Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Sekutu Baru Membeli Sebagian Hak Seluruh Anggota Sekutu Lama

Konten [Tampil]

Contoh soal sekutu baru membeli sebagian hak seluruh anggota sekutu lama merupakan aktivitas persekutuan dalam rangka memasukkan investasi kekayaan ke dalam firma. Anggota baru dapat menjadi sekutu firma dengan menyerahkan kas dan setara kas yang dinilai berdasarkan harga wajar pada saat transaksi berlangsung.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan 1 bertujuan agar seluruh metode goodwill dan metode bonus dapat diterapkan saat menghitung kekayaan perusahaan. Jelaskan pula beberapa alternatif dalam pencatatan persekutuan ketika sekutu lama keluar dan sekutu baru masuk disesuaikan standar akuntansi keuangan.

Dengan masuknya anggota baru dalam firma dapat terjadi dengan cara mengalokasikan sebagian besar kekayaan pribadi ke dalam firma. Neraca saldo dan laporan laba rugi harus dipertimbangkan sebagai analisis rasio keuangan seperti profitabilitas, likuiditas, solvabilitas saat transaksi dengan pelanggan atau pemasok.

Contoh Soal Sekutu Baru Membeli Sebagian Hak Seluruh Anggota Sekutu Lama

Memasukkan Kekayaan Investasi Kepada Firma

Contoh soal sekutu baru membeli sebagian hak seluruh anggota sekutu lama bertujuan agar setiap sekutu dapat berkontribusi terhadap hak dan tanggungjawab di perusahaan. Makalah perubahan pemilikan persekutuan diaplikasikan ke dalam prosedur informasi keuangan untuk mencegah pemakaian dana tanpa otorisasi.

Memasukkan kekayaan investasi kepada firma dapat terjadi saat anggota baru menyetorkan kas dan setara kas untuk mengakui hak dan kewajibannya saat perubahan akta pendirian terjadi. Setelah anggota sekutu baru masuk ke firma, maka persekutuan diwajibkan menghitung ulang persentase pembagian laba rugi agar dirasa adil.

Akuntansi terhadap anggota baru yang masuk dapat terjadi dengan memasukkan kekayaan investasi kepada firma. Persekutuan akan menampung segala modal yang diberikan pemilik usaha dan pemberi hutang yang disesuaikan kemampuan entitas saat menyelenggarakan kegiatan operasional seperti jual beli barang dagang.

Baca Juga: Apa Penyebab Pembubaran Persekutuan

Contoh Soal Sekutu Baru Membeli Sebagian Hak Seluruh Anggota Sekutu Lama

Contoh soal sekutu baru membeli sebagian hak seluruh anggota sekutu lama bertujuan agar masing-masing sekutu yang terlibat mau melepaskan sebagian persentase pemilikan di firma. Pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan harus mematuhi standar akuntansi keuangan dan perpajakan yang berlaku.

Permasalahan setelah pembelian hak modal sekutu lama adalah pembagian persentase laba rugi yang muncul. Masalah pembagian laba rugi harus dibuatkan akta kerjasama sesuai nilai kerjasama yang diinginkannya. Persekutuan menjadi badan usaha yang ditujukan agar memakmurkan pemilik sesuai arah penjualannya.

Contoh soal sekutu baru membeli sebagian hak seluruh anggota sekutu lama terjadi saat tuan staffaccounting menyetorkan kas senilai Rp 34.000.000 dan diakui haknya sebesar 30% dari total modal firma yang baru. Adapun laporan ekuitas firma sebelum terjadinya penggabungan usaha adalah

Keterangan Nominal
Modal Kakraffi Rp 60.000.000
Modal Masraffi Rp 84.000.000
Modal Dekraffi Rp 12.000.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Pemberian Goodwill ke Sekutu Lama

Cara Menghitung Bonus Kepada Anggota Sekutu Baru

Cara menghitung bonus kepada anggota sekutu baru bertujuan agar seluruh sekutu lama menanggung sebagian pelepasan modal yang diberikannya. Setiap sekutu diwajibkan menyesuaikan aturan perpajakan dengan standar akuntansi keuangan yang diterapkan untuk mengurangi resiko sanksi dan denda pajak.

Contoh soal sekutu baru membeli sebagian hak seluruh anggota sekutu lama akuntansi keuangan lanjutan ditujukan bagi setiap firma dimana para sekutunya ingin membubarkan perusahaan. Setelah mengetahui nilai setoran, maka sekutu harus memperhitungkan bonus atau goodwill yang diberikan ke sekutu baru tersebut.

Keterangan Nominal
Modal Kakraffi Rp 60.000.000
Modal Masraffi Rp 84.000.000
Modal Dekraffi Rp 12.000.000
Modal StaffAccounting Rp 34.000.000
Total modal baru Rp 190.000.000
Diakui 30% Rp 57.000.000
Kelebihan modal diatas setoran Rp 23.000.000

Bagaimana cara menghitung bonus kepada sekutu baru berakibat pada penurunan jumlah modal sekutu lama. Bonus artinya pengurangan jumlah setoran modal tercatat yang telah dikumpulkan sekutu lama sebelum terjadinya proses memasukkan kekayaan investasi kepada firma. Adapun langkah-langkah menghitung bonus sekutu baru adalah

Keterangan Persentase laba rugi BonusPemberian bonus ke sekutu baru
Modal Kakraffi20% Rp 23.000.000 Rp 4.600.000
Modal Masraffi30% Rp 23.000.000 Rp 6.900.000
Modal Dekraffi50% Rp 23.000.000 Rp 11.500.000

Jurnal mencatat penambahan modal dari penambahan modal dari sekutu baru adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/09/2022Kas Rp 34.000.000
Modal Kakraffi Rp 4.600.000
Modal Masraffi Rp 6.900.000
Modal Dekraffi Rp 11.500.000
Modal StaffAccounting Rp 57.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Metode Goodwill dan Metode Bonus

Demikian contoh soal sekutu baru membeli sebagian hak seluruh anggota sekutu lama dalam akuntansi keuangan lanjutan. Pemberian bonus dan goodwill kepada sekutu baru bertujuan agar mengurangi hak dan tanggungjawab sekutu lama dalam mengelola dana perusahaan untuk kepentingan bersama dan pribadinya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Sekutu Baru Membeli Sebagian Hak Seluruh Anggota Sekutu Lama"