Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Loundry dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan jawabannya menjadi pembahasan materi akuntansi pengantar. Pengertian jurnal penyesuaian adalah pencatatan atas transaksi perusahaan berdasarkan akrual basis sehingga laporan keuangan akan mencerminkan kondisi keuangan perusahaan sebagaimana mestinya.

Cara membuat jurnal penyesuaian terdiri dari pendapatan dan beban dibayar dimuka, pendapatan yang masih harus diterima dan beban yang harus dibayar. Penyusutan aktiva tetap dan aktiva tak berwujud dilaksanakan berdasarkan ketentuan umum perpajakan mengenai umur manfaat sesuai kategori aset tersebut.

Contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian perusahaan dagang dilaksanakan setiap periodenya untuk memaksimalkan pemungutan pajak penghasilan badan. Saldo akhir buku besar menjadi dasar dalam pembuatan laporan laba rugi dan neraca saldo sesuai kegiatan utama perusahaan yaitu berdagang dan berjualan jasa.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Loundry dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian & Cara Membuat Adjustment Journal

Contoh soal jurnal penyesuaian merupakan aktivitas sebelum perusahaan membuat neraca lajur. Neraca lajur adalah informasi mengenai penggunaan akun nominal dan akun riil dalam laporan keuangan. Akun nominal adalah akun pendapatan dan biaya, akun riil adalah akun aktiva, liabilitas dan ekuitas perusahaan.

Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa dan Jawabannya

Soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan jawabannya dilaksanakan dengan memprioritaskan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan pembuatan jurnal penyesuaian adalah memaksimalkan informasi berkaitan dengan kondisi keuangan selama satu periode untuk pembebanan biaya produksi dan pemasaran.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa loundry dan salon harus didasarkan pada persamaan dasar akuntansi. Asersi manajemen adalah pendapat manajemen ketika terjadi pemberian bukti transaksi untuk dianalisis berdasarkan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan.

Soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan jawabannya akan membedakan antara akun deferal dan akun akrual. Akrual basis adalah sistem pencatatan yang tidak mempertimbangkan ada tidaknya penerimaan kas selama periode berjalan. CV Staff Accounting mendapatkan pinjaman sebesar Rp 55.160.000 dengan bunga 7% selama setahun? Buatlah jurnal pembebanan bunga yang masih harus dibayar?

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Kas Rp 55.160.000
Pinjaman Jangka Pendek Rp 55.160.000
(jurnal mencatat pinjaman)
TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2018Biaya yang masih harus dibayar Rp 321.767
Hutang Bunga Rp 321.767
(Jurnal mencatat bunga pinjaman)

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penutup dan Pembalik Perusahaan Dagang

Contoh Jurnal Penyesuaian Pendapatan Masih Harus Diterima

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan masih harus diterima menjadi aktivitas transaksi perusahaan jasa loundry. Pendapatan diakui ketika perusahaan mendapatkan informasi pengiriman barang dan pelaksanaan pemberian jasa kepada customer yang dapat diukur dengan handal.

Pendapatan masih harus diterima adalah penghasilan yang didapatkan dari aktivitas pemberian jasa kepada pelanggan dimasa lampau. Piutang tak tertagih adalah estimasi nilai piutang yang tidak mampu dibayarkan oleh pelanggan dan dapat dibuktikan dengan surat dari pengadilan negeri setempat.

Contoh soal jurnal penyesuaian pendapatan masih harus diterima dan jawabannya terjadi ketika CV Staff Accounting telah memberikan jasa kepada pelanggan senilai Rp 850.000.000. Langkah-langkah membuat jurnal penyesuaian atas transaksi piutang yang belum dicatat sebagai berikut:

01/12/2018Piutang Rp 850.000.000
Pendapatan Jasa Rp 850.000.000
(Jurnal penyelesaian pekerjaan

Baca Juga: Cara Menghitung Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Beban Dibayar Dimuka dan Jawabannya

Biaya dibayar dimuka adalah nilai yang harus dibayarkan perusahaan sebagai akibat pemakaian aset milik pihak ketiga. Contoh beban dibayar dimuka adalah premi asuransi, pemakaian sewa kendaraan dan bangunan, pembayaran pajak penghasilan pasal 21, 22 dan 23 yang dilaporkan setiap akhir periode.

Contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa loundry dan jawabannya harus dilaksanakan dengan dasar akrual. Kelompok deferral dan kelompok akrual bertujuan untuk mengakui penerimaan kas dan pengeluaran kas selama satu periode berjalannya kegiatan operasional perusahaan jasa atau dagang.

Contoh soal jurnal penyesuaian beban dibayar dimuka terjadi ketika CV Staff Accounting membayarkan premi asuransi sebesar Rp 88.230.000 selama 23 bulan. Langkah-langkah membuat jurnal umum atas penyesuaian transaksi pemakaian asuransi selama 4 bulan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2018Asuransi dibayar dimuka Rp 88.230.000
Kas Rp 88.230.000
(Jurnal pembayaran asuransi
31/12/2018Beban Asuransi Rp 15.344.348
Asuransi dibayar dimuka Rp 15.344.348
(Jurnal pengakuan pemakaian asuransi

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan dari Neraca Lajur

Demikian contoh soal jurnal penyesuaian perusahaan jasa salon dan loundry dalam materi akuntansi pengantar. Soal essay dan pilihan ganda dapat diterapkan ketika perusahaan membuat jurnal penyesuaian dari neraca saldo dan neraca lajur yang telah dipersiapkan sebelum pemeriksaan laporan keuangan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Loundry dan Jawabannya"