Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Modul Kas Bank di Accurate Desktop 5 dan Accurate Online

Konten [Tampil]

Cara menggunakan modul kas bank di accurate desktop 5 dan accurate online dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk melaksanakan aktivitas produksi. Kas adalah akun laporan keuangan yang berfungsi sebagai metode pembayaran atas barang dan jasa yang dipakai perusahaan dimasa lampau.

Cara mencatat penerimaan, pembayaran dan rekonsiliasi bank merupakan aktivitas menggunakan sumber daya modal perusahaan. Penerimaan kas dapat berasal dari pendapatan lain-lain seperti penghasilan dari limbah industri, hibah bahkan sumbangan dari pemerintah daerah untuk kemajuan industri perusahaan.

Bagaimana langkah-langkah mencatat pembayaran kas, penerimaan kas dan rekonsiliasi bank berdampak pada laporan keuangan perusahaan tersebut. Sistem pengendalian internal kas dapat memisahkan antara pihak yang menyiapkan tagihan dengan pihak yang menyetujui kegiatan pembayaran sesuai instruksi dari atasan.

Cara Menggunakan Modul Kas Bank di Accurate Desktop 5 dan Accurate Online

Cara Menggunakan Modul Kas Bank di Accurate

Cara menggunakan modul kas bank di accurate dapat menjadikan entitas bertanggungjawab terhadap kebijakan akuntansinya. Fitur kas bank bertujuan agar prosedur input data pendapatan dan pengeluaran dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Total kekayaan perusahaan harus dijaga untuk menentukan skala pembayaran tagihan.

Cara Input Penerimaan Kas di Accurate

Cara input penerimaan kas di accurate online merupakan salah satu pendapatan lain-lain yang didapatkan perusahaan. Other deposit terjadi setelah adanya setoran dana kas dan setara kas yang dimiliki entitas. Kewajiban pembayaran tagihan harus dilaksanakan setelah entitas melakukan pembayaran tagihan ke supplier.

Cara input penerimaan kas di accurate terjadi ketika perusahaan menerima dana kas masuk dari perusahaan lain. Penerimaan kas berfungsi untuk mencegah terjadinya aliran dana masuk yang tidak sesuai ekspektasi dari entitas untuk diberlakukan kewajiban jatuh tempo sesuai masa penggunaan aset.

Cara memasukkan transaksi penerimaan kas di accurate merupakan prosedur aliran dana masuk perusahaan. Arus kas operasional didapatkan dari aktivitas penjualan produk utama dan produk sampingan. Adapun langkah-langkah input transaksi penerimaan kas dari penjualan produk sampingan adalah

  1. Buka Modul Kas Bank
  2. Pilih Penerimaan Kas
  3. Isilah informasi akun bank
  4. Buatlah memo pengingat transaksi
  5. Pilih akun kontra penggunaan kas
  6. Klik simpan

Baca Juga: Cara Mencatat Purchase Invoice dan Sales Invoice di Accurate

Cara Input Pembayaran Kas Kecil di Accurate

Cara input pembayaran kas kecil di accurate dapat dilaksanakan setelah perusahaan memprioritaskan aliran dana kas kecil. Kas kecil dapat diolah menggunakan sistem dana tetap dan dana fluktuasi. Sistem pengendalian internal kas menganjurkan perusahaan menggunakan sistem imprest ketika mengelola dana kas kecil.

Langkah-langkah input transaksi pembayaran kas kecil untuk biaya-biaya operasional perusahaan di accurate dapat mempermudah prosedur audit kas kecil. Setiap pengeluaran kas harus dapat menunjukkan kegiatan administrasi yang menguntungkan bagi para pemegang saham untuk menyetorkan dana tambahan.

Cara input pembayaran kas kecil di accurate online dan accurate desktop 5 dapat menyakinkan para pengguna untuk melaporkan transaksi bisnis. Tujuan utama perusahaan didirikan adalah memastikan adanya saldo penjualan kas dan setara kas untuk meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Adapun langkah-langkah pembayaran kas kecil sebagai berikut

  1. Buka Modul Kas Bank
  2. Pilih Pembayaran
  3. Isilah informasi akun bank
  4. Buatlah memo pengingat transaksi
  5. Pilih akun kontra penggunaan kas
  6. Klik simpan

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengatur Kode Pajak di Accurate

Cara Membuat Rekonsiliasi Bank di Accurate Online

Cara membuat rekonsiliasi bank di accurate online bertujuan menyamakan saldo yang tercatat dipembukuan perusahaan dengan perbankan. Biaya administrasi bank dan pendapatan jasa giro berakibat terjadi ketidaksesuaian dana perusahaan yang dilaporkan pada pembukuan perbankan tersebut.

Cara menggunakan modul kas bank di accurate desktop 5 dan accurate online merupakan aktivitas memberdayagunakan kemakmuran para pemegang saham. Setiap tingkatan bisnis harus dapat mengevaluasi kinerja keuangan selama operasional berjalan sesuai keinginan pemegang sahamnya.

Cara membuat rekonsiliasi bank di accurate online bertujuan menciptakan aliran dana masuk ke perusahaan. Rekonsiliasi bank artinya prosedur mencocokkan antara pencatatan perusahaan dengan rekening koran yang diterbitkan perbankan. Adapun langkah-langkah rekonsiliasi bank di accurate adalah

Baca Juga: Cara Setting Saldo Awal Penyusutan Aktiva Tetap di Accurate

Demikian cara menggunakan modul kas bank di accurate 5 dan accurate online untuk mencapai tingkatan pelaporan informasi arus kas masuk dan arus kas keluar. Informasi arus kas bertujuan agar perusahaan menciptakan prosedur aliran keuangan yang seimbang dengan kegiatan bisnis operasionalnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Modul Kas Bank di Accurate Desktop 5 dan Accurate Online"