Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jurnal Pengumuman Pembagian Dividen dan Pajaknya

Konten [Tampil]

Contoh jurnal pengumuman pembagian dividen dan pajaknya diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin menjalankan aktivitas bisnisnya. Modal saham dan laba ditahan menjadi tujuan pembentukan persekutuan agar pemegang saham atau para sekutu mendapatkan imbal balik atas investasi yang dilaksanakannya.

Cara melihat dividen di laporan keuangan dapat disesuaikan kemampuan perusahaan ketika menerapkan kebijakan akuntansinya. Pengertian dividen menurut para ahli adalah imbal balik atas pembelian saham biasa dan saham preferen dan pemilikan hak kontrol induk perusahaan terhadap anak perusahaannya.

Macam-macam dividen terdiri dari dividen tunai, dividen saham dan dividen properti keuangan. Pembagian dividen dikenakan pph pasal 4 ayat 2 bagi wajib pajak orang pribadi dan pph pasal 23 bagi wajib pajak badan. Bagaimana contoh soal pembagian dividen dan pengumuman daftar pemegang sahamnya.

Contoh Jurnal Pengumuman Pembagian Dividen dan Pajaknya

Cara Melihat Dividen di Laporan Posisi Keuangan

Cara melihat dividen di laporan posisi keuangan dapat melihat laporan perubahan ekuitas. Laporan ekuitas terdiri dari saldo ekuitas awal dikurangi rugi dan prive dan ditambahkan laba ditahun berjalan. Ekuitas adalah kekayaan yang disetorkan para pemegang saham ditambahkan kinerja keuangan selama periode berlangsung.

Cara melihat dividen di laporan posisi keuangan seharusnya menjadi dasar dalam menentukan tanggal pencatatan dan tanggal pembayaran. Jual saham saat ex date dividen berakibat pada tidak didapatkannya hak dividen oleh pemegang saham lama dan tidak harus membayarkan pph pasal 4 ayat 2 yang terutangnya.

Posisi dividen di neraca saldo terletak pada bagian ekuitas. Laba ditahan merupakan keuntungan yang belum dibagikan karena para sekutu telah sepakat untuk menggunakan keuntungan sebagai tambahan modal. Macam-macam dividen di laporan keuangan terdiri dari:

  1. Dividen saham
  2. Dividen tunai
  3. Dividen properti
  4. Dividen Kas
  5. Dividen obligasi

Baca Juga: Contoh Soal Perubahan Obligasi Menjadi Saham

Contoh Soal Pembagian Dividen Saham dan Jawabannya

Contoh soal pembagian dividen saham dan jawabannya berasal dari transaksi perusahaan yang mengalami kenaikan manfaat ekonomis. Penghasilan adalah tambahan kekayaan yang didapatkan dari aktivitas bisnis selama operasional berlangsung dengan tujuan menambah kekayaan bagi wajib pajak orang pribadinya.

Contoh soal pembagian dividen saham dan properti harus diungkapkan dalam catatan atas laporan posisi keuangan. Kas dan setara kas untuk membayarkan dividen saham berakibat pada jumlah laba per lembar saham yang didapatkan para sekutu sesuai tingkat persentase pemilikan persekutuan terbatasnya.

Contoh soal pembagian dividen saham terjadi ketika CV Staff Accounting berhasil mendapatkan laba ditahan sebesar Rp 750.000.000. CV Staff Accounting akan menerbitkan saham baru dengan nilai nominal Rp 50.000 dan nilai jual Rp 51.000. Berapakah nilai saham yang akan diterbitkan dan agio sahamnya?

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Metode Fifo Perpetual

Jurnal Pengumuman dan Jurnal Pembagian Dividen

Jurnal pengumuman dan jurnal pembagian dividen dapat diselenggarakan secara wajar sesuai petunjuk pemilikan persekutuan terbatas. Dividen tunai akan dibayarkan dalam bentuk uang kas yang ditransfer sesuai daftar nama pemegang saham sebelum tanggal pencatatan walaupun telah diperdagangkan pada tanggal pembayaran.

Jurnal pengumuman pembagian dividen dan pajaknya berkaitan dengan setoran pph pasal 4 ayat 2 yang berlaku di indonesia. Penghasilan adalah kekayaan yang dimiliki oleh wajib pajak orang pribadi dengan tujuan menambah kenikmatan kas dan setara kas ketika menjalankan kegiatan produksi atau perdagangan.

Contoh jurnal pengumuman pembagian dividen saham, dividen tunai dan dividen properti hendaknya menyesuaikan aturan perpajakan yang ada di indonesia. Kekayaan yang didistribusikan kepada wajib pajak orang pribadi berakibat pada tertundanya pembayaran pajak sesuai informasi kekayaan perusahaan

Adapun contoh jurnal pengumuman pembagian dividen saham dan pajaknya adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Laba Ditahan Rp 750.000.000
Saham akan diterbitkan Rp 735.294.118
Agio Saham Biasa Rp 14.705.882
(jurnal pengumuman pembagian dividen)
TanggalKeterangan Debit Kredit
31/05/2022Saham akan diterbitkan Rp 735.294.118
Saham Biasa Rp 735.294.118
(Jurnal pembagian dividen saham)

Baca Juga: Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran dan Jawabannya

Demikian contoh jurnal pengumuman pembagian dividen dan pajaknya dalam perhitungan harga pokok produksi. Kekayaan yang dimiliki oleh wajib pajak harus diungkapkan pada catatan atas laporan posisi keuangan untuk mencegah terjadinya pemakaian kas dan setara kas tanpa adanya otorisasi dari pejabat berwenang.

Posting Komentar untuk "Contoh Jurnal Pengumuman Pembagian Dividen dan Pajaknya"