Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Pembahasannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap dan pembahasannya diberlaku bagi perusahaan yang mengadakan transaksi pembelian aset tetap dengan metode pembayaran cicilan. Keuntungan penjualan angsuran adalah adanya tambahan omset penjualan ditahun berjalan sebagai tambahan manfaat ekonomis.

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran aset tetap harus dilakukan ketika perusahaan ingin menggunakan utang dagang sebagai tambahan modal. Modal adalah seluruh kekayaan perusahaan setelah dikurangi pembayaran hutang kepada pihak ketiga atau hutang kepada pihak internal ketika dilakukan likuidasi.

Penjualan angsuran terdiri dari penjualan angsuran barang bergerak dan penjualan angsuran barang tidak bergerak. Kekurangan penjualan kredit adalah adanya kemungkinan lawan transaksi tidak mampu membayarkan tagihan pada waktu yang telah ditentukan atau dikeluarkan surat wesel atau promes.

Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Pembahasannya

Pengertian dan Konsep Penjualan Angsuran

Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah pertukaran aktiva dengan kas yang akan diterima perusahaan dimasa depan. Masalah penjualan kredit adalah ketika lawan transaksi tidak mampu mengembalikan pokok pinjaman dan bunga pada waktu yang disepakati serta menimbulkan piutang tak tertagih.

Konsep penjualan angsuran terjadi ketika lawan transaksi mengadakan persetujuan kepada manajer kredit perihal termin pembayaran. Manajer kredit akan mengevaluasi kemampuan pembeli berdasarkan riwayat pembayaran. Ketika manajer kredit menyetujui maka perusahaan akan mengirimkan barang dan menerima pembayarannya dikemudian hari.

Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah jenis transaksi jualbeli dimana pembeli telah mengadakan permintaan perubahan termin pembayaran dimana pembayaran akan dilaksanakan kemudian hari setelah barang diterima. Faktur penjualan akan dibuat berdasarkan tanggal keluarnya barang dari gudang.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Bunga Penjualan Angsuran dan Metodenya

Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang tidak bergerak berarti adanya aktiva tetap yang diperjualbelikan. Cara memperoleh aktiva tetap dapat dilakukan dengan mengeluarkan kas, pertukaran aktiva sejenis, ditukarkan dengan liabilitas dan saham biasa yang telah dikeluarkan entitas.

Contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Termin pembayaran adalah jangka waktu yang ditetapkan penjual ketika mengirimkan pesanan pembeli. COD merupakan termin pembayaran yang akan dibayarkan ketika barang datang di gudang pembeli.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 penjualan angsuran terjadi pada CV Staff Accounting yang menerima pengajuan penjualan kredit sebesar Rp 10.000.000 untuk tanah dengan harga pokok Rp 7.000.000. Pembayaran angsuran dilakukan per semester selama 4 tahun dengan bunga 10%. Buatlah jurnal penjualannya?

Baca Juga: Perbedaan Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak dan Bergerak

Contoh Jurnal Pencatatan Penjualan Angsuran

Contoh jurnal pencatatan penjualan angsuran harus dilakukan ketika terjadi penerimaan kas sebagai uang muka dan pelunasan tagihan. Keuntungan penjualan kredit adalah adanya tambahan pendapatan bunga sebagai pendapatan lain-lain yang diakui setelah terjadi kontrak kerjasama yang diajukan.

Perlakuan akuntansi penjualan angsuran dalam laporan laba rugi ditentukan berdasarkan laba kotor diakui proporsional dan diakui sekaligus. Standar akuntansi yang mengatur penjualan angsuran terdapat pada PSAK nomor 23. Adapun jurnal pencatatan penerimaan kredit dan pengiriman barang adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
30/08/2021Piutang Usaha Rp 10.000.000
Tanah Rp 7.000.000
Laba Penjualan Rp 3.000.000
(Jurnal Penjualan Kredit)

Jurnal pelunasan tagihan akan dicatat setelah kas dan setara kas diterima perusahaan. Tindakan apakah yang dilakukan oleh penjual apabila penjualan angsuran tidak dapat dilunasi oleh pembeli adalah menarik kembali barang yang telah dikirimkan atau retur. Jurnal pembayaran tagihan pertama sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
29/09/2021Kas Rp 1.375.000
Piutang Usaha Rp 1.250.000
Pendapatan Bunga Rp 125.000
(Penerimaan Pelunasan Pertama)

Baca Juga: Contoh Kasus Likuidasi Persekutuan dan Pembahasannya

Demikian contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap dan pembahasannya akuntansi keuangan lanjutan. Konsep dan metode pengakuan laba rugi ketika dilaksanakan penjualan kredit hendaknya disesuaikan standar akuntansi keuangan yang berlaku. PSAK nomor 23 menjadi dasar penjualan kredit.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Pembahasannya"