Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang memberikan informasi tentang laba per periode yang didapatkan oleh masing-masing kantor perusahaan. Sistem sentralisasi dalam akuntansi adalah proses pencatatan transaksi yang dilakukan oleh kantor pusat sementara kantor cabang hanya mencatat mutasinya saja.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan cabang berkaitan dengan alokasi modal kerja dan persediaan barang dagang. Hubungan kantor cabang dan pusat akan menggunakan pencatatan dan pembukuan metode laba dicatat secara terpisah dan laba dicatat secara tidak terpisah.

Pertanyaan tentang akuntansi pusat dan cabang akan mengakui persedian barang sebagai harga pokok pembelian produk. Hubungan antara kantor cabang dan pusat masalah khusus dan prosedur umum berkaitan dengan penggunaan rekening timbal balik yang harus memiliki saldo yang sama besarnya.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang


Pertanyaan Tentang Hubungan Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Pertanyaan tentang hubungan akuntansi kantor pusat dan cabang berkaitan dengan penggunaan rekening timbal balik. Pengiriman kas dan barang dagang antar cabang akan mempengaruhi jumlah modal kerja yang diberikan oleh kantor pusat sehingga harus segera dilaporan dan dibuatkan catatan atas laporan keuangan.

Pertanyaan tentang akuntansi kantor pusat dan cabang berkaitan dengan ongkos kirim yang dibayarkan cabang pengirim ke cabang penerima. Selisih ongkos kirim antar cabang akan di perlakukan sebagai biaya penjualan atau biaya administrasi sebagai pengurang pajak penghasilan tahunan badan.

Pertanyaan tentang hubungan kantor cabang dan kantor pusat berkaitan dengan persediaan barang yang belum habis sampai akhir periode tentu harus disesuaikan dengan harga pokok pembelian atas barang yang dikirimkan kantor pusat. Penyesuaian rekonsiliasi kantor pusat dan kantor cabang dilakukan setiap periodenya.

Baca Juga: Contoh Kasus Deplesi Aktiva Tetap Tak Berwujud

Contoh Jurnal Eliminasi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh jurnal eliminasi kantor pusat dan cabang berperan sebagai alat pengendalian atas barang yang belum terjual sampai akhir periode. Ketika kantor cabang melaporkan usahanya, maka kantor pusat dapat mengadakan penyesuaian terhadap pengiriman barang, cadangan kenaikan harga barang dan rekening laba rugi antar cabang.

Contoh jurnal eliminasi kantor pusat dan cabang tentu diwajibkan membuat laporan keuangan konsolidasi sebagai dasar pembayaran pajak penghasilan badan. Jurnal penyesuaian atas transaksi rekonsiliasi hanya dibuat ketika terjadi ketidakcocokan atas pencatatan pihak-pihak yang terlibat.

Contoh jurnal penyesuaian akuntansi kantor pusat dan cabang dapat membuat kertas kerja penyusunan laporan keuangan konsolidasi. Jurnal eliminasi berguna untuk menghapuskan rekening timbal balik yang tidak digunakan dalam proses penyusunan laporan keuangan konsolidasi.

Baca Juga: Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Persekutuan Firma

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang PDF

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang pdf biasanya dijadikan makalah akuntansi keuangan lanjutan agar pembelajaran rekonsiliasi bank dilaksanakan. Penghapusan rekening timbal balik akan dibuatkan jurnal eliminasi agar transaksi induk dan anak perusahaan tidak ikut dilaporkan bersamaan.

Contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan cabang telah terjadi ketika CV Staff Accounting menambah modal kerja dan barang dagang kantor cabang sebanyak Rp 52.000.000 dan Rp 39.900.000. Bagaimana jurnal eliminasi dan penyesuaian yang harus dibuatkan rekening timbal balik.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/2/21Pengiriman barang dari Pusat dalam Perjalanan Rp 52.000.000
Kas dalam Perjalanan Rp 39.900.000
R/K Kantor Pusat Rp 91.900.000

Contoh kasus hubungan kantor pusat dan cabang tentu mewajibkan setiap pelanggan membayarkan tagihan sesuai invoice. Apabila pelanggan membayarkan tagihan sebesar Rp 95.000.000 langsung ke rekening kantor pusat. Maka, Jurnal penyesuaian dan jurnal eliminasi yang harus dibuat yaitu

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/2/21R/K Kantor Pusat Rp 95.000.000
Piutang Dagang Rp 95.000.000

Baca Juga: Contoh Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Demikian contoh soal dan jawaban akuntansi kantor pusat dan cabang semoga dapat membantu menjawab pertanyaan soal essay dan pilihan ganda akuntansi keuangan lanjutan. Makalah sistem sentralisasi dan desentralisasi akuntansi kantor pusat dan cabang akuntansi keuangan lanjutan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang"