Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penjualan Upstream dan Penjualan Downstream dan Jurnal Eliminasinya

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan upstream dan penjualan downstream harus dibuatkan jurnal eliminasi dengan tujuan tidak mengakuinya transaksi antara induk perusahaan dan anak perusahaan. Contoh transaksi perusahaan afiliasi adalah penjualan barang dagang, pemberian modal kerja dan pelaporan laba rugi.

Contoh soal transaksi entitas induk dan entitas anak persediaan dan jasa diberlakukan karena adanya pengakuan tambahan manfaat ekonomis. Makalah transaksi hulu dan hilir harus menyesuaikan kebijakan akuntansi keuangan lanjutan yang diterapkan guna meminimalisir laba ditahan yang diakui induk perusahaan.

Mengapa transaksi antar perusahaan afiliasi harus dibuatkan jurnal eliminasi dalam penyusunan kertas kerja laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan metode biaya. Hal ini disebabkan adanya pengakuan laba oleh induk perusahaan akibat transaksi penjualan barang dagang kepada anak perusahaan.

Contoh Soal Penjualan Upstream dan Penjualan Downstream dan Jurnal Eliminasinya

Pengertian Penjualan Upstream dan Downstream dalam Akuntansi

Penjualan downstream dan penjualan upstream dalam akuntansi keuangan bertujuan agar perusahaan afiliasi melaporkan kejadian sesuai realitanya. Saham komulatif dan berpartisipasi artinya apabila entitas tidak membagian dividen ditahun berjalan maka akan digabungkan ditahun berikutnya berdasarkan tingkat pertisipasinya.

Penjualan downstream dalam akuntansi adalah penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan. Penjualan ini disebut penjualan hulu karena berasal dari entitas induk yang memiliki hak kontrol. Penjualan hulu akan berpengaruh terhadap laba yang mampu dihasilkan perusahaan selama satu periode.

Penjualan upstream dalam perusahaan afiliasi adalah penjualan barang dagang dari anak perusahaan kepada induk perusahaan bertujuan mendapatkan bahan baku lebih murah. Penjualan upstream disebut penjualan hilir karena berasal dari entitas yang memiliki hak minoritas baik dengan metode equity atau metode cost.

Baca Juga: Pengertian Persekutuan Menurut Para Ahli

Contoh Transaksi Entitas Induk dan Entitas Anak dan Pembahasannya

Contoh transaksi entitas induk dan entitas anak persediaan dan jasa akan melaporkan total kekayaan bersih ketika penggabungan usaha. Merger, konsolidasi dan akuisisi saham merupakan salah satu cara agar entitas dapat melakukan penggabungan usaha dengan metode pooling of interest atau metode purchase.

Contoh soal penjualan upstream dan penjualan downstream dalam perusahaan afiliasi harus diungkapkan dalam catatan atas laporan posisi keuangan. Kapan laba belum teralisasi dapat diakui oleh anak perusahaan yaitu ketika entitas mau melaporkan pajak penghasilan badan setiap tahunnya.

Contoh soal penjualan downstream dan upstream akuntansi keuangan lanjutan terjadi penjualan barang dagang oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan sebesar Rp 84.231.000. Harga jual produk yang disepakati adalah Rp 99.462.000 dengan hak kontrol 100%. Buatlah jurnal eliminasi untuk membuat kertas kerja berdasarkan transaksi entitas induk dan entitas anak?

Baca Juga: Contoh Pemilikan Tidak Langsung Terhadap Anak Perusahaan

Cara Membuat Jurnal Eliminasi Transaksi Antar Perusahaan Afiliasi

Cara membuat jurnal eliminasi transaksi antar perusahaan afiliasi diperlukan sebagai dasar pengakuan persediaan dan laba ditahan yang sama. Laba belum terealiasi dapat diakui perusahaan setelah terjadinya tambahan manfaat ekonomis untuk keperluan pembayaran pajak tahunan badan usaha.

Penjualan barang dagangan oleh induk perusahaan kepada anak perusahaan harus dibuatkan jurnal eliminasi untuk laba ditahan dan persediaan barang dagang. Metode ekuitas dan metode biaya menjadi dasar untuk mengakui adanya penjualan upstream dan penjualan downstream dalam akuntansi keuangan lanjutan.

Mengapa transaksi antar perusahaan harus dieliminasi dalam kertas kerja konsolidasi berkaitan dengan pengaruh penggunaan prinsip kesatuan usaha dan berlangsungan usaha. Hak kontrol menjadi dasar untuk menghitung berapakah laba yang harus dikoreksi dalam membuat jurnal eliminasi antar perusahaana afiliasi.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
05/08/2022Laba ditahan CV Supervisor Accounting Rp 15.231.000
Persediaan Barang CV Staff Accounting Rp 15.231.000
(Laba yang diakui sebesar Rp 99.462.000 - Rp 84.231.000)

Baca Juga: Apa itu Hak Kontrol dan Hak Minoritas?

Demikian contoh soal penjualan upstrem dan downstream dalam akuntansi keuangan lanjutan untuk membuat jurnal eliminasi dari kertas kerja konsolidasi. Transaksi penjualan hulu dan penjualan hilir diperbolehkan untuk mengakui adanya keterbatasan akses saham komulatif dan saham partisipatif.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penjualan Upstream dan Penjualan Downstream dan Jurnal Eliminasinya"