Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penerimaan Sekutu Baru Metode Goodwill dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal penerimaan sekutu baru dan jawabannya menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan yang berfungsi mempertanggungjawabkan setoran modal sekutu. Masuknya anggota sekutu baru berakibat pada perubahan persentase pembagian laba rugi karena jumlah setoran modal tidak sesuai akta pendiriannya.

Masuknya anggota baru dalam persekutuan akan meningkatkan jumlah laba ditahan ketika entitas mampu memanfaatkannya. Metode goodwill adalah cara yang digunakan untuk mengakui nilai lebih seorang sekutu dalam satuan rupiah menggunakan akun goodwill. Goodwill termasuk aktiva dalam laporan posisi keuangan.

Bagaimana metode penentuan besarnya nilai investasi pada persekutuan ditentukan berdasarkan setoran modal yang dimiliki para sekutu. Akuntansi pendirian firma dilakukan sebagai upaya entitas memperpanjang keberlangsungan usaha dengan menggunakan basis kas dan basis akrual dalam laporan keuangannya.

Contoh Soal Penerimaan Sekutu Baru Metode Goodwill dan Jawabannya

Masuknya Anggota Baru dalam Persekutuan

Masuknya anggota baru dalam persekutuan akan menambah jumlah setoran modal dan keuntungan ketika menjalankan operasionalnya. Bagaimana akuntansi pembagian modal pada saat likuidasi perusahaan persekutuan yaitu ditentukan berdasarkan program kas atau prioritas pembayaran kas kepada pihak eksternal.

Masuknya anggota sekutu berakibat pada pembubaran firma dikarenakan sudah tidak sesuai akta pendirian. Setoran modal sekutu dapat membeli hak sekutu lama, menambah jumlah setoran modal atau alokasi keuangan selama tahun berjalan. Goodwill termasuk akun aktiva dalam neraca saldo perusahaan manufaktur.

Prosedur masuknya anggota sekutu baru harus memiliki nilai lebih seperti ketenaran nama dan keahlian tertentu untuk membantu membangun perusahaan. Anggota persekutuan disebut sekutu yang terdiri dari sekutu pasif dan sekutu aktif. Sekut pasif adalah sekutu yang menginvestasikan dana tanpa membantu operasionalnya.

Baca Juga: Pengertian Asersi Manajemen dan Contoh Penerapannya

Contoh Soal Penerimaan Anggota Sekutu Baru dan Jawabannya

Contoh soal penerimaan anggota sekutu baru dan jawabannya dilangsungkan karena entitas harus dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Seluruh aktivitas bisnis harus diolah berdasarkan karakteristik firma. Mutual agency artinya masing-masing sekutu mewakili sekutu lain dalam bertransaksi.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan menjadi pertimbangan dalam membentuk usaha baru. Persekutuan adalah gabungan usaha antar pemilik modal yang telah menyetorkan kas dan setara kas sesuai kebijakan modal awal di perusahaan. Setoran modal awal dapat diakui sebesar nilai nominalnya.

Contoh soal penerimaan anggota sekutu baru terjadi ketika masraffi bergabung ke firma CV Staff Accounting dengan setoran modal sebesar Rp 85.000.000 yang diakui sebesar 30% dari total modal para sekutu. Jumlah modal sekutu yang sudah bergabung adalah Rp 481.000.000. Berapakah nilai goodwill dan bonus yang diakui?

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Akuntansi Ijarah dan Jawabannya

Cara Menghitung Goodwill Bagi Sekutu Baru dan Sekutu Lama

Cara menghitung goodwill bagi sekutu baru dan sekutu lama berperan sebagai dasar mutasi modal sekutu dalam menjalankan bisnisnya. Keuntungan adalah penentu keberlangsungan usaha sebuah bisnis. Ketika firma mengalami kerugian maka akuntansi pembubaran persekutuan akan dipergunakan.

Pada saat pembentukan partnership aset yang diinvestasikan masing-masing sekutu dicatat berdasarkan persentase pembagian laba rugi. Mutasi modal dipergunakan untuk menentukan arus kas keluar masuk dalam membiayai kegiatan operasional perusahaan. Modal adalah kekayaan sekutu untuk membiayai bisnisnya.

Jurnal masuknya anggota sekutu baru metode goodwill dan bonus harus diselenggarakan karena adanya transaksi aliran kas masuk dan keluar. Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan dapat dijawab menggunakan cara menghitung goodwill bagi sekutu baru dan sekutu lama sebagai berikut:

Modal Sekutu Baru Rp 169.800.000
Investasi diakui sebesar 30%
Total Modal Sekutu Baru Rp 566.000.000
Total Modal Sebelum Sekutu Baru Rp 481.000.000
Kenaikan Modal Sekutu Rp 85.000.000
Jumlah Setoran Sekutu Baru Rp 85.000.000
Goodwill Rp -

Baca Juga: Contoh Soal dan Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa

Demikian contoh soal penerimaan sekutu baru metode goodwill dalam persekutuan akuntansi keuangan lanjutan. Pembagian laba rugi firma menjadi prioritas ketika sebuah perusahaan ingin berkembang dan memiliki investor yang berorientasi mendatangkan keuntungan bagi perusahaaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penerimaan Sekutu Baru Metode Goodwill dan Jawabannya"