Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Metode penghapusan piutang tak tertagih dan contoh soalnya diciptakan sebagai sarana perusahaan memperhitungan biaya atas tagihan yang tidak dapat dibayarkan pelanggan. Cadangan kerugian piutang dapat dibentuk untuk meminimalisir kesalahan perusahaan ketika mengakui sebuah biaya kena pajak.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan pembentukan cadangan kerugian piutang dilaksanakan sebagai upaya perusahaan mempublikasikan laporan keuangan. Piutang adalah aktiva perusahaan yang akan diberikan oleh customer sebagai akibat penyerahan barang kena pajak dimasa lampau.

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih terjadi ketika didapatkan informasi pelanggan tidak mampu melunasi tagihan yang dibuktikan dengan surat pengadilan. Penjualan kredit merupakan aktivitas perdagangan dimana barang diserahkan terlebih dahulu dalam jangka waktu pembayaran yang diinginkan.

Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Contoh Soal

Apa itu Metode Penghapusan Piutang Langsung dan Cadangan Kerugiannya

Metode penghapusan piutang langsung adalah metode pencatatan perusahaan dimana piutang akan dihapuskan secara langsung ketika mendapatkan informasi kegagalan pembayaran tagihan. Kebijakan penjualan kredit akan meningkatkan omzet perusahaan dan memiliki resiko tertundanya aliran kas masuk.

Beban kerugian piutang adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menanggulangi kebijakan pembayaran kredit. Metode penghapusan piutang tak tertagih dan contoh soalnya akan menerapkan sistem penghapusan piutang langsung dan pembentukan cadangan kerugian piutang sesuai tingkat penjualan kredit.

Metode langsung dikenal dengan istilah direct method merupakan cara perusahaan mengalokasikan kegagalan pembayaran pelanggan sesuai tingkat keuntungannya. Beban kerugian piutang terlalu rendah menandakan perusahaan memiliki kebijakan penjualan kredit yang selektif ketika meminta penjualan barang kepada pelanggannya.

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi 3 Departemen dan Jawabannya

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Tidak Langsung

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung diperuntukkan bagi setiap jenis perusahaan. Lembaga keuangan menjadi instansi yang mengalami kegagalan pembayaran kredit dari pelanggan. Penjualan kredit adalah penjualan barang dimana pembayaran akan ditentukan sesuai termin jatuh temponya.

Piutang diakui ketika perusahaan mendapatkan kepastian tentang pendapatan yang diterima masa mendatang. Perbandingan antara pendapatan dan beban dikenal dengan prinsip matching cost againt revenue dimana penghasilan harus dibandingkan sejalan dengan beban yang telah dipergunakannya.

Contoh soal piutang tak tertagih metode langsung dan jawabannya terjadi pada CV Staff Accounting yang mendapatkan informasi kegagalan pembayaran dari customer sebesar Rp 8.500.000. Bagaimana cara membuat jurnal metode penghapusan piutang secara langsung sesuai kebijakan akuntansinya?

Baca Juga: Perbedaan Cadangan Kerugian Piutang dari Persentase Piutang Dagang dan Penjualan Kredit

Kelemahan Penghapusan Piutang dengan Metode Langsung

Kelemahan penghapusan piutang dengan metode langsung adalah mengurangi pemanfaatan kegiatan pembukuan perusahaan. Tujuan penjualan kredit adalah meningkatkan omzet perusahaan atas barang yang diberikan kepada pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan berbagai macam customer.

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berdampak pada informasi keuangan perusahaan. Piutang menjadi bagian dari aktiva lancar yang mengakibatkan adanya informasi kekayaan yang disampaikan kepada pengguna laporan posisi keuangan dan laba rugi.

Kelemahan penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dapat diatasi dengan pembentukan cadangan kerugian piutang. Beban kerugian piutang tidak dapat dijadikan sebagai deductible expance kecuali bagi lembaga keuangan. Adapun jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode langsung sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022Beban Kerugian Piutang Rp 8.500.000
Piutang Dagang Rp 8.500.000
(Jurnal penghapusan piutang langsung)

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Jurnal Penyesuaiannya

Demikian metode penghapusan piutang tak tertagih dan contoh soal pembuatan tabel cadangan kerugian piutang. Kelemahan metode langsung dapat diatasi dengan pembentukan cadangan kerugian piutang agar dapat memanfaatkan prinsip akuntansi yaitu dapat dibandingkan antar satu periode dengan yang lain.

Posting Komentar untuk "Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Contoh Soal"