Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Audit Tentang Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan

Konten [Tampil]

Pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan dan pergudangan dijalankan dalam rangka memperoleh kepastian tentang penerapan sistem pengendalian internal perusahaan. Kendala yang dialami auditor saat mengaudit persediaan hendaknya dijadikan bahan ketika memberikan management letter diakhir pekerjaan lapangan.

Contoh soal audit siklus persediaan dan pergudangan harus dapat mengalokasikan seluruh informasi keuangan selama periode berjalan. Prosedur analisis apa yang digunakan untuk mengaudit persediaan dan produksi adalah memeriksa sistem pembebanan biaya berdasarkan pesanan dan proses yang dilaksanakan.

Bagaimana cara auditor mengefektifkan waktu yang lama dalam mengaudit persediaan adalah membuat kertas kerja pemeriksaan. Bukti audit yang didapatkan dari pekerjaan lapangan hendaknya dibandingkan dengan kriteria audit yang diperlukan untuk menciptakan bukti transaksi yang valid dengan asersi manajemennya.

Pertanyaan Audit Tentang Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan

Pertanyaan Audit Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan

Pertanyaan audit pemeriksaan persediaan dan pergudangan diberikan kepada perusahaan dengan tujuan menguji kebenaran saldo yang dilaporkan. Persediaan merupakan aktiva lancar yang material terutama pada perusahaan manufaktur dan dagang ketika menjalankan kegiatan produksinya selama periode berjalan.

Subtantive test dan compliance test persediaan hendaknya dilakukan sebelum kertas kerja pemeriksaan dibuat. Management letter diberikan kepada perusahaan sebagai upaya menanggulangi kesalahan dalam penerapan sistem pengendalian internal yang mengakibatkan terjadinya kelemahan bukti transaksi yang diperoleh.

Pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan barang dagang menjadi prosedur audit dan tujuan pemeriksaan jangka pendek. Asersi manajemen tentang inventory adalah entitas akan melaporkan persediaan diantara biaya perolehan dengan nilai realiasi netto yang mungkin didapatkan ketika terjadi penjualan.

Baca Juga: Contoh Jurnal Penjualan dan Pembelian Perusahaan Jasa

Risiko Audit Siklus Persediaan Bahan Baku dan Barang Jadi

Risiko audit siklus persediaan bahan baku dan barang jadi didapatkan bagi perusahaan yang akan menjalankan kebijakan akuntansinya. Pengertian asersi manajemen adalah pendapat manajemen terhadap analisis bukti transaksi untuk menghasilkan laporan posisi keuangan dan laba ruginya.

Risiko audit persediaan adalah ketidakmampuan auditor mengetahui harga beli aset tertentu. Pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan dan pergudangan harus dijalankan sesuai standar operasional prosedur untuk menghindari adanya peningkatkan harga pokok penjualan barang dagang.

Kendala apa saja yang dihadapi auditor dalam mengaudit persediaan di gudang adalah waktu pencatatan dan perolehan bukti audit yang valid. Tujuan pemeriksaan persediaan adalah menyakinkan pengguna laporan keuangan tentang total nilai barang dagang dan bahan baku yang dimiliki perusahaan.

Baca Juga: Kendala Auditor dalam Mengaudit Persediaan

Contoh Soal Audit Pemeriksaan Persediaan dan Jawabannya

Contoh soal audit pemeriksaan persediaan dan jawabannya dilangsungkan ketika auditor selesai melaksanakan pekerjaan lapangan. Standar pekerjaan lapangan mewajibkan perusahaan memberikan informasi secara detail tentang jumlah barang yang dimilikinya sesuai harga beli dari para supplier.

Contoh soal audit persediaan terjadi pada PT Masraffi yang memiliki nilai persediaan tercatat sebesar Rp 458.026.590. Hasil pemerikana fisik auditor menunjukkan terdapat sebesar Rp 15.254.000 yang menjadi barang konsinyasi tetapi diakui perusahaan. Bagaimana cara mengaudit persediaan tersebut?

Contoh kasus audit pemeriksaan persediaan diawali dengan menentukan kebenaran saldo laporan keuangan. Persediaan diakui diantara nilai yang lebih kecil antara biaya perolehan dan nilai realisasi netto. Barang konsinyasi bukan menjadi bagian dari persediaan perusahaan. Adapun jurnal penyesuaian yang dapat dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Persediaan Barang Jadi Rp 15.254.000
Barang Konsinyasi Rp 15.254.000

Baca Juga: Contoh Soal Perlakuan Akuntansi Bahan Baku dan Bahan Penolong

Demikian pertanyaan audit tentang pemeriksaan persediaan barang dagang dan bahan baku digudang perusahaan manufaktur. Agar entitas dapat menjalankan kebijakan akuntansi secara akurat maka wajib melaporkan seluruh pencapaian kekayaan selama menjalankan kegiatan operasionalnya dalam waktu tertentu.

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Audit Tentang Pemeriksaan Persediaan dan Pergudangan"