Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penerbitan obligasi pada perusahaan manufaktur dan dagang dilakukan untuk mempertimbangkan kerugian ketika membuat saham biasa dan saham preferen yang baru. Keuntungan menggunakan obligasi daripada saham adalah tidak mempengaruhi persentase penguasaan perusahaan oleh pemegang saham.

Keuntungan menerbitkan obligasi bagi perusahaan akan didapatkan ketika tidak melakukan pinjaman jangka panjang ke bank. Suku bunga per tahun yang dapat diatur sendiri oleh penerbit obligasi guna mempermudah dilakukannya kontrol pelunasan pokok pinjaman beserta bunga pada akhir tanggal jatuh tempo.

Mengapa perusahaan lebih suka menerbitkan obligasi daripada saham atau melakukan pinjaman ke bank. Sebab entitas harus dapat mempertanggungjawabkan dana yang dikelola berdasarkan informasi kesulitan keuangan yang didapatkan. Obligasi diterbitkan diantara dua tanggal bunga akan menghasilkan investasi yang lebih tinggi.

Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya

Pengertian dan Keuntungan Memiliki Obligasi

Pengertian obligasi menurut para ahli adalah surat hutang jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan dalam rangka memperoleh pinjaman untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya. Kesulitan keuangan menjadi dasar untuk meminjam uang kepada pihak ketiga yang disertai pembayaran bunga pinjaman.

Keuntungan menerbitkan obligasi bagi perusahaan adalah tidak mempengaruhi komposisi pemodal di laporan posisi keuangan. Saham adalah bukti penyertaan modal di perusahaan. Obligasi adalah bukti pemberian pinjaman jangka panjang sehingga tidak dapat dijadikan alat untuk mencari dividen tahun berjalan.

Jika pelunasan utang obligasi dilakukan pada tanggal jatuh tempo maka nilainya sebesar pokok pinjaman dan bunga yang berjalan. Penentuan tanggal jatuh tempo harus disesuaikan kemampuan pelunasan obligasi. Prinsip time value of money dijadikan dasar membebankan sejumlah biaya bunga ketika melaksanakan pinjaman.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga dan Pokok Obligasi

Contoh Soal Akuntansi Penerbitan Hutang Obligasi dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi penerbitan hutang obligasi dan jawabannya harus dapat menentukan terlebih dahulu nilai nominal dan beban bunga yang harus dibayar. Nilai nominal adalah nilai rupiah yang tercantum pada surat hutang yang telah ditandatangani oleh penerbit dan disetujui oleh trustee atau lembaga penjamin.

Perbedaan antara saham dan obligasi terletak pada pengakuan pemilikan sumber daya di pihak ketiga. Saham akan diakui sebagai tambahan modal sehingga pihak yang menyetorkan dana akan memperoleh dividen. Obligasi diakui sebagai liabilitas jangka panjang dan pihak yang memberikan pinjaman akan memperoleh pendapatan bunga.

Contoh soal penerbitkan obligasi jangka panjang terjadi pada CV Staff Accounting yang menyetujui obligasi sebesar Rp 468.250.000 dengan bunga 8% per tahun. Perusahaan membayarkan hutang obligasi setiap 6 bulan sekali. Bagaimana jurnal pelunasan hutang obligasi beserta bunganya?

Baca Juga: Kumpulan Pertanyaan Tentang Obligasi Akuntansi Keuangan Menengah

Jurnal Penerbitan dan Pembayaran Bunga Obligasi

Jurnal penerbitan dan pembayaran bunga obligasi akan diberikan ketika entitas ingin menginvestasikan sejumlah dana untuk memperoleh pendapatan lain-lain. Mengapa perusahaan cenderung menerbitkan obligasi daripada pinjaman ke bank? karena bunga obligasi lebih rendah daripada bunga perbankan.

Investasi obligasi akan menguntungkan ketika seseorang mau menunggu beberapa tahun untuk pelunasan obligasnya. Materi kewajiban jangka panjang akuntansi pengantar akan membahas mengenai hutang wesel, hutang obligasi, pinjaman jangka panjang kepada bank atau lembaga keuangan lainnya.

Jurnal penjualan obligasi dengan kurs akan dinyatakan dalam bentuk persentase dari nilai nominal. Premium dan diskonto obligasi akan mempengaruhi laba rugi ketika melakukan transaksi liabilitas jangka panjang. Adapun jurnal penerbitan obligasi dan pembayaran bunga obligasi di akhir periode pelunasan adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2021Kas Rp 468.250.000
Hutang Obligasi Rp 468.250.000
(jurnal penerimaan pinjaman jangka panjang)
28/02/2022Hutang obligasi Rp 468.250.000
Beban bunga Rp 18.730.000
Kas Rp 486.980.000
(jurnal pelunasan obligasi pada saat jatuh tempo)

Baca Juga: Cara Menghitung Persediaan Akhir dan Hpp Metode Fifo

Demikian contoh soal akuntansi penerbitan obligasi jangka panjang dan jawabannya yang menjadi materi akungan keuangan menengah. Alasan perusahaan menerbitkan obligasi daripada mengeluarkan saham biasa dan saham preferen harus dicantumkan pada catatan atas laporan keuangan yang dipublikasikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penerbitan Obligasi dan Jawabannya"