Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Termin Pembelian dan Penjualan di MYOB

Konten [Tampil]

Cara setting termin pembelian dan penjualan di myob menjadi tindakan agar perusahaan dapat mengetahui jumlah diskon dan jatuh tempo atas piutang dan hutang perusahaan di masa lalu. Termin n/30 pada myob berarti pihak ketiga akan diberikan batas waktu 30 hari untuk menyelesaikan transaksi jualbeli.

Bagaimana langkah yang tepat untuk mengatur termin pada myob tentu berkaitan dengan kebijakan akuntansi tentang hutang piutang perusahaan. Termin adalah batas penerimaan pembayaran atas transaksi pembelian atau penjualan barang dan jasa yang diserahkan di masa lalu antara entitas yang bertransaksi.

Cara mengisi termin penjualan dan pembelian akan memberikan informasi tentang tanggal jatuh tempo piutang yang harus dibuatkan cadangan atas kerugian piutang tak tertagih. Contoh soal analisis umur piutang tak tertagih harus dibuat sebagai upaya menghindari kerugian tahun fiskal dan bayar pajak penghasilan.

Pengertian Termin Pembayaran Menurut Para Ahli

Pengertian termin pembayaran menurut para ahli adalah batas waktu yang ditentukan perusahaan untuk mengalokasikan piutang dan hutang yang tidak tertagihkan dalam rangka menyelesaikan transaksi di masa lalu. Download aplikasi myob accounting versi terbaru harus diisi pada saat menerima invoice dan membuat invoice.

Termin pembayaran dapat dibuat perusahaan menyesuaikan kebijakan akuntansi yang berlaku. Langkah untuk mengatur termin pembelian pada program aplikasi myob accounting berpengaruh terhadap tanggal jatuh tempo hutang piutang antar entitas sehingga memerlukan cadangan kerugian piutang tak tertagih.

Termin n/30 pada myob berarti perusahaan memberikan batas waktu 30 hari untuk menyelesaikan transaksi hutang piutang bila tidak dapat dibayarkan maka perusahaan dapat meminta diterbitkan surat wesel. Membuat termin harus menyesuaikan kebijakan penjualan kredit yang diotorisasi pejabat berwenang.

Baca Juga: Langkah-Langkah Rekonsiliasi Bank di Myob Accounting

Contoh Soal Syarat Pembayaran 2/10 n/30

Contoh soal syarat pembayaran 2/10 n/30 berarti perusahaan akan memberikan diskon bagi pelanggan yang memprioritaskan pembayaran dengan cepat sebelum melewati batas waktu pembayaran. Termin penjualan adalah batas waktu pelanggan diperkenankan memperoleh potongan harga yang ditentukan.

Contoh soal syarat pembayaran 3/10 n/30 berarti entitas setuju untuk memberikan diskon 3% kepada pelanggan yang membayar tagihan dalam waktu 10 hari sejak tanggal pengiriman barang. Termin n/30 artinya perusahaan memberikan batas waktu pembayaran hanya selama 1 bulan atau 1 periode akuntansi.

Contoh soal dan jawaban syarat pembayaran 2/10 n/30 terjadi pada CV Staff Accounting yang mengirimkan pesanan pada tanggal 4 Juni 2021 dengan harga jual Rp 1.100.000 . CV Staff Accounting menerima pembayaran pada tanggal 14 Juni 2021 sehingga memperoleh diskon sebesar Rp 44.000.

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengatur Preferance di Myob

Cara Mengisi Termin Pada Myob Accounting

Cara mengisi termin pada myob accounting tentu dilakukan agar diketahui kapan waktu piutang harus dibayarkan dan hutang harus dibayar perusahaan kepada pelanggan. Termin adalah batas waktu pembayaran yang ditentukan oleh dewan komisaris terhadap transaksi penjualan dan pembelian di perusahaan.

Cara mengatur termin pembayaran pada program myob accounting tentu memerlukan bukti transaksi untuk keperluan audit. EOM singkatan dari end of mouth yang berarti customer atau supplier memberikan batas waktu pembayaran pada akhir bulan ketika transaksi terjadi di perusahaan.

Adapun cara mengisi termin pembelian dan termin penjualan pada program myob accounting sebagai berikut.

  1. Pertama pilih modul purchases dan pilih purchases register
  2. Cara Setting Termin Pembelian dan Penjualan di MYOB
  3. Klik tanda segitiga pada menu Terms
  4. Cara Setting Termin Pembelian dan Penjualan di MYOB
  5. Isi bagian Payment is Due dan discount date, Setelah itu periksa tanggal seperti gambar berikut ini
  6. Cara Setting Termin Pembelian dan Penjualan di MYOB

Baca Juga: Cara Mengatur Buku Besar Awal Piutang Usaha

Demikian cara setting termin pembelian dan penjualan pada program myob accounting plus semoga calon akuntan dapat mempelajari sistem informasi seperti komputer akuntansi. Software komputer akuntansi seperti myob accounting, zahir, accurate bahkan jurnal serta online-pajak.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Termin Pembelian dan Penjualan di MYOB"