Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Import Ekspor PPN dari Accurate ke Aplikasi E-faktur PPn

Konten [Tampil]

Cara import dan ekspor ppn dari accurate ke aplikasi e-faktur ppn dilaksanakan untuk mempermudah proses input data pajak pertambahan nilai. PPN masukan dan ppn keluaran menjadi bukti transaksi atas pemungutan pajak ketika terjadi pembelian dan penjualan barang oleh pengusaha kena pajak periode berjalan.

Menu efaktur di accurate berfungsi melakukan perhitungan ppn keluaran dan ppn masukan yang berguna dalam pelaporan spt masa pajak. Nomor seri faktur pajak didapatkan dari aplikasi e-nofa atau elektronik nomor seri faktur pajak yang dapat diakses dengan menggunakan sertifikat digital yang dikeluarkan oleh dirjen pajak.

Bagaimana cara impor dan ekspor ppn dari aplikasi accurate ke aplikasi e-faktur ppn bergantung pada kebutuhan perusahaan. Langkah-langkah input faktur pajak diawali dengan adanya bukti penyerahan barang kena pajak dan jasa kena pajak oleh perussahaan kepada pelanggan dan supplier sesuai kontrak kerjasama.

Cara Import Ekspor PPN dari Accurate ke Aplikasi E-faktur PPn

Cara Menghubungkan atau Mengaktifkan E-faktur di Aplikasi Accurate Online

Cara menghubungkan efaktur di accurate online merupakan tindakan perusahaan mengaktifkan fitur pemungutan pajak pertambahan nilai atas barang dan jasa kena pajak. Perusahaan wajib melakukan pemungutan ketika sudah berstatus sebagai pengusaha kena pajak yang memiliki omzet di atas 4,8 miliar per tahun.

Cara mengaktifkan e-faktur di aplikasi accurate online berperan sebagai dasar perhitungan pajak pertambahan nilai. Fitur yang digunakan untuk melihat barang dan jasa adalah menu persediaan. Logo perusahaan terdapat pada menu preferensi di aplikasi accurate dekstop versi 5 dan versi 4 bergantung lisensi perusahaan.

Langkah-langkah menambah barang baru di accurate dapat memiliki beberapa satuan. Hal-hal yag dapat dilakukan dengan menggunakan software accurate diantaranya input transaksi penjualan dan pembelian barang atau aktiva tetap, input persediaan barang dan mutasi arus kas masuk dan keluar.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang

Cara Impor PPN di Accurate Dekstop ke Efaktur PPn

Cara impor ppn di accurate dekstop dan online ke efaktur ppn merupakan langkah yang dilakukan akuntan dalam rangka mempermudah proses input data faktur pajak. Faktur pajak merupakan bukti transaksi atas pemungutan pajak pertambahan nilai yang diterbitkan oleh penjual barang dan jasa kena pajak.

Langkah-langkah impor pajak pertambahan nilai dari accurate ke efaktur ppn akan menghasilkan file csv. Cara menggunakan software accurate dekstop pada awal transaksi adalah input data penjualan barang sampai proses pembuatan faktur pajak penjualan yang dilaporkan setiap akhir bulan selanjutnya.

Cara impor ppn di accurate online dan accurate dekstop versi 5 diperlukan bagi akuntan ketika transaksi penjualan perusahaan banyak. Menu e-faktur di accurate berfungsi melakukan perhitungan pajak masukan dan pajak keluaran yang diperolehan perusahaan. Adapun langkah-langkah impor ppn pada accurate adalah

  1. Pastikan setting region & language sudah berada di Negara Indonesia
  2. Dilanjutkan dengan mengisi nomor seri faktur pajak dan kode pajak accurate pada menu list
  3. Isi penjualan dan pembelian yang terkena pajak pertambahan nilai
  4. Masuk ke menu E-faktur dan centang faktur pajak yang ingin diambil
  5. Dilanjutkan klik menu ekspor e-faktur > pajak keluaran
  6. Pilih lokasi tempat penyimpanan file csv.

Baca Juga: Cara Input Barang dan Jasa Baru di Accurate

Cara Ekspor PPn di E-Faktur Pajak dari Aplikasi Accurate Dekstop

Cara ekspor ppn di e-faktur pajak dari aplikasi accurate dekstop versi 5 bertujuan agar proses perhitungan pemungutan pajak pertambahan nilai sejalan dengan pengakuan perusahaan. Fitur yang digunakan untuk melihat barang dan jasa adalah menu persediaan yang dikategorikan sesuai jenis barang perusahaan.

Bagaimana cara ekspor ppn di e-faktur pajak dari accurate 5 diperuntukkan bagi akuntan yang memiliki banyak transaksi. Informasi awal pelanggan dan pemasok menjadi dasar bagi akuntan untuk menginput faktur pajak keluaran dan pajak masukan agar dapat disetorkan jumlah kurang dibayar di akhir periode.

Langkah-langkah ekspor ppn dari accurate 5 ke aplikasi e-faktur pajak pertambahan nilai berguna agar entitas dapat mempertimbangkan kebijakan akuntansi yang dapat diterapkan di perusahaan. Hal-hal yang dapat dilakukan pada softwarte accurate adalah melaporkan transaksi keuangan perusahaan.

Adapun cara ekspor ppn di accurate sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi e-faktur dan pilih database perusahaan anda
  2. Dilanjutkan dengan login menggunakan user administrator
  3. Kemudian, masuk ke menu faktur pajak keluaran > Ekspor faktur pajak
  4. Pilih file csv yang telah didapatkan dari program accurate
  5. Kemudian tunggu proses impor ppn yang berhasil

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi

Demikian cara impor ekspor ppn dari accurate ke aplikasi e-faktur ppn untuk mengalokasikan informasi pemungutan dan pemotongan pajak pertambahan nilai dari lawan transaksi. Batas maksimal pelaporan spt masa ppn adalah akhir bulan selanjutnya, apabila terjadi keterlambatan akan dikenakan sanksi administasi perpajakan.

Posting Komentar untuk "Cara Import Ekspor PPN dari Accurate ke Aplikasi E-faktur PPn"