Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Jawaban

Konten [Tampil]

Contoh soal audit pemeriksaan piutang dagang dan jawaban menjadikan perusahaan harus melaporkan total hutang yang belum dibayarkan pelanggan. Piutang usaha disajikan pada laporan keuangan sebagai aktiva lancar setelah kas karena memiliki sifat yang likuid yang artinya mudah dicairkan.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan piutang usaha dan piutang lainnya melibatkan departemen penjualan dan kasir. Pembayaran setelah tanggal neraca disebut subsequent payment berakibat pada penjualan kredit dan persetujuan pemberian retur dan penghapusan piutang bagi pelanggan.

Sistem pengendalian internal piutang usaha digunakan sebagai dasar pemberian opini audit tentang account recevables. Piutang dagang menurut para ahli adalah penundaan pembayaran penjualan kredit yang diakibatkan adanya termin pembayaran setelah barang diterima oleh pelanggan.

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Jawaban


Contoh Kasus Pemeriksaan Tentang Akun Piutang

Contoh kasus pemeriksaan tentang akun piutang berguna sebagai dasar pemberian opini audit bagi pelanggan. Transaksi penjualan, penerimaan kas dan pengiriman pesanan hendaknya dilakukan oleh orang yang berbeda guna menghindari adanya pesanan fiktif yang ditelah diterbitkan faktur pajak.

Kasus pemeriksaan tentang akun piutang usaha harus dilengkapi dengan formulir seperti invoice penjualan, faktur pajak, surat pengiriman barang, bukti penerimaan kas. Tugas auditor hanyalah memeriksa kewajaran laporan keuangan dan bukannya mempersiapkan rincian laporan keuangan.

Contoh kasus pemeriksaan tentang akun piutang dagang harus dilakukan pemeriksaan terhadap perhitungan matematis dan saldo piutang per pelanggan. Analisis umur piutang usaha digunakan sebagai dasar menghitung piutang tak tertagih karena semakin lama umur piutang peluang diterimanya kas sangat sedikit.

Baca Juga: Sistem Pengendalian Internal Piutang Dagang

Contoh dan Sifat Piutang Dagang dan Piutang Usaha

Contoh dan sifat piutang dagang dan piutang usaha menjadikan akuntan publik harus menyusun laporan keuangan. Pemisahan tugas dan tanggungjawab petugas penjualan, pengiriman pesanan, penagihan dan otorisasi penjualan kredit hendaknya dilakukan agar entitas tidak kehilangan omset.

Pengertian piutang dagang menurut para ahli adalah piutang yang berasal dari penyeraan barang kena pajak di daerah pabean dan pembayaran akan dilakukan beberapa hari setelah barang dikirimkan dari gudang penjual. Pemberian diskon bagi pelanggan tertentu hendaknya terdapat otorisasi.

Contoh piutang usaha dan piutang lainnya seperti wesel tagih, wesel, piutang bunga dan piutang pegawai, uang muka pembelian dan penyisihan piutang tak tertagih. Asersi manajemen atas piutang dagang diantaranya completeness, accurance, cut-off, validity, authenticity harus dipenuhi.

Baca Juga: Pengertian Asersi Manajemen dan Contohnya

Contoh Kasus Audit Piutang Usaha dan Jawaban

Contoh kasus audit piutang usaha dan jawabannya menjadikan akuntan publik harus mengetahui profile perusahaan. Profil perusahaan berisikan informasi tentang sistem persediaan, sistem penjualan, sistem pembelian dan kepemilikan aktiva tetap sampai akhir periode akuntansi bagi perusahaan.

Contoh soal praktikum audit piutang berakibat pada saldo akhir masing-masing pelanggan. Entitas sebaiknya mengirimkan surat pemberitahuan jumlah piutang setiap bulannya kepada pelanggan untuk menunjukkan pembayaran yang harus dibayarkan. Selisih kurs mata uang asing dapat menjadi pengurang pajak penghasilan badan.

Contoh soal dan jawaban piutang usaha terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan account receivables sebesar Rp 423.000.000. Temuan audit menunjukan piutang sebesar Rp 8.400.000 telah terjadi pembayaran dan piutang yang tidak dapat dibayarkan sebesar Rp 3.900.000. Bagaimana jurnal penyesuaian audit piutang dagangnya?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2021Kas Rp 12.300.000
Piutang Usaha Rp 12.300.000

Baca Juga: Macam-Macam Opini Auditor Laporan Keuangan

Demikian contoh soal audit pemeriksaan piutang dagang dan jawabannya semoga dapat membantu membuat top schedule dan supporting schedule atas program pemeriksaan piutang dagang perusahaan. Tujuan audit piutang adalah memastikan bahwa penjualan kredit dapat diterima pelunasannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Audit Pemeriksaan Piutang Dagang dan Jawaban"