Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal dan Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa

Konten [Tampil]

Contoh soal dan cara menghitung agio dan disagio saham biasa dan preferen berguna untuk menentukan tingkat pertanggungjawaban setoran modal pemegang saham. Pengertian saham menurut para ahli adalah bukti penyertaan modal dalam bentuk kas, setara kas, aktiva tetap bahkan pinjaman kepada perusahaan.

Contoh soal dividen saham, saham preferen dan saham biasa, ekuitas dan laba ditahan perlu dipertimbangkan dalam materi manajemen keuangan. Struktur modal perusahaan yang baik harus dapat mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk mengalokasikan keuangannya selama tahun berjalan.

Cara menghitung dan perbedaan saham biasa dan saham preferen akan menghasilkan saham yang dibeli kembali atau treasury stock. Kapitalisasi agio saham artinya penjumlahan seluruh pendapatan perusahaan dari aktivitas kenaikan dan penurunan harga jual saham dibawah dan diatas nilai pari atau nilai nominal tercantum.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa

Pengertian dan Perbedaan Saham Preferen dan Saham Biasa

Pengertian saham preferen adalah bukti penyertaan modal yang diberikan oleh para pendiri perusahaan ketika awal didirikannya. Pengertian saham biasa adalah saham yang diperdagangkan di pasar modal dimana masyarakat umum dapat memilikinya untuk kegiatan operasionalnya selama tahun berjalan.

Perbedaan saham preferen dan saham biasa terletak pada kewajiban memotong pajak penghasilan final berupa pph pasal 4 ayat 2. Penjualan saham preferen melalui pasar modal akan dipotongkan pajak sebesar 0.6% dari hpp. Penjualan saham biasa melalui pasar modal akan dipotongkan pajak sebesar 0,1% dari harga penjualan.

Contoh soal dan jawaban saham biasa dan saham preferen menjadi materi akuntansi keuangan menengah tentang laba ditahan dan modal saham. Struktur modal adalah keseluruhan modal yang didapatkan perusahaan yang berasal dari liabilitas pihak ketiga atau setoran ekuitas para pemegang saham sesuai akta pendirian.

Baca Juga: Contoh Soal Laba Per Lembar Saham dan Nilai Buku Per Lembar Saham

Contoh Soal Agio dan Disagio Saham dan Jawabannya

Contoh soal agio dan disagio saham dapat terjadi pada saat penjualan saham treasury dan penerbitan saham baru. Perusahaan yang mau menjual saham ke masyarakat dalam rangka go public harus mendapatkan persetujuan dari underwriter yang bertugas untuk memperjualbelikan emisi efek di pasar modal.

Contoh soal penerbitan saham baru dengan kurs akan mengakibatkan adanya selisih nilai nominal dengan harga jual. Pemegang saham yang membeli saham diatas nilai pari mengakibatkan adanya agio saham. Investro saham yang membeli saham dibawah nilai pari mengakibatkan adanya disagio saham.

Contoh soal saham preferen dan saham biasa terjadi pada CV Staff Accounting yang menerbitkan saham baru dengan nilai pari sebesar Rp 47.690. CV Staff Accounting menjual saham sebanyak 1 lot dengan kurs 102 dan 97. Bagaimana jurnal penjualan saham untuk agio dan disagio tersebut?

Baca Juga: Macam-Macam Dividen Saham

Jurnal Pencatatan Agio dan Disagio Saham Biasa dan Preferen

Jurnal pencatatan agio dan disagio saham biasa dan preferen harus dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Keuntungan memiliki saham perusahaan adalah didapatkannya capital gain, dividen dan persentase hak kontrol perusahaan ketika entitas ingin merger atau konsolidasi dengan perusahaan lain.

Kapitalisasi agio saham adalah penjumlahan dari seluruh nilai lebih yang dikeluarkan entitas ketika menjalankan kegiatan operasionalnya. Penganggaran modal, kebijakan dividen, ekuitas dan laba ditahan harus dipertimbangkan dalam akta pendirian untuk mencegah penghindaran pajak penghasilan yang dilaporkan.

Jurnal Pencatatan Agio Saham Preferen dan Biasa

Ketika nilai nominal lebih kecil daripada harga jual yang diperdagangkan di pasar modal bagi pemegang saham maka perusahaan akan mengalami agio saham. Agio saham berhak dicantumkan pada laporan posisi keuangan sebagai tambahan setoran ekuitas selama periode waktu tertentu.

Jurnal pencatatan agio saham biasa dan preferen yang harus dibuat sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
08/05/2021Kas Rp 4.864.380
Modal Saham Rp 4.769.000
Agio Saham Rp 95.380
(Jurnal mencatat penjualan saham diatas nilai nominal)

Jurnal Pencatatan Disagio Saham Biasa dan Saham Preferen

Apabila harga jual saham lebih kecil daripada nilai pari maka entitas akan mengalami kerugian yang disebut disagio saham. Disagio saham adalah akun kontra dari agio saham. Pembagian dividen saham biasa dan preferen terdapat perbedaan secara kumulatif setiap laba ditahan yang diperoleh perusahaan.

Adapun jurnal pencatatan disagio saham yang harus dibuat oleh pembeli sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
15/07/2021Modal Saham Rp 4.625.930
Agio Saham Rp 95.380
Disagio Saham Rp 47.690
Kas Rp 4.769.000
(Jurnal mencatatan pembelian kembali saham dibawah nilai nominal)

Baca Juga: Contoh Laporan Biaya Kualitas dan Produktivitas

Demikian contoh soal dan cara menghitung agio dan disagio saham biasa yang menjadi tambahan setoran modal saham dan laba ditahan. Modal disetor, modal ditempatkan dan modal ditanam harus dicantumkan pada akta pendirian untuk mencegah terjadinya kesalahfahaman tentang setoran modal awal.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal dan Cara Menghitung Agio dan Disagio Saham Biasa"