Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kasus Murabahah dan Perhitungan Harga Jual, Cost Recovery dan Markup Harga

Konten [Tampil]

Contoh kasus murabahah dan perhitungan harga jual, cost recovery dan markup harga merupakan bagian dari program investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang yang diberikan bank syariah. Setiap perusahaan diwajibkan menyelenggarakan kegiatan pencatatan agar dapat melaporkan kinerja keuangan yang stabil.

Cara menghitung harga jual, pembayaran cicilan per bulan, cost recovery, faktor stabilizer dan markup harga bertujuan agar nasabah dapat mempersiapkan diri untuk memberikan keuntungan bagi bank syariah. Apakah dalam murabahah pembeli harus mengetahui keuntungan yang diambil oleh penjual tentu tidak sebab adanya prinsip kerahasiaan.

Contoh soal akad murabahah dalam kehidupan sehari-hari memberikan bantuan kepada nasabah untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan bisnis. Imbal hasil yang digunakan pada akad murabahah yakni keseimbangan. Apakah dalam murabahah pembeli harus mengetahui margin keuntungan yang diambil oleh penjual dapat disesuaikan dengan perjanjiannya.

Contoh Kasus Murabahah dan Perhitungan Harga Jual, Cost Recovery dan Markup Harga

Apa itu Akad Murabahah

Pengertian akad murabahah menurut para ahli adalah tindakan seseorang dalam rangka meminta bantuan pihak ketiga untuk menyelenggarakan kegiatan pembiayaan agar dapat memberikan bantuan kepada nasabah. Nasabah berkewajiban melakukan pelunasan tagihan sejak tanggal tagihan diterbitkan oleh perusahaan.

Contoh kasus murabahah dan perhitungan harga jual, cost recovery dan markup harga harus ditentukan agar entitas dapat melangsungkan kebijakan bisnis. Kesejahterakan para karyawan harus dijaga sebab karyawan yang loyalitas merupakan aset terbaik untuk perusahaan dalam rangka menyelenggarakan aspek operasional.

Apa itu akad bai al murabahah? Pengertian transaksi murabahah menurut para ahli adalah akad jual beli dimana bank syariah sebagai lembaga yang membiayai seluruh produk yang diperlukan nasabah. Harga barang yang diperdagangkan akan ditingkatkan berdasarkan kesepakatan berbisnis antar lembaga keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Saham Treasury dan Perhitungannya

Contoh Kasus Murabahah dan Perhitungan Bisnis dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh kasus murabahah dan perhitungan bisnis dalam kehidupan sehari-hari memberikan manfaat bagi entitas untuk menyelenggarakan transaksi keuangan. Penetapan margin pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah disesuaikan dengan tingkatan berbisnis agar dapat memaksimalkan potensi keuangannya.

Penetapan margin keuntungan dan nisbah bagi hasil pembiayaan perlu mempertimbangkan adanya kondisi keuangan yang prima. Apa yang membedakan bunga dan margin dalam akad murabahah terletak pada penggunaan aspek tauhid, keadilan dan kemaslahatan dalam perjanjian kerjasama berbisnis.

Contoh soal perhitungan akad murabahah terjadi ketika Staff Accounting mengajukan pembiayaan senilai Rp 50.000.000. Bank syariah mengkalkulasikan bahwa biaya operasional sebesar Rp 245.000.000 dan total pembiayaan per tahun Rp 2.150.000.000. Jika markup harga yang dilakukan sebesar 10% dari total pembiayaan. Berapakah nilai pembayaran angsuran per bulan yang harus dibayarkan?

Baca Juga: Perbedaan Uang Muka Pembelian dan Uang Muka Penjualan

Cara Menghitung Cost Recovery dalam Akad Murabahah

Cara menghitung cost recovery dalam akad murabahah merupakan bagian dari program kerjasama antara nasabah dengan perbankan syariah. Setiap perusahaan diperkenankan untuk mengaplikasikan setiap pertumbuhan kekayaan agar dapat mengatribusikan komposisi keuangan yang stabil dan bertanggungjawab.

Adapun cara menghitung cost recovery dalam akad murabahah adalah

Rumus Cost Recovery = (Pembiayaan Nasabah / Total Pembiayaan Bank Syariah ) * Total Biaya Operasional
Rumus Cost Recovery = (Rp 50.000.000 / Rp 2.150.000.000) * Rp 245.000.000
Rumus Cost Recovery = Rp 5.697.675

Cara Menghitung Markup Harga atau Kenaikan Harga Jual Bank Syariah

Cara menghitung markup harga atau kenaikan harga jual bank syariah merupakan pedoman bagi nasabah untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan bisnis. Apa yang membedakan bunga dan margin dalam akad murabahah terletak pada penerapan prinsip dasar akuntansi keuangan setiap periodenya.

Rumus Markup Harga Barang = 10% x Rp 50.000.000
Rumus Markup Harga Barang = Rp 5.000.000

Cara Menghitung Pembayaran Angsuran dan Harga Jual Barang ke Nasabah

Cara menghitung pembayaran angsuran dan harga jual barang ke nasabah merupakan bagian dari program kerjasama bisnis. Pembayaran angsuran diperlakukan sebagai tambahan biaya yang dikeluarkan nasabah agar mempercepat proses mendapatkan aset yang diinginkannya.

Adapun cara menghitung harga jual bank syariah kepada nasabah dan pembayaran cicilan yang harus dilakukan adalah

Harga Jual Bank Syariah = Total Pembiayaan + Markup Harga + Cost Recovery
Harga Jual Bank Syariah = Rp 50.000.000 + Rp 5.000.000 + Rp 56.97.675
Harga Jual Bank Syariah = Rp 60.697.675

Baca Juga: Contoh Soal Ilustrasi Perhitungan Bagi Hasil Tabungan dan Deposito Mudharabah

Demikian contoh kasus murabahah dan perhitungan harga jual, cost recovery dan markup harga dalam akad bisnis syariah. Bank syariah adalah lembaga keuangan yang memberikan kepastian perihal pembayaran yang dapat dilakukan oleh nasabah dan membantunya mendapatkan aset sesuai yang diinginkannya dengan cepat.

Posting Komentar untuk "Contoh Kasus Murabahah dan Perhitungan Harga Jual, Cost Recovery dan Markup Harga"