Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pertanyaan Penjualan Angsuran Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pertanyaan penjualan angsuran beserta jawabannya merupakan cara yang diterapkan perusahaan agar mendatangkan omzet di periode berjalan. Pendapatan adalah harta kekayaan yang diatribusikan untuk keperluan para pemegang saham agar dapat menjamin kesepakatan bisnisnya.

Pertanyaan penjualan angsuran atau penjualan cicilan akuntansi keuangan lanjutan bertujuan agar seluruh karyawan berupaya mendatangkan keuntungan dari kebebasan termin pembayaran yang diterapkan. N/30, 2/10 n/30 merupakan contoh term of payment yang diterapkan pada perusahaan dagang, jasa dan manufaktur.

Contoh soal penjualan angsuran barang bergerak dan barang tidak bergerak diutamakan pada perhitungan laba kotor direaliasi dan belum direaliasi. Tujuan penjualan kredit adalah meningkatkan konsumsi pelanggan dengan memberikan barang yang diinginkan terlebih sehulu sebelum menerima hasil penjualannya.

Contoh Soal Pertanyaan Penjualan Angsuran Beserta Jawabannya

Mengapa Penjualan Angsuran Diminat oleh Konsumen dan Dilakukan secara Bertahap

Mengapa penjualan angsuran diminati oleh konsumen dikarenakan pelanggan mendapatkan barang terlebih dahulu sebelum mengalokasikan kekayaan yang dimilikinya. Konsumen adalah pihak yang menginginkan barang perusahaan untuk melaksanakan transaksi jual beli sesuai keberlangsungan hidupnya.

Contoh soal pertanyaan penjualan angsuran beserta jawabannya berkaitan dengan proses pengajuan kredit barang bergerak dan tidak bergerak. Evaluasi kemampuan pelanggan dinyatakan dalam bentuk credit score. Credit score akan menentukan kualitas pembayaran tagihan atas kredit sejenis yang telah dilakukannya.

Mengapa penjualan angsuran dilakukan secara bertahap sebab entitas harus menyeimbangkan kemampuan taktis untuk membayarkan harga pokok penjualan kepada supplier. Bagaimana cara mengurangi resiko dalam penjualan angsuran ditentukan berdasarkan mekanisme persetujuan kredit para pelanggannya.

Baca Juga: Download Laporan Keuangan Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Contoh Soal Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak dan Bergerak

Contoh soal penjualan angsuran barang tidak bergerak dan bergerak diutamakan pada pembayaran tagihan yang menghasilkan keuntungan bagi entitas. Setiap perubahan komposisi bahan baku akan mempengaruhi penilaian pelanggan untuk menyelenggaran proses kerjasama bisnis dimasa lampau.

Soal pilihan ganda penjualan angsuran akuntansi keuangan lanjutan diprioritaskan pada pemberian termin pembayaran secara kredit. Term of payment adalah kebijakan pembayaran tagihan yang dilakukan pelanggan setelah entitas mengirimkan barang sebagai apresiasi atas kerjasama dimasa lampau.

Contoh soal penjualan angsuran barang bergerak terjadi ketika Staff Accounting mendapatkan purchase order dengan kuantitas 7 mobil yang dihargai Rp 60.000.000. Adapun harga pokok penjualan sebesar Rp 25.000.000 dan pelanggan diwajibkan membayarkan dp senilai 30% dari total tagihannya. Bagaimana cara menghitung laba kotor direaliasi dan belum direaliasi beserta jurnal yang harus dibuat?

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Pertanyaan Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Soal pilihan ganda dan soal essay penjualan angsuran difokuskan pada laba kotor direalisasi dan laba kotor belum direaliasi yang terbentuk. Setiap karyawan berhak memberikan termin pembayaran kepada pelanggan agar purchase order dapat dijalankan sesuai aturan keuangan yang berlaku saat pemeriksaannya.

Pembayaran angsuran dimana barang-barang telah diserahkan tetapi hak atas barang-barang masih berada ditengah penjual sampai seluruh pembayaran selesai disebut kredit atau akad istishna. Akad bisnis syariah harus mengikuti standar akuntansi keuangan syariah untuk memastikan kebenaran laporannya.

Cara menghitung laba kotor belum direaliasi bergantung pada jumlah pesanan, harga jual dan harga pokok penjualan. Setiap perusahaan berhak menetapkan standar akuntansi penjualan angsuran yang diakui saat penjualan terjadi atau diakui sesuai persentase masa berlaku transaksinya.

Cara Menghitung Laba Kotor Belum Direaliasi

Adapun langkah-langkah menghitung laba kotor belum direaliasi adalah

Rumus laba kotor belum direaliasi (LKBD) = Harga jual - harga pokok produksi
Rumus laba kotor belum direaliasi (LKBD) = 7 * ( Rp 60.000.000 - Rp 25.000.000 )
Rumus laba kotor belum direaliasi (LKBD) = Rp 245.000.000

Jurnal mencatat pemberian uang muka penjualan pengakuan laba kotor belum direaliasi adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
05/01/2023Kas Rp 126.000.000
Piutang Rp 539.000.000
Mobil Rp 420.000.000
LKBD Rp 245.000.000

Cara Menghitung Laba Kotor Direalisasi

Cara menghitung laba kotor direaliasi bertujuan untuk memperhitungkan pendapatan yang benar-benar dapat menjadi penambah laba ditahun berjalan. Pengakuan pendapatan dapat didasarkan pada persentase penyelesaian atau kontrak selesai. Adapun rumus menghitung laba kotor direalisasi adalah

Rumus laba kotor direalisasi = Omzet / Harga jual * 100% * Total kas yang telah masuk
Rumus laba kotor direalisasi = Rp 245.000.000 / Rp 420.000.000 * 100% * Rp 126.000.000
Rumus laba kotor direalisasi = Rp 73.500.000

Jurnal mencatat pengakuan pendapatan secara persentase sesuai standar akuntansi keuangan adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/01/2023LKBD Rp 73.500.000
LKD Rp 73.500.000

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Likuidasi Persekutuan dengan Program Kas

Demikian contoh soal pertanyaan penjualan angsuran beserta jawabannya baik berupa penjualan angsuran barang bergerak dan barang tidak bergerak akuntansi keuangan lanjutan. Penyebab penjualan kredit disukai oleh pelanggan adalah konsumen dapat memperoleh barang yang diinginkan tanpa harus memilik uang.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pertanyaan Penjualan Angsuran Beserta Jawabannya"