Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun dapat dilaksanakan untuk memungkinkan entitas mempertanggungjawabkan penggunaan dana untuk pembelian aset tetap. Depresiasi merupakan proses menggolongkan penggunaan aset selama beberapa periode agar biaya perolehannya dapat ditentukan.

Contoh soal dan jawaban penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun menjadi pilihan bagi akuntan manajemen untuk amortisasinya. Dalam penyusutan saldo menurun ganda besarnya persentase penyusutan dihitung dari dua kalinya tarif depresiasi metode garis lurus yang ditetapkan entitas.

Macam-macam metode penyusutan aset tetap menjadi pilihan terbaik untuk menentukan seberapa besar kemungkinan entitas memperoleh kembali biaya pengeluaran aset. Jika tahun penyusutan tidak genap seperti 4,5 tahun maka harus dialokasikan per bulan agar didapatkan hasil akurat dan mudah dipertanggungjawabkan.

Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Pengertian Aktiva Tetap dalam Akuntansi Perpajakan

Pengertian aktiva tetap dalam akuntansi perpajakan adalah aset yang dipergunakan perusahaan untuk membantu menghasilkan pendapatan tanpa diperjualbelikan kembali. Karakteristik utama aset tetap adalah memerlukan biaya yang material dan harus dialokasikan ke beberapa periode sesuai estimasi penggunaannya.

Tanah, bangunan, mesin dan kendaraan dalam laporan posisi keuangan diakui sebagai aktiva tetap. Aktiva lancar adalah aset yang mempunyai tingkat likuiditas yang tinggi dan mudah dicairkan menjadi kas tanpa mengurangi nilainya. Aktiva tetap mulai disusutkan ketika sudah dapat digunakan untuk memperoleh penghasilan.

Pengertian aktiva tetap menurut para ahli adalah kekayaan yang diperuntukkan membantu kegiatan operasional dan memerlukan biaya perawatan serta pemeliharaan rutin. Dalam menentukan tarif penyusutan dan umur manfaat aset tetap harus mempertimbangkan pengalaman perusahaan terdahulu.

Baca Juga: Cara Menentukan Umur Manfaat dan Nilai Residu Aktiva

Rumus Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Rumus penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun akan memudahkan dalam membagi biaya perolehan ke umur manfaat. Perbedaan umur manfaat dan usia ekonomis aktiva tetap adalah terletak pada penggunaan aset tetap untuk membantu kegiatan operasional perusahaan dibandingkan yang seharusnya.

Dalam penyusutan saldo menurun ganda besarnya persentase dihitung dari tarif depresiasi metode garis lurus yang dikalikan dua. Biaya perolehan adalah pengeluaran perusahaan untuk membeli dan mempersiapkan aset untuk dapat menghasilkan tambahan manfaat ekonomis selama tahun berjalan.

Rumus penyusutan aset tetap metode jumlah angka tahun wajib diselenggarakan untuk menjadikan laporan keuangan dapat digunakan untuk menghitung pajak penghasilan badan. Biaya perbaikan tanah, pemeliharaan dan reparasi mesin menjadi kewajiban agar aktiva tetap (fixed assets) menghasilkan produk yang optimal.

Baca Juga: Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Cara Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun

Cara menghitung penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun dipergunakan sebagai upaya mencegah kehilangan aset, kerusakan aset dan keausan aset sebelum masa pakai habis. Capital expenditure dan revenue expenditure menjadi pengeluaran rutin yang dikeluarkan sebab penggunaan aktiva tetap.

Contoh soal dan jawaban penyusutan metode jumlah angka tahun terjadi pada CV Staff Accounting yang melaporkan pembelian smartphone seharga Rp 16.500.000. Sum of year's digit method menjadi biaya depresiasi dan akumulasi penyusutan aktiva tetap yang diperoleh selama 4 tahun.

Bagaimana cara menghitung biaya penyusutan setiap periodenya?

TahunFaktor Pembagi Biaya Perolehan Biaya Depresiasi
20214 Rp 16.500.000 Rp 6.600.000
20223 Rp 16.500.000 Rp 4.950.000
20232 Rp 16.500.000 Rp 3.300.000
20241 Rp 16.500.000 Rp 1.650.000

Jurnal penyesuaian depresiasi aktiva tetap metode jumlah angka tahun memiliki kesamaan dengan metode penyusutan yang lainnya. Aktiva tetap hanya akan mengalami depresiasi dan pengeluaran rutin selama masa penggunaannya. Adapun ayat jurnal penyesuaian penyusutan aktiva tetap yang harus dibuat adalah:

TanggalKeteranganDebitKredit
08/02/2021Beban Depresiasi Rp 6.600.000
Akumulasi Depresiasi Rp 6.600.000
(Jurnal Depresiasi Tahun Pertama)

Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Demikian penyusutan aktiva tetap metode jumlah angka tahun dalam materi akuntansi keuangan menengah. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya nilai depresiasi setiap bulannya adalah nilai residu, umur manfaat, metode depresiasi, arus kas keluar untuk mempersiapkan aset tetap perusahaan.

Posting Komentar untuk "Penyusutan Aktiva Tetap Metode Jumlah Angka Tahun"