Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang dalam Myob

Konten [Tampil]

Langkah-langkah membuat buku besar pembantu piutang dan hutang dalam myob menjadi fitur untuk menentukan kualitas kredit dari para pelanggan. Cara memasukkan daftar pelanggan dan pemasok menjadi hal penting sebagai alat pengenalan lawan transaksi dan pihak yang berkomunikasi dengan perusahaan.

Cara mengisi saldo awal buku besar pembantu piutang, hutang dan persediaan barang dagang di myob menjadi prioritas perusahaan untuk menentukan jadwal penagihannya. Modul yang digunakan untuk membuat kartu pelanggan dan pemasok harus dimengerti terutama dalam easy setup assistant.

Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah membuat buku besar pembantu hutang, piutang dan persediaan barang di myob menjadi prioritas karena mempengaruhi saldo awal perusahaan. Fitur untuk memasukkan nama pelanggan adalah customer card. Fitur untuk memasukkan nama pemasok adalah supplier balance.

Langkah-Langkah Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang dalam Myob

Cara Membuat Data Customer dan Supplier pada Myob

Cara membuat data customer dan supplier pada myob berorientasi pada proses penjadwalan pembayaran dan penagihan piutang yang jatuh tempo. Piutang tak tertagih berakibat pada berkurangnya arus kas masuk dan perusahaan akan mengalami kesulitan keuangan untuk meneruskan kebijakan akuntansinya.

Cara mengisi kartu pelanggan dan pemasok di myob secara accurate terutama pada aplikasi zahir dan beeaccounting berperan sebagai alat pengenalan awal lawan transaksi. Lawan transaksi yang berstatus sebagai pengusaha kena pajak akan meminta faktur pajak penjualan dan pembelian setiap kali jualbeli terjadi.

Cara membuat data pemasok dan pelangga dalam myob accounting harus dilaksanakan guna menghindari adanya komunikasi yang kurang tepat. Fitur untuk memasukkan nama pelanggan disebut customer card. Fitur yang digunakan untuk memasukkan nama pemasok disebut customer card dan terdapat pada modul list.

Baca Juga: Cara Mengentri Jurnal Penutup dan Jurnal Pembalik di Myob Accounting

Cara Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dalam Myob Accounting

Cara membuat buku besar pembantu piutang dalam myob accounting harus mengupayakan agar entitas memperoleh jaminan ketepatan informasi tentang lawan transaksi. Buku besar pembantu piutang berperan sebagai dasar pemberian kebijakan penjualan kredit ketika pelanggan mampu memiliki kualitas pembayaran yang baik.

Langkah-langkah membuat buku besar pembantu piutang dalam myob accounting bertujuan agar saldo awal piutang pelanggan tetap dapat ditagihkan walaupun perusahaan berganti database. Modul myob yang digunakan untuk membuat buku besar pembantu adalah customer balance dan supplier balance.

Cara mengisi buku besar pembantu piutang dalam program komputer akuntansi myob dan accurate memiliki kesamaan informasi. Buku pembantu piutang diisi berdasarkan mutasi penjualan kepada pelanggan dan pembayaran yang telah dilaksanakan berdasarkan invoice yang telah jatuh tempo.

Adapun cara membuat buku besar pembantu piutang adalah

  1. Pastikan kartu pelanggan telah dibuat oleh perusahaan
  2. Login ke aplikasi myob versi 18 atau terbarunya
  3. Masuklah ke modul Setup dan pilih menu Balance.
  4. Pilih menu customer balance.
  5. Isilah nama pelanggan, termin pembayaran di myob, total saldo awal customer.
  6. Buku besar pembantu piutang harus sama dengan saldo awal neraca saldo.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Saham Treasury dan Pembahasannya

Langkah-Langkah Membuat Buku Besar Pembantu Hutang dalam Myob

Langkah-langkah membuat buku besar pembantu hutang dalam myob menjadi fasilitas bagi perusahaan untuk menjadwalkan pembayaran kepada para pemasok. Kartu pemasok berfungsi memberikan informasi tentang rekening pembayaran, faktur pajak pembelian dan alamat korespondensinya.

Cara mengisi buku besar pembantu hutang dagang perusahaan bertujuan agar entitas memberikan kesan baik ketika mengajukan pembelian kredit. Pembelian kredit adalah proses penerimaan barang dagang terlebih dahulu sebelum terjadinya penagihan transaksi sesuai termin pembayaran yang telah disepakati.

Langkah-langkah membuat buku besar pembantu hutang dalam accurate dan myob menjadi fasilitas utama yang harus terisi sebelum menjalankan transaksi. Format buku pembantu piutang harus berisikan mutasi hutang para pelanggan. Modul untuk input data hutang kepada pemasok adalah supplier balance.

Adapun cara mengisi buku besar pembantu hutang dagang dalam myob adalah

  1. Pastikan kartu pemasok telah dibuat oleh perusahaan
  2. Login ke aplikasi myob versi 18 atau terbarunya
  3. Masuklah ke modul Setup dan pilih menu Balance.
  4. Pilih menu supplier balance.
  5. Isilah nama pelanggan, termin pembayaran di myob, total saldo awal supplier.
  6. Buku besar pembantu hutang harus sama dengan saldo awal neraca saldo.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Nama Pelanggan dan Pemasok dalam Myob

Demikian langkah-langkah membuat buku besar pembantu piutang dan hutang dalam myob accounting secara accurate sesuai program komputer akuntansi zahir accounting. Bagi kalian yang memerlukan lisensi accurate, zahir dan myob versi terbaru dapat menghubungi kami melalui kontak kami ya.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang dalam Myob"