Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Jurnal Pembelian dan Penjualan di Perusahaan Jasa dan Dagang

Konten [Tampil]

Cara membuat jurnal pembelian dan penjualan di perusahaan jasa dan dagang merupakan aktivitas utama yang dijalankan dalam rangka memenuhi konsep keberlangsungan usaha. Jurnal umum merupakan pencatatan pertama kali perusahaan setelah mendapatkan bukti transaksi dari pelanggan atau pemasok.

Contoh soal jurnal umum dan jawabannya dapat terjadi selama 1 bulan di perusahaan dagang. Persamaan dasar akuntansi diawali dengan adanya setoran modal awal perusahaan, transaksi pembelian dan penjualan barang, aktivitas pengambilan harta pribadi dan pembayaran biaya non operasional.

15 transaksi contoh soal jurnal umum perusahaan dagang dan jasa memuat informasi tentang keberlangsungan usaha dan akrual basis. Prinsip akuntansi berterima umum wajib dijalankan agar informasi pembebanan biaya dan informasi keuangan dapat dijalankan sesuai aturan yang ditetapkan.

Cara Membuat Jurnal Pembelian dan Penjualan di Perusahaan Jasa dan Dagang

Apa itu Jurnal Penjualan dan Jurnal Pembelian

Jurnal penjualan merupakan jurnal yang diperuntukkan mencatat transaksi penjualan tunai, penjualan cicilan, retur dan diskon penjualan. Jurnal ini berfungsi menyusun informasi keuangan berdasarkan catatan pihak marketing tentang target penjualan yang harus dicapai oleh masing-masing divisi setiap periodenya.

Jurnal pembelian merupakan jurnal yang diperuntukkan mencatat transaksi pembelian secara kredit dan tunai, retur dan potongan harga yang didapatkan dari pemasok. Daftar nama supplier dan nama pelanggan menjadi dasar bagi perusahaan melakukan konfirmasi saldo piutang dan hutang pada saat audit laporan keuangan.

Perbedaan jurnal pembelian dan jurnal penjualan terletak pada aktivitas bisnis yang harus dijalani perusahaan. Termin pembayaran merupakan jangka waktu yang disepakati untuk dilaksakannya pembayaran atas barang yang telah dikirimkan dari gudang penjual menuju ke gudang pembeli sesuai perjanjian kerja.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Buku Besar Pembantu Piutang dan Hutang

Contoh Soal Jurnal Penjualan dan Jurnal Pembelian Perusahaan Dagang dan Jasa

Contoh soal jurnal penjualan dan jurnal pembelian perusahaan dagang dan jasa diperuntukkan bagi entitas yang ingin melaporkan setiap aktivitas bisnis perusahaan. Pembelian dan penjualan tidak perlu di masukkan ke dalam transaksi jurnal umum. Jurnal khusus akan mengkategorikan aktivitas bisnis perusahaan.

Contoh transaksi perusahaan dagang selama satu bulan menjadikan entitas dapat membuat jurnal umum yang diperlukan. Jurnal khusus terdiri dari 4 macam diantaranya jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal pembelian dan jurnal penjualan yang membantu aktivitas operasional perusahaan tersebut.

Contoh soal jurnal penjualan perusahaan dagang terjadi pada CV Staff Accounting yang menerima pesanan senilai Rp 156.820.000. CV Staff Accounting mewajibkan pelanggan membayarkan uang muka penjualan sebesar 40% sebelum pengiriman barang. Bagaimana cara membuat jurnal umum perusahaan dagang tersebut?

Baca Juga: Cara Input Barang dan Jasa Baru di Accurate

Contoh Transaksi Perusahaan Dagang Selama Satu Bulan

Contoh transaksi perusahaan dagang selama satu bulan diawali dengan adanya penyetoran modal pemegang saham sesuai akta pendirian yang disepakati. Jenis-jenis perusahaan diantaranya perusahaan dagang, jasa dan manufaktur yang dikelola oleh perseroan terbatas, persekutuan atau perusahaan perseorangan.

Transaksi apa saja yang ada diperusahaan dagang dan jasa akan melibatkan penggunaan akun nominal dan akun riil. Bagaimana cara membuat jurnal umum dari bukti transaksi diawali dengan adanya proses analisis transaksi dan pencatatan dalam persamaan dasar akuntansi mengikuti sistem pembukuan berganda.

Langkah-langkah membuat jurnal umum perusahaan dagang dan jasa harus diikuti agar entitas dapat mengalokasikan informasi keuangannya. Analisis transaksi penjualan mengakibatkan kas dan harga pokok penjualan bertambah di sisi debit, penjualan dan pajak pertambahan nilai bertambah disisi kredit.

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/08/2022Cash Rp 69.000.800
Payment Advice Rp 62.728.000
VAT Out Rp 6.272.800
(Receipt Down Payment Journal)
06/08/2022Good Sending Rp 86.251.000
Finish Goods Rp 86.251.000
(Sending order to Customer)
25/09/2022Cash Rp 103.501.200
Payment Advice Rp 62.728.000
Cost of Good Sales Rp 86.251.000
Sales Rp 156.820.000
VAT Out Rp 9.409.200
Good Sending Rp 86.251.000
(Sales Journal)

Baca Juga: Cara Menyusun Jurnal Khusus dan Posting ke Buku Besar

Demikian cara membuat jurnal pembelian dan penjualan di perusahaan jasa dan dagang mengikuti kebijakan dan prinsip akuntansi berterima umum. Bedanya jurnal umum dan jurnal khusus terletak pada sering dan tidaknya aktivitas transaksi dilaksanakan setiap kali operasional perusahaan dijalankan.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Jurnal Pembelian dan Penjualan di Perusahaan Jasa dan Dagang"