Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Jurnal Pertukaran Aktiva Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jurnal pertukaran aktiva tetap yang memiliki substansi komersial diberlakukan agar entitas dapat mempertimbangkan pelepasan aset sebelum masa manfaatnya habis. Alasan perusahaan menghapus atau menjual aset tetap adalah diperolehnya mesin dan kendaraan yang lebih canggih dimasa depan.

Laba pertukaran aset tetap terjadi apabila kas dan setara kas yang diterima perusahaan melebihi nilai bukunya. Contoh aktiva tetap berwujud adalah tanah, kendaraan, mesin, bangunan dan gedung. Contoh aset tetap tak berwujud seperti francise, hak cipta, hak paten, goodwill yang dilaporkan di laporan posisi keuangan.

Contoh soal pertukaran aset tetap sejenis dan tidak sejenis memerlukan informasi tentang akumulasi penyusutan dan biaya perolehannya. Laba dan rugi penjualan aktiva tetap menjadi objek pajak penghasilan badan yang wajib dilaporkan setiap periodenya kepada perusahaan untuk dipotongkan penghasilannya.

Contoh Soal dan Jurnal Pertukaran Aktiva Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Pertanyaan Tentang Pertukaran Aktiva Tetap Sejenis dan Tidak Sejenis

Pengertian pertukaran aset tetap menurut para ahli adalah tindakan perusahaan mengevaluasi penggunaan aset untuk kegiatan operasional dengan mesin sejenisnya. Bagaimana aktiva tetap diakui dan diukur menyesuaikan kebijakan akuntansi berkaitan dengan penetapan biaya perolehan dan masa manfaat asetnya.

Pertanyaan tentang pelepasan aktiva tetap terjadi ketika entitas membuang, menjual dan memberikan aset kepada pihak ketiga yang mengakibatkan berkurangnya kekayaan perusahaan. Bagaimana pencatatan aset tetap pada saat diperolehan mengikuti biaya perolehan yang telah dikeluarkan perusahaan untuk mendatangkan mesin tersebut.

Bagaimanakah pencatatan aset tetap yang didapat dari pembelian secara tunai yaitu mencatat kas diposisi kredit dan mendebit aktiva tetap yang tertambah. Aset yang memiliki substansi komersial artinya nilainya akan bertambah dikemudian hari dengan total aktiva tetap yang dimiliki entitas.

Baca Juga: Cara Menghitung Hpp dan Persediaan Akhir Metode Fifo dan Rata-Rata Tertimbang

Contoh Soal Pertukaran Aset Tetap yang Memiliki Substansi Komersial

Contoh soal pertukaran aset tetap yang memiliki substansi komersial terjadi ketika perusahaan melaporkan terjadinya penjualan kekayaan perusahaan yang diperkiraan memiliki nilai wajar yang lebih tinggi daripada sekarang. Contoh aset tetap yang mempunyai substansi komersial adalah tanah.

Contoh soal dan jawaban pelepasan aktiva tetap yang mempunyai substansi komersial harus memperoleh otorisasi dari pejabat perusahaan yang berwenang. Ketika hasil penjualan lebih besar daripada nilai buku, maka laba penjualan aktiva akan terjadi dan harus dipotongkan pajak penghasilannya.

Pertanyaan dan soal pertukaran aset terjadi pada CV Staff Accounting yang mempunyai tanah seharga Rp 45.000.000. CV Staff Accounting sepakat untuk menukarkannya dengan kas sebesar Rp 5.000.000 dan mobil seharga Rp 52.000.000. Buatlah jurnal pertukaran aktiva tetap yang memiliki substansi komersial tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Activity Based Costing dan Jawabannya

Cara Menghitung Laba Rugi Pertukaran Aktiva Tetap dan Pencatatan Jurnal Akuntansi

Cara menghitung laba rugi pertukaran aktiva tetap dan pencatatan jurnal akuntansi keuangan menengah harus dijabarkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Pelepasan aset terjadi melalui transaksi penjualan dengan membandingkan antara nilai buku aset dengan harga penjualan aktiva yang didapatkan.

Perbedaan antara pertukaran yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial diketahui melalui ada tidaknya peluang harga aset naik dimasa mendatang. Pertukaran aset yang tidak mempunyai substansi komersial akan terjadi melalui beberapa jenis aset seperti kendaraan, mesin dan bangunan.

Laba pertukaran aset tetap terjadi apabila entitas memperoleh kas yang lebih banyak dibandingkan nilai bukunya. Revaluasi dan pelepasan aktiva menjadi materi akuntansi keuangan menengah tentang aset berwujud dan aset tak berwujud. Adapun jurnal pencatatan pelepasan aktiva tetap sejenis dan tidak sejenis adalah:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/03/2022Kas Rp 5.000.000
Mobil Rp 52.000.000
Tanah Rp 45.000.000
Laba Pertukaran Aset Rp 12.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Bagi Komisioner dan Pengamanat

Demikian contoh soal dan jurnal pertukaran aktiva tetap yang memiliki substansi komersial dan tidak komersial akuntansi keuangan menengah. Penghentian pemakaian harus diotorisasi pejabat yang berwenang untuk menghindari adanya kecurangan ketika melakukan pembelian aset baru di masa mendatang.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Jurnal Pertukaran Aktiva Tetap yang Memiliki Substansi Komersial"