Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Cara Menghitung Accounting Rate of Return

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung accounting rate of return menjadi bentuk pengambilan keputusan investasi modal jangka panjang. Pengertian keputusan investasi modal adalah pilihan manajemen untuk mengeluarkan dana dalam jumlah besar atas sebuah proyek dengan tujuan mencari keuntungan.

Kelebihan dan kekurangan metode pengembalian akuntansi atau accounting rate of return adalah pengabaian konsep nilai waktu uang dari sebuah proyek. Risiko ketidakpastian arus kas masa depan akan meminimalisir dampak investasi dan permasalahan likuiditas serta solvabilitas laporan keuangan.

Perbedaan average rate of return dengan accounting rate of return terletak pada laba dan arus kas yang dibandingkan modal awal perusahaan. Metode penilaian kelayakan investasi modal entitas akan berhubungan dengan aliran kas masa depan dengan menggunakan konsep nilai sekarang dari sebuah aset keuangan.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Accounting Rate of Return

Apa yang Dimaksud Accounting Rate of Return

Apa yang dimaksud dengan accounting rate of return adalah metode pengambilan keputusan investasi modal yang didasarkan pada rata-rata laba yang didapatkan perusahaan. Arus kas operasional tidak dijadikan informasi perubahan harga sebuah produk serta proyeksi keuntungan laba ditahun berjalan.

Pengertian accounting rate of return adalah pertimbangkan investasi modal yang tidak didasarkan pada aliran kas melainkan laba rata-rata yang didapatkan dalam satu periode. Manajemen keuangan dan investasi mengharuskan manajemen dapat menilai diterima dan ditolaknya proyek aktiva tetap berwujud.

Pengertian metode pengembalian akuntansi atau arr bertujuan agar keuntungan perusahaan dapat membackup pengeluaran pembelian aktiva tetap. Risiko ketidakpastian sebuah proyek berkaitan dengan keuntungan harus dihindarkan guna mencegah terjadinya kesalahfahaman pembagian investasi jangka panjang.

Baca Juga: Perbedaan Internal Rate Of Return dan Accounting Rate Of Return

Contoh Soal Accounting Rate of Return dan Pembahasannya

Contoh soal accounting rate of return dan pembahasannya dipergunakan sebagai alokasi keuntungan atas pembelian aktiva tetap. Investasi aktiva tetap diperlukan karena entitas menggunakannya agar kegiatan produksi dapat berjalan sesuai aturan perpajakan dan kebijakan akuntansi keuangan yang diterapkan.

Contoh soal arr dan jawabannya akan melibatkan pertimbangan manajemen untuk menolak dan menerima investasi aktiva tetap. Risiko keusangan dan penyusutan aktiva tetap harus dipertimbangkan untuk dipergunakan sebagai alat menambah investasi jangka panjang untuk mendatangkan aliran kas.

Contoh soal accounting rate of return dan jawabannya terjadi pada CV Staff Accounting yang melakukan investasi modal sebesar Rp 42.630.000. Investasi tersebut mendatangkan keuntungan sebesar Rp 11.230.000. Berapa lama keputusan investasi mendatangkan laba ditahan bagi perusahaan?

Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran Aktiva Tetap Menurut Pajak

Cara Menghitung Accounting Rate of Return (Arr)

Cara menghitung accounting rate of return dapat dilakukan dengan mempertimbangkan terlebih dahulu laba yang didapatkan. Arus kas investasi dijadikan alasan perusahaan membeli aktiva tetap dengan tujuan diperdagangkan atau disewakan sehingga menghasilkan keuntungan ditahun fiskal berjalan.

Bagaimana contoh perhitungan arr atau accounting rate of return akan berdampak pada laporan posisi keuangan yang diterbitkan. Profitabilitas menjadi alasan sebuah investasi modal dilakukan perusahaan. Profitabilitas adalah pertimbangan keuntungan yang didapatkan perusahaan dari seluruh aktiva tetap yang dimiliki.

Cara menghitung accounting rate of return bertujuan agar laba akuntansi dapat digunakan mencari keputusan investasi. Kriteria diterima dan ditolaknya proyek investasi berdasarkan arr adalah rata-rata laba selama satu periode. Adapun contoh perhitungan metode pengembalian akuntansi yakni.

ARR = Laba Ditahan : Investasi Modal Awal
ARR = Rp 11.230.000 : Rp 42.630.000
ARR = 26 Bulan

Baca Juga: Cara Menghitung Titik Impas dalam Rupiah dan Unit Terjual

Demikian contoh soal arr dan jawabannya yang menjadi materi akuntansi manajemen. Cara menghitung accounting rate of return memiliki perbedaan dengan average rate of return terutama dalam imbal balik hasil investasi yang didapatkan perusahaan atas modal yang telah disetorkan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung Accounting Rate of Return"