Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Pengamanat

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner dan pengamanat dilaksanakan untuk menghitung jumlah komisi yang didapatkan oleh pihak ketiga. Manfaat sistem konsinyasi adalah entitas tidak perlu melaksanakan stock barang sehingga biaya pemeliharaan dan biaya penyimpanan dapat dikurangi.

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay akan menjadi pertanyaan wawancara tentang mutasi kas keluar dan kas masuk. Hak dan kewajiban komisioner harus dicantumkan pada perjanjian kerja untuk menjamin kesanggupan ketika melaksanakan penjualan. Consignor adalah pihak yang menitipkan barang dagang ke pihak ketiga.

Mengapa sistem konsinyasi diminati oleh pedagang karena mampu mengalokasikan kemampuan untuk memprioritaskan pembayaran tagihan dan penerimaan penghasilan. Tujuan konsinyasi adalah mempromosikan barang dengan menggunakan jasa pihak ketiga untuk melakukan promosi dan permintaan pesanan barang.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Pengamanat

Apa itu Penjualan Konsinyasi

Penjualan konsinyasi menurut para ahli adalah bentuk transaksi jualbeli barang dagang dimana entitas menyerahkan barang kepada pihak ketiga untuk dibantu melaksanakan penjualan dan akan memberikan komisi atau provisi tertentu sesuai perjanjian ketika komisioner mampu memperjualbelikan sejumlah barang dalam periode tertentu.

Penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari banyak dilakukan oleh industri yang mau berdiri. Barang konsinyasi merupakan hak pengamanat sehingga komisioner tidak berhak mengakui sebagai aktiva di laporan keuangan. Pembagian keuntungan sistem konsinyasi ditentukan sesuai pertimbangan perusahaan.

Penyebab perusahaan penjualan sistem konsinyasi adalah upaya mencari pelanggan baru dengan memaksimalkan kerjasama antar pedagang disekitarnya. Pengiriman barang konsinyasi ke komisioner tidak terutang pajak pertambahan nilai dan dipotongkan pajak penghasilkan ketika membayarkan komisi.

Baca Juga: Contoh Soal Metode Perpetual dan Periodik dalam Persediaan

Kelebihan dan Kekurangan Penjualan Sistem Konsinyasi

Kelebihan dan kekurangan penjualan sistem konsinyasi akan berdampak pada laporan posisi keuangan untuk tujuan pelaporan surat pemberitahuan tahunan pajak. Bagaimana pembagian keuntungan dalam sistem konsinyasi ditentukan berdasarkan nilai penjualan bruto sebelum pajak yang berhasil diperjualbelikan.

Contoh soal essay dan pilihan ganda tentang wawancara sistem penjualan konsinyasi harus didukung dengan sistem pengendalian internal persediaan dan pergudangan. Persediaan barang dalam perjalanan dan barang konsinyasi diakui sebagai milik pengamanat melalui penerbitan laporan keuangan tahunan.

Kekurangan dan kelebihan sistem penjualan konsinyasi akan didapatkan oleh perusahaan setelah beberapa bulan melaksanakan transaksi sesuai perjanjian kerja. Resiko menggunakan sistem konsinyasi adalah entitas tidak mengetahui keberadaan barang di gudang milik komisioner setiap saat.

Baca Juga: Contoh Soal Cara Menghitung Selisih Kurs Mata Uang Asing

Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Konsinyasi bagi Komisioner

Contoh soal dan jawaban penjualan konsinyasi bagi komisioner metode laba terpisah dan laba tidak terpisah harus diselenggarakan agar dapat menerapkan sistem pengendalian internal persediaan dan pergudangan. Perjanjian konsinyasi harus memuat hak dan kewajiban consignor dan consignee selama jangka waktu.

Contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner metode laba terpisah dan laba tidak terpisah harus dapat mempublikasikan seluruh informasi keuangan ketika ingin mengklaim komisi yang didapatkan. Contoh laporan penjualan harus memuat informasi barang yang diperdagangkan dan penerimaan kasnya.

Contoh soal dan jawaban akuntansi penjualan konsinyasi terjadi pada CV Staff Accounting yang menerima barang dagang seharga Rp 800.000 dan komisi sebesar 25% ketika mampu memperjualbelikan. Biaya promosi yang dikeluarkan sebesar Rp 85.000 dan di akhir periode mampu menjual semua barang dengan penghasilan sebesar Rp 6.350.000.

Bagaimana jurnal umum yang dibuat oleh komisioner dengan metode laba terpisah sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
1Konsinyasi Masuk - Biaya Promosi Rp 85.000
Kas Rp 85.000
2Kas Rp 6.350.000
Konsinyasi Masuk - Penjualan Rp 6.350.000
3Konsinyasi Masuk - Biaya Komisi Rp 1.587.500
Pendapatan Komisi Rp 1.587.500
4Konsinyasi Masuk Rp 4.677.500
Hutang pada Pengamanat Rp 4.677.500
5Hutang pada Pengamanat Rp 4.677.500
Kas Rp 4.677.500

Baca Juga: Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Cabang

Demikian contoh soal penjualan konsinyasi bagi komisioner dan pengamanat akuntansi keuangan lanjutan. Sistem pengendalian internal persediaan dan pergudangan akan mencegah terjadinya kerusakan dan kehilangan barang terutama ketika dititipkan kepada pihak ketiga untuk dilakukan penjualan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Pengamanat"