Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal revaluasi aktiva tetap dan jawabannya dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka menentukan pajak penghasilan final yang harus dibayar. Tarif pajak revaluasi aset tetap mengacu pada peraturan menteri keuangan tentang pemotongan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 yang bersifat final.

Contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap pajak akan menentukan kategori pengalokasikan biaya perolehan. Revaluasi dilaksanakan ketika entitas mau melaksanakan program go public, restrukturisasi modal, penggabungan usaha dengan metode purchase atau metode pooling of interest yang telah dilaksanakan.

Penilaian kembali aktiva tetap berwujud dan tidak berwujud akan dianggap seperti terjadinya transaksi penjualan. Aset diakui oleh perusahaan ketika dapat diukur dengan handal sesuai nilai penyusutan dan akumulasi penyusutan yang terjadi saat entitas mengalami penurunan nilai setelah tanggal laporan keuangan.

Contoh Soal Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya

Pengertian Revaluasi Aset Tetap

Pengertian revaluasi aset tetap menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengubah nilai buku yang tercatat agar sesuai nilai wajar pada saat dilakukannya penilaian kembali. Standar akuntansi keuangan tidak mewajibkan entitas melaksanakan proses revaluasi setiap tahun mengikuti pergerakan nilai wajarnya.

Tujuan revaluasi aset atau penilaian kembali nilai buku aktiva tetap adalah mengakui adanya aktiva yang memiliki substansi komersial dimasa depan. Surplus revaluasi aset tetap harus dilaporkan sebagai keuntungan yang didapatkan dan dipotongkan pajak final yang tidak dapat dijadikan kredit pajak pada akhir tahun fiskal.

Pengertian revaluasi aktiva tetap menurut para ahli adalah transaksi entitas menyesuaikan biaya perolehan dan akumulasi penyusutan sesuai dengan harga wajar. Nilai pasar adalah harga yang mau dibayarkan oleh pelanggan untuk menukarkan kas dan setara kas menjadi aktiva tertentu seperti tanah, kendaraan dan bangunan.

Baca Juga: Perbedaan Sistem Perpetual dan Sistem Periodik dalam Persediaan

Kelebihan dan Kekurangan Revaluasi Aktiva Tetap Berwujud

Kelebihan revaluasi aktiva bagi perusahaan adalah meningkatlan laba ditahan dan melakukan negosiasi ulang berkaitan dengan nilai wajar ketika entitas mau melaksanakan penggabungan usaha. Penurunan rasio leverage akan terjadi dan entitas akan menyetorkan pajak penghasilan badan lebih sedikit.

Kekurangan penilaian kembali nilai aset tetap adalah nilai depresiasi yang ditunjukkan oleh siklus akuntansi mengalami diversifikasi. Revaluasi aset tetap berwujud memerlukan bantuan dari para ahli agar dapat meningkatkan kemampuan mesin, bangunan dan kendaraan untuk kegiatan produksi.

Kapan dilakukan revaluasi aktiva tetap berwujud dan tidak berwujud cocok diterapkan ketika upaya penggabungan usaha metode purchase. Surplus revaluasi akan masuk ke akun pendapatan kena pajak. Penurunan nilai aset akan diakui selama terjadi kerusakan dan keusangan barang sebelum masa depresiasi.

Baca Juga: Contoh Audit Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan

Contoh Soal Revaluasi Aktiva Tetap dan Pembahasannya

Contoh soal revaluasi aktiva tetap dan pembahasannya harus dapat membuktikan terjadinya perubahan harga kendaraan dan mesin secara cepat selama satu periode. Metode penyusutan aset akan meningkatkan jumlah beban depresiasi setiap bulannya yang mengurangi jumlah pembayaran pajak tahunan badan.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap pajak penghasilan harus dipotongkan ketika entitas memutuskan melakukan penilaian kembali alat produksinya. Tujuan revaluasi adalah meningkatkan kemampuan kendaraan dan mesin produksi agar dapat menghasilkan barang sesuai target yang telah ditentukan entitas.

Contoh soal penilaian kembali aset tetap terjadi pada CV Staff Accounting yang telah membeli kendaraan seharga Rp 8.200.000 disusutkan selama 4 tahun. Ditahun kedua, CV Staff Accounting melakukan penilaian kembali aset dan mendapatkan nilai wajar sebesar Rp 7.500.000. Berapakah surplus revaluasi yang terjadi?

Jurnal Revaluasi Aset Tetap

Jurnal revaluasi aset tetap akan mengakui terjadinya keuntungan atau surplus revaluasi sebagai tambahan pendapatan tahun berjalan. Penyusutan aktiva tetap dapat menggunakan metode saldo menurun dan metode garis lurus untuk menentukan beban depresiasi penggunaan aset setiap periodenya.

Jurnal revaluasi aktiva tetap pajak sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Akumulasi Penyusutan Rp 4.100.000
Aktiva Tetap Rp 4.100.000
(Jurnal mengakui beban depresiasi tersisa)
31/12/2022Aktiva Tetap Rp 7.500.000
Surplus Revaluasi Rp 7.500.000
(Jurnal mengakui revaluasi aset tetap)

Baca Juga: Contoh Soal Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Demikian contoh soal jurnal revaluasi aktiva tetap menurut pajak dan jawabannya yang menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Surplus revaluasi masuk ke akun pendapatan dan akan menambah objek pajak penghasilan yang dibayarkannya melalui pelaporan spt tahunan badan dan orang pribadi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Revaluasi Aktiva Tetap dan Jawabannya"