbagai jenis perusahaan. Metode imprest dan fluktuasi diperlukan sebagai upaya perusahaan mengalokasikan informasi keuangan sejalan dengan penerapan prinsip matching cost again revenue ketika membuat laporan laba rugi komprehensif.

Kelebihan kas kecil metode dana tetap adalah perusahaan hanya menetapkan saldo awal ketika bertransaksi dan selanjutnya memakai dana tersebut untuk menjalankan transaksi lainnya. Bagaimana cara pencatatan jurnal penyesuaian dengan metode dana tetap diawali dengan pembentukan saldo kas kecil perusahaan.

Baca Juga: Cara Melakukan Stock Opname Perusahaan Manufaktur

Contoh Soal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Fund System)

Contoh soal kas kecil metode dana tetap diperuntukkan bagi perusahaan yang telah memiliki sistem pengendalian internal yang kuat. Sistem periodik dan sistem perpetual berakibat pada kekuatan bukti pengeluaran kas yang telah diotorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang dalam menjalankan transaksi.

Contoh soal patty cash metode imprest bertujuan agar setiap bukti pengeluaran kas mendapatkan pengisian kembali dimasa mendatang. Bagaimana pengisian kembali dana kas kecil dengan metode dana tetap dilaksanakan setiap periodenya sesuai saldo yang telah ditetapkan pada awal pembentukan.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dilaksanakan ketika terjadi pembentukan dan pengisian kembali saldo kas kecil. Contoh soal kas kecil metode imprest terjadi pada CV Staff Accounting yang telah menetapkan saldo kas sebesar Rp 88.156.000, adapun transaksi selama satu periode sebagai berikut:

TanggalTransaksi
01/05/2022Pembayaran biaya isi ulang galon air minum sebesar Rp 5.025.000
07/05/2022Pembayaran biaya fotocopy sebesar Rp 4.026.000
16/05/2022Pembelian materai sebesar Rp 4.500.000
22/05/2022Pembelian bensin kendaraan sebesar Rp 125.000
31/05/2022Pengisian kembali kas kecil sesuai pengeluarannya

Baca Juga: Contoh Soal Process Costing dan Jurnal Pencatatannya

Contoh Jurnal Pembentukan Saldo Kas Kecil dan Pengisian Kembali Patty Cash

Jurnal pembentukan saldo kas kecil dilaksanakan setiap awal periode sesuai kebijakan akuntansi yang diterapkan. Jurnal pengisian kembali patty cash bertujuan untuk memeriksa kebenaran aliran kas keluar sesuai dengan bukti pengeluaran kas yang telah diotorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang.

Jurnal Pembentukan Saldo Kas Kecil

Jurnal pembentukan saldo kas kecil metode imprest akan mengurangi saldo rekening giro di bank. Penggunaan kas kecil bertujuan mengurangi biaya administrasi bank setiap bulan dari aktivitas penggunaan cek atau bilyet giro. Adapun jurnal pembentukan saldo kas kecil sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Patty Cash Rp 88.156.000
Mandiri Bank Rp 88.156.000

Jurnal Pengisian Kembali Saldo Kas Kecil

Jurnal pengisian kembali saldo kas kecil harus diselenggarakan selama menjalankan aktivitas bisnis perusahaan. Bukti transaksi atas pengisian kembali patty cash adalah bukti pengeluaran kas, invoice dari pemasok dan bukti penerimaan barang dari gudang. Adapun jurnal pengisian kembali saldo kas kecil metode imprest adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022All Expance Rp 7.100.000
Mandiri Bank Rp 7.100.000

Baca Juga: Contoh Soal Cadangan Piutang Tak Tertagih

Demikian contoh jurnal pembentukan saldo kas kecil dan pengisian kembali patty cash dalam materi akuntansi pengantar. Setiap pendapatan dan pengeluaran harus dicatat terutama yang mengakibatkan aliran arus kas berubah. Penghasilan dan biaya harus diterangkan secara jelas dalam laporan posisi keuangan.

Posting Komentar untuk "Contoh Jurnal Pembentukan Saldo Kas Kecil dan Pengisian Kembali Patty Cash"