Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Cara Menghitung Selisih Kurs Mata Uang Asing

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung selisih kurs mata uang asing diberlakukan perusahaan ketika mempunyai tagihan luar negeri. Entitas dapat melaksanakan kegiatan jualbeli secara import dan export untuk memperoleh keuntungan yang dilaporkan pada catatan atas laporan posisi keuangan setiap tahunnya.

Contoh keuntungan selisih kurs mata uang asing diperoleh perusahaan ketika entitas membayarkan tagihan dibawah nilai wajarnya. Bagaimana perlakuan kerugian selisih kurs sesuai aturan pajak pada kondisi normal dan tidak normal dapat mengakibatkan perubahan pada laba fiskal yang didapatkan perusahaan.

Laba rugi selisih kurs dalam laporan keuangan diakui sebagai pendapatan dan beban lain-lain. Rugi selisih kurs dapat dijadikan beban pengurang pajak penghasilan dalam transaksi normal selain pajak final atau bukan objek pajak. Pengaruh perubahan valuta asing disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan di perusahaan.

https://www.staffaccounting.my.id/2021/11/cara-mencari-grand-theory-middle-theory.html

Apa Itu Laba Rugi Selisih Mata Uang Asing

Mata uang asing adalah tolak ukur melaksanakan perdagangan internasional dengan para pedagang yang lain antar negara guna memperoleh transaksi penjualan. Kurs realiasi adalah nilai valuta asing yang dapat diperdagangkan dan diakui sebagai nilai tukar ketika mengadakan transaksi import dan export barang dagang.

Kurs adalah nilai mata uang suatu negara yang diperhitungkan dalam mata uang negara lain. Kurs mata uang asing terdiri dari kurs beli, kurs jual dan kurs tengah. Kurs beli adalah harga yang mau dibayarkan oleh bank untuk menukarkan mata uang tertentu. Kurs jual adalah harga yang diterima bank untuk penukaran uang.

Bagaimana keuntungan dan kerugian selisih kurs akan dipertimbangkan dalam mengakui laba fiskal tahun berjalan. Kurs yang merupakan selisih kurs jual dan kurs beli disebut kurs tengah. Perbedaan kurs bank indonesia dan kurs menteri keuangan akan mempengaruhi laba rugi komprehensif yang dilaporkan.

Baca Juga: Jurnal Pembelian dan Penjualan dalam Mata Uang Asing

Perlakuan Pajak atas Konversi Mata Uang Asing

Perlakuan pajak atas konversi kurs mata uang asing diperlakukan sebagai biaya pengurang pajak penghasilan. Laba selisih kurs yang belum terealisasi dipertimbangkan pendapatan dan diakui ketika terdapat indikasi tambahan manfaat dan dapat diperhitungkan secara akurat dan handal dikemudian hari.

Bagaimana perlakukan kerugian selisih kurs sesuai aturan pajak pada kondisi normal dan tidak normal diwajibkan dipertimbangkan sebagai akibat akumulasi deductible expance. Perbedaan hard currency dan soft currency terletak pada lokasi asalnya mata uang asing akan diperbandingkan, apakah berasal dari negera maju atau berkembang.

Laba selisih kurs yang belum terealisasi adalah perhitungkan akhir tahun untuk melaporkan spt tahunan badan. Tarif pajak atas keuntungan selisih kurs mata uang asing diperhitungkan secara proporsional dan termasuk pajak tidak final. Spt tahunan badan dapat dijadikan beban pengurang pajak penghasilan.

Baca Juga: Contoh Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Contoh Soal Laba Rugi Selisih Kurs dan Jawabannya

Contoh soal laba rugi selisih kurs dan jawabannya dipertimbangkan sebagai penghasilan tambahan atas transaksi operasional perusahaan. PSAK 10 tentang pengaruh perubahan valuta asing dapat mempertimbangkan penggunaan soft currency dan hard currency sebagai mata uang perdagangan internasionalnya.

Contoh soal selisih kurs mata uang asing terjadi pada CV Staff Accounting yang membeli mesin dengan nilai CIF sebesar $110.000. Kurs BI sebesar Rp 1.500 dan kurs KMK sebesar Rp 1.400. Diakhir periode akuntansi nilai kurs BI sebesar Rp 1.600 dan kurs kmk sebesar Rp 1550. Bagaimana cara menghitung laba rugi pertukaran valuta asing tersebut?

Cara Menghitung Selisih Kurs Mata Uang Asing dalam Laporan Keuangan

Cara menghitung selisih kurs mata uang asing dalam laporan keuangan perlu mempertimbangkan kegunaan nilai tukar. Valuta asing untuk kegiatan operasional perusahaan akan menggunakan kurs bank indonesia, valuta asing untuk kegiatan perpajakan perusahaan menggunakan kurs menteri keuangan.

Tarif pajak atas keuntungan selisih kurs mata uang asing dipertimbangkan sebagai penambah penghasilan entitas. Jurnal kurs valuta asing menjadi prioritas ketika entitas melakukan perdagangan internasional. Adapun cara menghitung laba rugi selisih kurs mata uang asing sebagai berikut:

Nilai CIF$110.000
Kurs Bank Indonesia Ketika Pembelian Rp 1.500
Nilai Transaksi Rp 165.000.000
Kurs Bank Indonesia Ketika Akhir Periode Rp 1.600
Nilai Transaksi Rp 176.000.000
Rugi Selisih Kurss Rp (11.000.000)

Baca Juga: Contoh Soal Joint Venture yang Belum Selesai

Demikian contoh soal dan cara menghitung selisih kurs mata uang asing dalam laporan keuangan. Perlakuan valuta asing diatur dalam pernyataan standar akuntansi keuangan nomor 10. Transaksi mata uang asing tidak mempengaruhi kewajaran laporan keuangan ketika transaksi tetap menggunakan valuta asing.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung Selisih Kurs Mata Uang Asing"