Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Revaluasi Aktiva Tetap di Accurate Online dan Accurate 5

Konten [Tampil]

Cara revaluasi aktiva tetap di accurate online dan accurate 5 merupakan prosedur informasi keuangan sesuai kebijakan akuntansi. Aktiva tetap dinilai berdasarkan biaya perolehan dikurangi akumulasi penyusutan setiap periodenya. Penyusutan akan terjadi saat entitas menyelenggarakan kegiatan bisnis tertentu.

Langkah-langkah revaluasi aset tetap di accurate 5 adalah aktivitas perusahaan menyesuaikan nilai buku berdasarkan nilai sekarang dari sebuah aset. Karakteristik utama aktiva tetap adalah memiliki nilai material dan hanya boleh dibebankan ke biaya produksi sesuai tingkat penyusutan per periodenya.

Bagaimana cara mencatat transaksi revaluasi aktiva tetap di accurate online dapat menjadi pertimbangan perusahaan ketika mengakuisisi informasi keuangan. Setiap pemeriksaan pajak menghendaki entitas melaporkan seluruh kekayaan yang didapatkannya untuk mempertimbangkan penghasilan kena pajak ditanggung.

Cara Revaluasi Aktiva Tetap di Accurate Online dan Accurate 5

Apa itu Revaluasi Aset Tetap di Accurate Online?

Pengertian revaluasi aset tetap menurut para ahli adalah tindakan perusahaan melaksanakan kegiatan administrasi pemakaian aktiva tetap untuk keberlanjutan informasi keuangan. Tujuan penggunaan aktiva tetap adalah mempermudah proses produksi agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dibelinya.

Apa itu revaluasi aktiva tetap adalah transaksi non kas atas kegiatan pemakaian aset tetap. Nilai buku, nilai residu dan nilai penyusutan harus dipertimbangkan perusahaan ketika mengakuisisi informasi keuangan setiap satu periode. Kekayaan perusahaan dapat dijaga dengan menerapkan kebijakan sistem pengendalian internal.

Bagaimana cara revaluasi aktiva tetap di accurate online harus menghitung terlebih dahulu nilai wajar aset tersebut. Pemakaian jasa appraisal atau jasa penilaian aset dapat menjadi pedoman ketika mengakuisisi informasi keuangan. Laporan keuangan harus mencerminkan keadaan perusahaan yang sebenarnya terjadi.

Baca Juga:

Alasan Perusahaan Melakukan Revaluasi Aktiva Tetap

Alasan perusahaan melakukan revaluasi aset tetap perlu dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Setiap transaksi keuangan harus dapat merepresentasikan informasi keuangan selama satu periode. Kekayaan perusahaan harus dijaga dengan menerapkan sistem pengendalian internal yang kuat.

Penyebab revaluasi aktiva tetap bagi perusahaan manufaktur adalah meningkatkan nilai buku dari aktiva tetap tercatat. Nilai buku adalah nilai yang tercantum pada laporan keuangan. Penyusutan akan mengurangi biaya perolehan perusahaan setiap periodenya sesuai masa pakai yang disepakati perusahaan.

Cara revaluasi aktiva tetap di accurate online dan accurate 5 bertujuan agar perusahaan dapat menyesuaikan informasi laba rugi satu periode. Kekayaan perusahaan wajib diatribusikan pada catatan atas laporan keuangan agar dapat menjalankan kegiatan operasional sesuai prinsip keberlangsungan usaha.

Baca Juga:

Cara Revaluasi Aset Tetap di Accurate 5 dan Accurate Online

Cara revaluasi aset tetap di accurate 5 dan accurate online mengharuskan perusahaan membayarkan pph pasal 4 ayat 2 yang dibayarkan secara mandiri. Jangka waktu pembayaran pajak penghasilan adalah paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya. Keterlambatan setoran pajak penghasilan mengakibatkan adanya sanksi administrasi.

Langkah-langkah revaluasi aktiva tetap di accurate online dapat menjadi pedoman ketika entitas mengusahakan kenaikan manfaat ekonomis. Pendapatan diakui saat dapat diperhitungkan dengan handal dan mampu menambah kekayaan perusahaan untuk dimiliki oleh para pemegang saham yang ada.

Cara revaluasi aset tetap di accurate 5 harus menghitung terlebih dahulu nilai wajar aset tetap. Nilai wajar aset tetap diperhitungkan berdasarkan tingkat pemakaian produk, tingkat keausan barang dan jangka waktu umur manfaat. Usia manfaat diperhitungkan berdasarkan pengalaman penggunaan aset sejenis.

Langkah-Langkah Revaluasi Aset Tetap di Accurate

  1. Masuk ke Database Accurate Online
  2. Pergi ke modul Aset Tetap > Daftar Aset Tetap
  3. Dilanjutkan dengan miliki salah satu aset yang dimiliki perusahaan
  4. Pilih menu Revaluasi Aset
  5. Tentukan tanggal revaluasi, nilai buku dan metode penyusutan baru
  6. Hitungkan usia manfaat tambahan yang mungkin terjadi
  7. Klik ok

Baca Juga: Cara Mengisi Saldo Awal Piutang Pelanggan di Accurate

Demikian cara revaluasi aktiva tetap di accurate online dan accurate 5 dalam pedoman menggunakan modul aset tetap. Accurate adalah software akuntansi yang bertujuan membentuk laporan keuangan sesuai keinginan secara otomatis agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang bersifat taktis.

Posting Komentar untuk "Cara Revaluasi Aktiva Tetap di Accurate Online dan Accurate 5"