Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan jawabannya menjadi informasi financial yang diterbitkan oleh lawan transaksi ketika menggunakan kas dan setara kas sebagai pinjaman jangka panjang. Obligasi adalah tanda bukti terjadinya pengelolaan kas dan setara kas untuk operasional perusahaannya.

Contoh soal penerbitan obligasi premium dan diskonto diberlakukan sebagai tambahan informasi keuangan yang diterima oleh lawan transaksi. Akuntansi keuangan menengah dan pengantar akuntansi akan membahas informasi tentang pencatatan transaksi jurnal umum dan jurnal khusus berdasarkan bukti transaksinya.

Investasi dalam sekuritas dan saham bertujuan agar kas yang dimiliki perusahaan dapat dioptimalkan dengan baik. Kapan obligasi dijual dengan diskonto atau premium didasarkan pada informasi keuangan seperti penawaran dan permintaan surat hutang berdasarkan tingkat bunga pasar dan bunga yang ditawarkan penerbit.

Contoh Soal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya

Mengapa Obligasi Dijual dengan Premium dan Diskonto

Mengapa obligasi dijual dengan premium dan diskonto dikarenakan adanya harga jual yang berbeda antara nilai nominal dan suku bunga yang ditawarkan. Investasi dalam sekuritas bertujuan perusahaan dapat mengoptimalkan pemilikan kas untuk menampung sementara investasi sebagai pendapatan lain-lain.

Pada saat kapan obligasi akan dijual dengan diskonto dan premium ketika entitas mendapatkan kepastian pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Jenis-jenis obligasi dan contohnya diberlakukan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihan yang jatuh tempo sebagai pendapatan bunga obligasi.

Mengapa obligasi dijual dengan premium dan diskonto karena menyesuaikan tingkat permintaan dan penawaran produk di gudang. Entitas dapat melaporkan sumber daya keuangannya sebagai imbal balik atas investasi dalam sekuritas yang dimiliki perusahaan untuk mengoptimalkan kondisi keuangan perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Contoh Soal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya

Contoh soal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan jawabannya dilaksanakan untuk mencegah terjadinya pemakaian kas dan setara kas tanpa adanya perintah dari pejabat perusahaan yang berwenang. Pertanyaan tentang obligasi hendaknya diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan.

Contoh soal penerbitan obligasi dengan premium dan diskonto memerlukan informasi perihal hak opsi. Convertible bonds adalah obligasi yang memberikan hak opsi bagi perusahaan untuk mengevaluasi kepemilikan kondisi perusahaan selama satu periode sesuai tujuan pembentukan persekutuan terbatas tersebut.

Contoh soal penjualan obligasi dimiliki hingga jatuh tempo terjadi ketika CV Staff Accounting menerbitkan surat hutang senilai Rp 142.000.000, bunga 8% dalam waktu 4 tahun. Apabila tingkat suku bunga pasar sebesar 10%. Berapakah harga jual obligasi yang diterima oleh CV Staff Accounting tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 atas Bunga Obligasi Berjangka

Cara Menghitung Harga Jual Obligasi dan Jawabannya

Cara menghitung harga jual obligasi ditentukan berdasarkan tingkat suku bunga pasar yang berlaku. Kewajiban bagi perusahaan memprioritaskan pengeluaran kas dan setara kas secara maksimal agar mendapatkan sumber daya keuangan sesuai biaya perolehan obligasi yang dimiliki dan diterbitkan entitas.

Jurnal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dapat membandingkan antara nilai bunga yang ditawarkan dengan tingkat suku bunga efektif. Maka, cara menghitung harga jual obligasi premium dan diskonto sebagai berikut:

PV Nilai Nominal = Rp 142,000.000 x (1/(1+10%)^4) Rp 96.987.911
PV Pembayaran Bunga = (Rp 142,000.000*8%) x ((1-(1+10%)^-4)/10%) Rp 36.009.671
Harga Jual Obligasi Rp 132.997.582

Jurnal penerbitan obligasi premium dan diskonto dapat dibuat agar entitas mencatat bukti transaksi penerimaan kas dari investasi dalam sekuritas. Akuntansi keuangan menengah mewajibkan perusahaan mengalokasikan seluruh informasi keuangan sebagai dasar pembayaran tagihan pokok hutang dan bunga yang jatuh tempo.

TanggalKeteranganDebitKredit
01/01/2022Kas Rp 132.997.582
Premi Obligasi Rp 9.002.418
Hutang Obligasi Rp 142.000.000
(Jurnal penerbitan Obligasi)
TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2022Beban Bunga Rp 13.299.758
Premi Obligasi Rp 1.939.758
Kas Rp 11.360.000
(Jurnal pembayaran bunga pertama)

Baca Juga: Contoh Soal Pengumuman dan Pembagian Dividen Saham

Demikian contoh soal obligasi dimiliki hingga jatuh tempo dan jawabannya yang menentukan nilai wajar atas surat hutang perusahaan. Tujuan pemerintah mengeluarkan obligasi adalah menyerap dana dari masyarakat untuk kepentingan bersama sebagai dana pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan umum.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Obligasi Dimiliki Hingga Jatuh Tempo dan Jawabannya"