Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Gaji Yang Belum Dibayar

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar akan menggunakan basis akrual dalam pencatatannya. Pengertian beban atau expance menurut para ahli adalah sejumlah biaya yang pembayarannya dilakukan dimasa depan dan jasa sudah dipergunakan perusahaan dimasa lampau.

Ayat jurnal penyesuaian gaji yang masih harus dibayar diperlakukan sebagai beban tahun berjalan. Prinsip akuntansi harus dipenuhi dapat pembuatan laporan posisi keuangan diantaranya periode pelaporan, prinsip pendapatan, prinsip penandingan dan kapan biaya serta penghasilan dapat diakui oleh perusahaan,

Fungsi jurnal penyesuaian pada perusahaan jasa dan dagang diberlakukan untuk memaksimalkan laba tahun berjalan. Sistem pengendalian internal harus diterapkan melalui siklus pencatatan akuntansi dari bukti transaksi, jurnal umum, posting buku besar, neraca lajur, jurnal penutup dan penyesuaian kembali.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Gaji Yang Belum Dibayar

Kategori Nama Akun yang Memerlukan Jurnal Penyesuaian

5 ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan dagang dikategorikan sebagai kelompok deferal dan kelompok akrual. Tujuan pembuatan jurnal penyesuaian adalah agar akun nominal menunjukkan pengakuan pendapatan dan biaya sesuai periode akuntansi yang ditentukan oleh perusahaan dalam pelaporan pajak.

Ketegori akun jurnal penyesuaian dibedakan menjadi dua yaitu akun deferal dan akun akrual. Kelompok deferal adalah pencatatan perusahaan dengan menunda pengakuan pendapatan dan beban tahun berjalan. Kelompok akrual adalah keterlambatan perusahaan mengakui penghasilan dan expance tahun berjalan.

Perusahaan jasa dan perusahaan dagang wajib membuat jurnal penyesuaian untuk merekonsiliasi transaksi dengan aset yang sebenarnya terjadi. Pengertian adjusment journal adalah menyesuaikan saldo laporan keuangan yang ada di buku besar dengan nilai pasarnya. Ayat jurnal penyesuaian dibagi menjadi 5 kategori yaitu

  1. Beban dibayar dimuka
  2. Depresiasi
  3. Beban yang masih harus dibayar
  4. Pendapatan masih harus diterima
  5. Pendapatan diterima dimuka

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Neraca Lajur (Balance Sheet)

Contoh Jurnal Penyesuaian Beban Gaji Yang Belum Dibayar

Ayat jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar diakui sebagai kelompok akrual. Utang gaji adalah akun yang digunakan untuk menampung informasi distribusi upah ke biaya tenaga kerja langsung atau biaya overhead pabrik dibebankan pada perusahaan manufaktur.

Cara membuat ayat jurnal penyesuaian dapat menggunakan hipotesis. Beban gaji akan terutang pajak penghasilan ketika karyawan memiliki pendapatan lebih dari penghasilan kena pajak. Dasar akrual akan mencatat biaya walaupun perusahaan tidak memperoleh kas dan setara kas sebagai metode pembayarannya.

Contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar terjadi pada CV Staff Accounting yang membayar gaji karyawan sebesar Rp 25.000 per hari dan pembayarannya dilakukan setiap hari sabtu. Pada bulan agustus 2021, tanggal pembayarannya jatuh pada hari selasa. Bagaimana jurnal pembayaran gaji yang harus dibuat?

Baca Juga: Perbedaan Kelompok Deferal dan Akrual dalam Membuat Jurnal Penyesuaian

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian Utang Gaji dan Beban Gaji Karyawan

Cara membuat jurnal penyesuaian utang gaji dan beban gaji karyawan periode berjalan dapat menggunakan hipotesis. Beban masih harus dibayar akan disesuaikan pada periode selanjutnya agar  tidak dilakukan koreksi transaksi penerimaan kas dan pembayaran kas sesuai jenis rekonsiliasi banknya.

Cara membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo berkaitan dengan akun aktiva tetap. Kelompok akrual akan mengakui biaya upah walaupun perusahaan belum membayarkan sejumlah uang kepada karyawan. Adapun tabel perhitungan utang gaji dan beban gaji berdasarkan contoh soal jurnal penyesuaian adalah

Hari Diakui Periode Berjalan Diakui Periode Selanjutnya
Senin Rp 25.000
Selasa Rp 25.000
Rabu Rp 25.000
Kamis Rp 25.000
Jumat Rp 25.000
Sabtu Rp 25.000

Ayat jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka hanya melihat perhitungan biaya periode berjalan. Apabila jurnal beban gaji tidak dibuat oleh perusahaan maka terjadi ketidaksesuaian prosedur pengakuan beban dan pendapatan. Adapun jurnal penyesuaian utang gaji dan beban gaji adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2021Beban Gaji Rp 50.000
Utang Gaji Rp 50.000

Baca Juga: Contoh Soal Rekonsiliasi Bank 2, 4 dan 8 Kolom Beserta Pembahasannya

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian beban gaji yang belum dibayar dalam materi akuntansi keuangan menengah. jurnal penyesuaian harus dibuat setiap periodenya karena berdampak pada kesesuaian informasi yang disampaikan oleh manajemen perusahaan kepada pemegang saham.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Gaji Yang Belum Dibayar"