Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal umum dari bukti transaksi perusahaan dagang dan jasa memerlukan bantuan sistem informasi akuntansi. Jurnal umum adalah proses pencatatan perusahaan pertama kali dengan mengadakan analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi yang berterima umum.

Contoh soal analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi akan diselenggarakan ketika entitas mendapatkan bukti transaksi. Siklus akuntansi adalah proses pembuatan laporan posisi keuangan yang menggunakan sistem pembukuan berganda ketika selesai pelaporan perpajakan yang ada.

Langkah-langkah membuat jurnal umum perusahaan dagang dan jasa akan melibatkan penggunaan akun riil dan akun nominal. 15 Transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya menjadi materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan lanjutan sebagai proses alokasi sistem informasi akuntansi yang diterima.

Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi

Apa itu Jurnal Umum & Persamaan Dasar Akuntansi

Apa itu jurnal umum dalam pencatatan akuntansi? Pengertian jurnal adalah alat yang diperuntukkan mencatat transaksi sesuai bukti yang didapatkan secara kronologis sesuai jumlah debit dan kredit atas biaya perolehannya. Buku jurnal adalah buku catatan pertama atau dikenal dengan istilah book of original entry.

Pengertian persamaan dasar akuntansi adalah proses pengalokasikan akun nominal dan akun riial yang dikaitkan dengan bukti transaksi. Cara menentukan nama akun dalam jurnal harus mengikuti dan memahami karakterisik aktiva, liabilitas, ekuitas, pendapatan dan biaya selama satu periode akuntansi.

Perbedaan jurnal umum dan jurnal khusus terletak pada pengakuan penerimaan kas dan pengeluaran kas setiap periodenya. Jurnal umum berfungsi mencatat transaksi secara umum yang tidak melibatkan aliran kas masuk dan aliran kas keluar. Jurnal khusus diperuntukkan bagi transaksi berkaitan dengan piutang, hutang dan persediaan,

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Lajur

Contoh Soal Analisis Transaksi dan Pencatatan Persamaan Dasar Akuntansi

Contoh soal akuntansi transaksi dan pencatatan persamaan dasar akuntansi harus dapat diselenggarakan secara sistematis dan kronologis. Sifat-sifat akun nominal dan akun riil dalam laporan keuangan akan mempublikasikan setiap transaksi yang terjadi diperusahaan sesuai penggunaan kas dan setara kas.

Contoh soal persamaan dasar akuntansi perusahaan dagang dan jasa terjadi pada CV Staff Accounting yang mendapatkan penjualan barang senilai Rp 52.000.000. CV Staff Accounting menerima uang muka pembelian barang sebesar 40% dan sisa tagihan akan dibayarkan setelah satu bulan barang diterima.

Analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi menjadi langkah awal untuk menentukan akun riil dan akun nominal yang dipergunakan. Cara menentukan nama akun dalam jurnal didasarkan pada transaksi yang terjadi. Bagaimana cara membuat jurnal umum dari bukti transaksi perusahaan dagang tersebut?

Baca Juga: Cara Mengisi Saldo Awal Piutang dan Hutang di Myob Accounting

15 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum dan Jawabannya

15 transaksi contoh soal jurnal umum dan jawabannya diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin melaporkan informasi keuangan. Kode akun aktiva, liabilitas, ekuitas, earning dan expance harus didistribukasikan sesuai peruntukkannya agar wajib pajak mengetahui mekanisme pembayaran tagihannya.

Cara Menentukan Nama Akun dari Bukti Transaksi

Cara menentukan nama akun dari bukti transaksi akan melibatkan proses analisis laporan keuangan. Pengertian asersi manajemen merupakan pendapatan akuntan internal perusahaan berkaitan dengan proses alokasi dan asumsi akrual yang akan dicatat berdasarkan karakteristik informasi keuangan perusahaan.

Bagaimana cara menentukan nama akun dalam membuat jurnal umum? perusahaan dapat mengklasifikasikan transaksi berdasarkan pengalamannya dimasa lampau. Perumusan persamaan dasar akuntansi didasarkan pada kebijakan keuangan dan pembayaran tagihan di entitas tersebut.

Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Cara membuat jurnal umum perusahaan dagang dan jasa dimulai dari mempelajari persamaan dasar akuntansi. Jurnal umum merupakan buku pencatatan pertama kali setelah bukti transaksi didapatkan. Berdasarkan 15 contoh soal jurnal umum dan jawabannya dapat dilakukan analisis transaksi sebagai berikut:

  1. Uang muka pembelian dan kas akan bertambah
  2. Pada saat penyerahan barang, terjadi pengurangan persediaan barang dagang
  3. Pada saat penagihan akan terjadi penambahan piutang dan penjualan perusahaan

Bagaimana cara membuat jurnal umum perusahaan dagang dan jasa akan memudahkan proses alokasi informasi keuangan. Adapun ayat jurnal yang harus dibuat oleh perusahaan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/08/2022Kas Rp 22.880.000
Uang Muka Pembelian Rp 20.800.000
PPN Keluaran Rp 2.080.000
(Jurnal penerimaan uang muka pembelian)
10/08/2022Barang Dikirim Rp 41.600.000
Persediaan Barang Dagang Rp 41.600.000
(Jurnal pengiriman barang ke pelanggan)
12/08/2022Piutang Rp 34.320.000
Uang Muka Pembelian Rp 20.800.000
Penjualan Rp 52.000.000
PPN Keluaran Rp 3.120.000
(Jurnal penjualan barang dagang)

Baca Juga: Cara Posting ke Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang

Demikian cara membat jurnal umum dari bukti transaksi sesuai persamaan dasar akuntansi. Setelah proses jurnal umum, perusahaan harus melaksanakan posting ke buku besar. Buku besar adalah informasi mutasi setiap saldo laporan keuangan yang dibuat perusahaan sesuai kronologis waktunya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Jurnal Umum dari Bukti Transaksi"