Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Deplesi, Amortisasi dan Depresiasi Aktiva Tetap Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh soal deplesi, amortisasi dan depresiasi aktiva tetap perusahaan harus dilakukan penyusutan karena bertambahnya waktu penggunaan akan mengurangi manfaat fisik yang menyebabkan keausan barang. Soal pilihan ganda amortisasi, deplesi dan depresiasi dan jawabannya berisikan materi aset tetap perusahaan.

Kumpulan pertanyaan tentang aset tak berwujud terdiri dari goodwill, hak paten, franchises dan hak cipta perusahaan. Audit pemeriksaan intangible asset berlangsung ketika ditemukannya penerapan sistem pengendalian internal yang kurang baik sehingga akan dilakukan pengujian substantif test dan compliance test.

Contoh soal amortisasi dan deplesi aktiva tetap tidak berwujud sebaiknya menghindari adanya kemungkinan penggunaan harta perusahaan yang tidak terotorisasi. Pengertian aset tetap tak berwujud adalah keuntungan yang dimiliki perusahaan akibat adanya pemilikan harta yang tidak memiliki subtansi fisik.

Contoh Soal Deplesi, Amortisasi dan Depresiasi Aktiva Tetap Perusahaan


Pengertian dan Jenis-Jenis Aset Tetap Tak Berwujud

Pengertian aset tetap tak berwujud menurut para ahli adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dari penyerahan harta kekayaan yang tidak memiliki substansi fisik. Sumber-sumber aktiva tidak berwujud berasal dar pemerintah, akuisisi perusahaan lain dan adanya monopoli perjanjian kontrak.

Defisini aset tetap tak berwujud menurut para ahli adalah biaya perolehan harta tidak berwujud yang timbul sebagai akibat adanya perjanjian kerjasama antar perusahaan. Ketika, aset tak berwujud memiliki usia terbatas maka perusahaan harus mengalokasikan biaya perolehan selama masa manfaatnya.

Jenis-jenis aktiva tak berwujud akan berlaku ketika perusahaan telah melaksanakan perjanjian kerjasama dengan melakukan pencatatan yaitu debit beban amortisasi dan kredit aset tak berwujud. Contoh aset tetap tak berwujud diantaranya:

  1. Hak paten
  2. Hak cipta
  3. Francises
  4. Goodwill
  5. Lisensi produk

Baca Juga: Contoh Soal Pelepasan Aktiva Tetap dan Jawabannya

Kumpulan Pertanyaan Tentang Aset Tak Berwujud dan Jawabannya

Kumpulan pertanyaan tentang aset tak berwujud dan jawabannya diberikan dalam bentuk ujian tengah semester atau ujian akhir semester. Materi aktiva tak berwujud diantaranya biaya perolehan, masa manfaat, deplesi bahkan penerapan sistem pengendalian internal untuk keperluan audit.

Kumpulan pertanyaan tentang aktiva tak berwujud dan jawabannya dimulai dari memberikan komentar tentang internal control yang ditetapkan. Pilihan ganda dan soal essay berguna sebagai dasar pemberian nilai pada saat pembuatan kertas kerja pemeriksaan tentang internal control questionnaires.

Pertanyaan tentang aset tak berwujud berkaitan dengan amortisasi dan deplesi. Mengapa akun kontra aktiva tetap tidak berwujud tidak digunakan karena dianggap aktiva tetap seperti masa sewa peralatan fisik. Biaya pencarian dan pengembangan produk baru boleh dijadikan deductible expance.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Aktiva Tak Terwujud

Contoh Perhitungan Amortisasi dan Deplesi Aktiva Tak Berwujud

Contoh perhitungan amortisasi aktiva tak berwujud memerlukan dasar biaya perolehan diantaranya seluruh pengeluran perusahaan dalam rangka membuat aset tersebut. Goodwill adalah keunggulan perusahaan daripada perusahaan lain dalam segala hal seperti nama brand atau penerapan manajerial.

Contoh soal amortisasi aset tak berwujud dan jawabannya terjadi pada CV Staff Accounting yang mengembangkan produk baru dengan biaya reseach sebesar Rp 4.000.000, biaya pengembangan Rp 3.000.000. Diestimasikan masa manfaatnya selama 4 tahun. Berapakah amortisasi aset tetap pada tahun pertama?

Biaya Perolehan Rp 7.000.000
Masa Manfaat4
Akumulasi Amortisasi Rp 1.750.000
Nilai Buku Rp 5.250.000

Jurnal amortisasi dan deplesi aktiva tak berwujud dijadikan dasar dalam pembuatan laporan laba rugi komprehensif. Laporan laba rugi berisikan informasi tentang penghasilan dan biaya yang dikeluarkan dalam rangka memperoleh tambahan manfaat selama tahun fiskal. Adapun jurnal amortisasi aset tak berwujud adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
31/4/21Beban Amortisasi Rp 1.750.000
Goodwill Rp 1.750.000

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Goodwill dan Hak Paten

Demikian contoh soal deplesi, amortisasi dan depresiasi aktiva tetap perusahaan agar perusahaan dapat mengalokasikan biaya perolehan ketika masa penggunaan aset tetap maka sebaiknya dilakukan per bulan dengan membentuk akun beban depresiasi atau amortisasi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Deplesi, Amortisasi dan Depresiasi Aktiva Tetap Perusahaan"