Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perubahan umur manfaat aktiva tetap berguna agar entitas dapat mengalokasikan pengeluaran sebagai penambah masa pakai aset tetap. Taksiran harga jual aktiva tetap pada akhir masa manfaat disebut nilai residu. Nilai residu dalam perpajakan tidak diakui sehingga entitas harus melaksanakan koreksi fiskal.

Contoh soal dan cara menghitung biaya penyusutan metode saldo menurun berganda dan metode garis lurus akan menghasilkan informasi yang berbeda. Perusahaan boleh memilih metode depresiasi yang diinginkan dengan tetap memprioritaskan mengikuti aturan perpajakan yang berlaku sesuai kategori aktiva.

Cara menentukan umur manfaat, nilai residu dengan metode jumlah angka tahun berguna agar entitas memperoleh kepastian tentang biaya fiskal yang didapatkan. Biaya fiskal adalah pengeluaran perusahaan yang diperkenankan sebagai pengurang penghasilan kena pajak untuk menghasilkan pajak terutang yang harus dibayar.

Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap

Cara Menentukan Masa Manfaat Aset Tetap Pemerintah Daerah dan Perusahaan Manufaktur

Cara menentukan masa manfaat aset tetap pemerintah daerah dan perusahaan manufaktur memiliki tujuan berbeda. Laporan keuangan yang dibuat oleh pemerintah daerah berfungsi untuk mempertanggungjawabkan dana yang didapatkan dari bantuan dan penghasilan lain-lain selama satu periode.

Tabel masa manfaat aset tetap pemerintaah daerah dan pusat berperan sebagai alat untuk mengalokasikan biaya perolehan selama jangka waktu tertentu. Kapitalisasi aktiva tetap berfungsi untuk menentukan biaya yang diakui sebagai perolehan aset seperti biaya pembelian, biaya persiapan mesin untuk siap dipergunakan.

Biaya yang menambah usia manfaat suatu aktiva dijadikan bukti transaksi untuk menambah umur ekonomis. Nilai residu adalah taksiran harga jual aset tetap pada akhir masa manfaatnya. Mengapa perusahaan perlu menghitung penyusutan aset karena harus mengalokasikan biaya mesin produksi selama kegiatan berlangsung.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Pembalik Perusahaan Dagang dan Jasa

Mengapa Perusahaan Perlu Menghitung Penyusutan Aktiva Tetap

Mengapa perusahaan perlu menghitung penyusutan aktiva tetap karena harus mempertanggungjawabkan penggunaan dana untuk pembelian mesin dan bangunan. Contoh aset tetap yang tidak mengalami depresiasi setiap periodenya adalah tanah. Kecuali, tanah dilakukan konservasi tertentu.

Penyebab perusahaan melakukan penyusutan atau depresiasi aset tetap setiap periode adalah untuk mengalokasikan pemakaian mesin selama periode tertentu. Tujuan penyusutan adalah mengganti biaya pembelian mesin dan mengalokasikannya ke beberapa periode sesuai penggunaan harga atau kekayaan perusahaan tersebut.

Mengapa perusahaan perlu menghitung penyusutan aktiva tetap sebab entitas wajib melakukan pelaporan pajak penghasilan per periodenya. Penyebab perusahaan menjual atau menghentian pemakaian aset tetap adalah tidak diperolehnya manfaat pengunaan aset tetapi mengeluarkan sejumlah biaya.

Baca Juga: Contoh Kasus Akuntansi Salam dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Soal Perubahan Taksiran Umur Manfaat Aset Tetap dan Jawabannya

Contoh soal perubahan taksiran umur manfaat aset tetap dan jawabannya diberlakukan setelah memperoleh persetujuan pada rapat umum pemegang saham. Revaluasi aktiva tetap adalah proses menyesuaikan nilai buku aktiva agar sesuai dengan harga wajar pada saat terjadinya transaksi tersebut.

Contoh soal dan jawaban revisi umur manfaat aktiva tetap dapat dilakukan ketika terjadi capital expenditure. Mengapa aset tetap harus disusutkan karena entitas tidak boleh secara langsung mengakuinya sebagai biaya fiskal. Aset yang dapat disusutkan diantaranya bangunan, peralatan, gedung dan kendaraan.

Contoh soal dan cara menghitung umur manfaat terjadi pada CV Staff Accounting yang memiliki mobil senilai Rp 95.850.000 yang telah digunakan selama 2 tahun. Pada tahun ketiga, CV Staff Accounting mengeluarkan capital expenditure senilai Rp 5.200.000 yang menambah masa pakai selama satu periode.

Bagaimana jurnal perubahan umur manfaat aset tetap dan biaya penyusutan yang ditanggung perusahaan selama tahun berjalan?

Biaya Perolehan Rp 95.850.000
Umur Manfaat Awal8
Biaya Depresiasi Per Periode Rp 11.981.250
Nilai Buku akhir tahun ke dua Rp 71.887.500
Taksiran usia manfat baru7
Biaya Depresiasi setelah perubahan umur manfaat Rp 10.269.643

Baca Juga: Contoh Sistem Pengendalian Internal Aset Tetap Berwujud dan Tak Berwujud

Demikian contoh soal dan jawaban perubahan umur manfaat aktiva tetap menurut perpajakan. Kebijakan akuntansi harus dapat menyesuaikan ketentuan umum perpajakan untuk menghindari adanya koreksi fiskal sebelum pembayaran pajak penghasilan tahunan badan yang terutang.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Umur Manfaat Aktiva Tetap"