Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Induk Perusahaan Membeli Saham Anak Perusahaan Secara Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal induk perusahaan membeli saham anak perusahaan secara langsung terjadi karena adanya tindakan anak entitas melakukan pertambahan modal saham yang beredar. Laba per lembar saham dapat dinaikkan dan diturunkan menyesuaikan jumlah saham yang beredar di pasar modal.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi hubungan perusahaan induk dan anak dapat dibuatkan jurnal eliminasi. Bedanya KHPDNB dan KNBDHP adalah keuntungan dan kerugian yang diakibatkan pertukaran aktiva tetap atas kekayaan induk dan anak sebagai akibat terjadinya hubungan afiliasi.

Pada kertas kerja konsolidasi pendapatan investasi atas anak perusahaan akan disetorkan ketika  adanya pembelian saham yang belum beredar. Saham treasury adalah saham yang pernah dijual ke masyarakat tetapi perusahaan melakukan pembelian kembali dalam rangka meningkatkan hak kontrol entitas tersebut.

Contoh Soal Induk Perusahaan Membeli Saham Anak Perusahaan Secara Langsung

Pengertian Perusahaan Berafiliasi Menurut Para Ahli

Pengertian perusahaan berafiliasi menurut para ahli adalah tindakan perusahaan dalam rangka memperluas pangsa pasar dengan mengambil alih kekayaan entitas lainnya. Keuntungan melakukan merger adalah entitas akan memperoleh tambahan investasi dengan mendirikan perusahaan baru atau melanjutkan operasionalnya.

Tujuan neraca konsolidasi dibuat adalah memperlihatkan informasi keuangan kepada pihak berkepentingan dalam rangka menggabungkan kegiatan usaha atas investasi yang pernah dilakukannya. Akuntansi pembelian saham anak perusahaan hendaknya dijadikan hak kontrol kegiatan operasionalnya.

Apabila induk perusahaan membeli saham anak perusahaan secara langsung tanpa melalui broker akan mengakibatkan peningkatan jumlah saham yang beredar. Laba per lembar saham akan berkurang nilainya ketika semakin banyak saham yang diterbitkan walaupun jumlah modal perusahaan bertambah.

Baca Juga: Pengertian Asersi Manajemen dan Macam-Macamnya

Contoh Soal Pembelian Saham Anak Perusahaan Secara Langsung

Pembelian saham anak perusahaan secara langsung terdiri dari pembelian saham yang belum beredar atau pembelian saham treasury. Informasi jumlah saham harus diungkapkan ketika perusahan memutuskan melakukan konsolidasi matas modal dasar, modal disetor dan modal ditanamkan di perusahaan.

Contoh soal induk perusahaan membeli saham langsung kepada anak perusahaan terjadi ketika PT Masraffi ingin memperluas pangsa pasar dengan membeli saham sebanyak 50 lot seharga Rp 45.000 dari pasar modal dan sebanyak 40 lot seharga Rp 40.000 secara langsung dari CV Staff Accounting.

Perusahaan berafiliasi adalah perusahaan yang dimiliki entitas lain melalui pembuktian pemilikan saham lebih dari 50%. Bagaimana cara membuat jurnal penjualan dan perhitungan hak kontrol baru atas perusahaan yang dibeli oleh PT Masraffi sebagai induk perusahaan yang harus dicatat oleh CV Staff Accounting.

Baca Juga: Contoh Kasus Pendirian Persekutuan dan Jawabannya

Jurnal Eliminasi dan Perhitungan Hak Kontrol Induk Perusahaan

Jurnal eliminasi dan perhitungan hak kontrol induk perusahaan dipergunakan sebagai sarana mempublikasikan seluruh informasi keuangan ketika dilakukannya afiliasi, merger atau konsolidasi. Kertas kerja pemeriksaan dapat dibuat ketika perusahaan melakukan pembaruan sistem pengendalian internal.

Pertama, ketika membuat perhitungan hak kontrol induk perusahaan terhadap anak perusahaan harus dapat menentukan jumlah modal yang disetor. Jurnal pembelian saham baru melalui pasar modal dan jurnal pembelian saham secara langsung dari anak perusahaan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
18/09/2021Kas Rp 225.000.000
Modal Saham Rp 125.000.000
Agio Saham Rp 100.000.000
(Jurnal Pembelian Saham dari Pasar Modal)
18/09/2021Kas Rp 160.000.000
Modal Saham Rp 100.000.000
Agio Saham Rp 60.000.000
(Jurnal Pembelian Saham Secara Langsung)

Cara menghitung hak kontrol induk perusahaan terhadap anak perusahaan terjadi ketika CV Staff Accounting hanya menerbitkan 40.000 lembar saham. Maka, berdasarkan contoh soal perusahaan berafiliasi didapatkan hasil perhitungan hak kontrol atas investasi anak perusahaan sebagai berikut.

Hak Kontrol =(5000+4000)/(40000+4000)= 20 %

Baca Juga: Cara Membuat Kode Transaksi Akuntansi Keuangan

Demikian contoh soal induk perusahaan membeli saham anak perusahaan secara langsung akuntansi keuangan lanjutan. Hak minoritas adalah jumlah modal anak perusahaan yang tidak dikuasai oleh induk perusahaan sebagai sarana alokasi keuntungan dan kerugian di tahun pajak berjalan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Induk Perusahaan Membeli Saham Anak Perusahaan Secara Langsung"