Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Input Pembelian Aktiva Tetap Melalui Purchase Invoice di Accurate 5 dan Online

Konten [Tampil]

Cara input pembelian aktiva tetap melalui purchase invoice di accurate 5 dan online bertujuan agar perusahaan dapat memproses pembiayaan aset tetapnya. Aktiva adalah kekayaan yang digunakan entitas untuk membiayai operasional seperti aset lancar, aset tetap berwujud dan aset tetap tak berwujudnya.

Langkah-langkah input saldo awal akumulasi penyusutan aset tetap dapat dilaksanakan setelah entitas memproses informasi keuangannya. Aktiva tetap diperoleh entitas dengan cara memberikan kas, aktiva sejenis, liabilitas bahkan sebagian saham biasa perusahaan untuk membantu aktivitas produksinya.

Penyusutan aktiva tetap di accurate biasanya menggunakan metode garis lurus dan saldo menurun berganda. Nilai residu dapat ditetapkan untuk membantu entitas menaksir harga jual akhir periode yang didapatkan perusahaan untuk mengevaluasi aktivitas bisnisnya selama operasionalnya berjalan.

Cara Input Pembelian Aktiva Tetap Melalui Purchase Invoice di Accurate 5 dan Online

Cara Input Pembelian Aktiva Tetap di Accurate 5

Cara input pembelian aktiva tetap di accurate 5 merupakan kegiatan inventarisasi kekayaan perusahaan. Karakteristik utama aset tetap adalah memiliki nilai materialitas dan umur manfaat lebih dari satu periode akuntansi. Nilai buku, nilai residu dan nilai wajar merupakan informasi awal perihal penentuan biaya perolehan aset tersebut.

Bagaimana cara input pembelian aset tetap melalui purchase invoice di accurate 5 dan online dapat menjadi pedoman bagi entitas untuk mengupayakan kegiatan bisnisnya. Kelemahan software acccurate adalah tidak dapat dilakukan perubahan untuk menyesuaikan aktivitas bisnis sebab pada dasarnya merupakan aplikasi akuntansi.

Cara input pembelian aktiva tetap melalui purchase invoice di accurate 5 harus menentukan metode penyusutan, umur manfaat, tanggal penggunaan aktiva, akun beban dan akumulasi penyusutan bahkan sumber dana perolehan aset. Adapun cara memasukkan saldo awal aset tetap di accurate adalah

  1. Login ke Akun Accurate
  2. Pilih menu Aktiva Tetap > Aktiva Tetap Baru
  3. Isilah kolom keterangan, tanggal beli, tanggal keterangan dan kuantitas aset
  4. Tentukan metode penyusutan, akun beban dan akumulasi penyusutan, umur manfaat
  5. Siapkan metode perolehan aset tetap dan nilai residu akhir periode

Baca Juga: Cara Menambah, Mengedit dan Menghapus Akun di Accurate

Cara Mencatat Pembelian Aset Tetap Secara Kredit dan Tunai di Accurate Online

Cara mencatat pembelian aset tetap secara kredit dan tunai di accurate online dan accurate 5 dapat menjadi pedoman bagi entitas untuk menjalankan aktivitas bisnis. Upaya publikasi informasi keuangan diwajibkan agar entitas mendapatkan kepastian tentang jumlah tagihan yang jatuh tempo sesuai masa penggunaannya.

Cara mencatat pembelian aset tetap secara kredit dan tunai di accurate merupakan proses pemilihan sumber dana untuk menghasilkan biaya perolehan. Biaya perolehan aset tetap adalah seluruh kas dan setara kas yang dikorbankan perusahaan untuk mempersiapkan aset sampai siap dipergunakan diakhir periode.

Transaksi pembelian aktiva tetap dicatat melalui menu aset tetap. Fungsi menu aset tetap di accurate adalah mengalokasikan transaksi yang berhubungan dengan kendaraan, mesin bahkan bangunan perusahaan. Cara input saldo awal penyusutan aktiva tetap di accurate memerlukan informasi tanggal penggunaan untuk kegiatan produksi.

Baca Juga: Cara Memasukkan Saldo Awal Penyusutan Aktiva Tetap di Accurate

Cara Menghapus Aset Tetap di Accurate

Cara menghapus aset tetap di accurate merupakan prosedur penghentian pemakaian dan revaluasi aset tetap. Aktiva tetap dapat dihentikan pemakaiannya karena sudah tidak mendatangkan manfaat ekonomis dimasa mendatang serta mengeluarkan sejumlah biaya tertentu yang lebih besar daripada penghasilannya.

Ekstensi file dari program komputer akuntansi accurate adalah gdb. Menu dalam accurate jika ingin langsung ke persiapan singkat adalah persiapan > persiapan singkat. Cara input pembelian aktiva tetap melalui purchase invoice di accurate mengakibatkan adanya aliran kas dan perjanjian pemenuhan barang tertentu.

Cara menghapus aset tetap di accurate adalah tindakan auditor memerikan keterjadian penjualan barang tertentu. Setiap aset tetap harus dibuktikan dengan adanya bpkp, stnk bahkan sertifikat yang mendukung agar aktiva tetap dapat dilampirkan sewaktu membuat catatan atas laporan posisi keuangan.

Baca Juga: Metode Penyusutan Aset Tetap di Accurate

Demikian cara input pembelian aktiva tetap melalui purchase invoice di accurate 5 dan online dalam sistem informasi akuntansi. Aset pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan akan melibatkan adanya aliran kas dan setara kas yang harus dibayarkan atas penciptaan prosedur sistem pengendalian internal.

Posting Komentar untuk "Cara Input Pembelian Aktiva Tetap Melalui Purchase Invoice di Accurate 5 dan Online"