Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Per Unit dan Contoh Soal

Konten [Tampil]

Cara menghitung biaya overhead pabrik per unit dan contoh soal departementalisasi bop bertujuan agar proses pembebanan biaya penggunaan bahan penolong dan tenaga kerja tidak langsung berjalan efektif. Setiap pengeluaran perusahaan harus dapat meningkatkan kualitas pengiriman barang dan manfaat produk bagi pelanggan.

Contoh soal biaya overhead pabrik pada perusahaan manufaktur dapat menjadi pertimbangan seorang investor ketika mengadakan kegiatan bisnis. Setiap kali proses penjualan akan menambah manfaat ekonomis bagi perusahaan yang terutang pajak penghasilannya untuk satu kali proses pembayaran tagihan.

Langkah-langkah menghitung biaya overhead pabrik merupakan awal dalam proses penetapan harga jual. Bagaimana cara menentukan harga jual yang bagus dan diterima oleh pelanggan adalah 50% lebih besar daripada harga pokok produksi dan biaya administrasi untuk menciptakan penjualan produk barang jadinya.

Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Per Unit dan Contoh Soal

Langkah-Langkah Perhitungan Tarif Biaya Overhead Pabrik

Langkah-langkah perhitungan tarif biaya overhead pabrik bertujuan agar entitas mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihan yang jatuh tempo. Biaya produk merupakan pengeluaran kas utama bagi perusahaan manufaktur untuk menciptakan barang sesuai standar dan spesifikasi barang pesanannya.

Departementaliasi biaya overhead pabrik artinya perusahaan mengalokasikan biaya produk bersama ke beberapa bagian proses produksi. Contoh bahan penolong adalah bahan yang dapat meningkatkan kualitas dan memudahkan pelanggan mendistribusikan atau mengkonsumsi barang selama jangka waktu tertentu.

Langkah-langkah menghitung tarif biaya overhead pabrik terdiri dari proses penyusunan anggaran, prosedur penetapan dasar pembebanan dan penentuan kapasitas produksi sesungguhnya. Tujuan anggaran bop adalah menetapkan standar pengeluaran kas untuk membiayai pembelian bahan penolong dan tenaga kerja tidak langsung.

Baca Juga: Contoh Kasus Kompensasi Kerugian Fiskal dan Jawabannya

Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh soal biaya overhead pabrik dan jawabannya dapat menjadi pertimbangan seorang investor ketika mengadakan kebijakan akuntansi. Setiap kali proses perencanaan pembelian hendaknya dijadikan dasar bagi entitas untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis selama satu periode akuntansinya.

Contoh soal penentuan tarif biaya overhead pabrik dapat menjadi pertimbangan manajer produksi ketika menetapkan standar produk tertentu. Pembuatan barang akan melibatkan prosedur sistem pembebanan biaya berdasarkan proses dan pesanan untuk menciptakan barang sesuai keinginan pelanggan.

Contoh soal biaya overhead pabrik terjadi ketika CV Staff Accounting menyepakati anggaran bop sebesar Rp 53.000.000 untuk 70.000 barang jadi. Manajer produksi secara aktual telah mengeluarkan biaya sebanyak Rp 55.000.000 untuk 71.000 barang jadi. Hitunglah selisih biaya overhead pabrik yang muncul?

Baca Juga: Contoh Soal PPh 22 Bendaharawan Pemerintah

Cara Menghitung Selisih Biaya Overhead Pabrik

Cara menghitung selisih biaya overhead pabrik merupakan prosedur yang dilalui perusahaan untuk membandingkan antara anggaran dengan realisasinya. Produktivitas merupakan apa yang didapatkan perusahaan ketika mengorbankan waktu tertentu untuk menyelenggarakan kegiatan bisnisnya satu periode.

Cara Menghitung Tarif BOP per Unit

Cara menghitung tarif bop per unit bertujuan agar manajer produksi mengetahui batasan untuk menggunakan bahan penolong dan tenaga kerja tidak langsung. Biaya pemeliharaan dan penjagaan barang di gudang menjadi biaya tetap setiap bulannya. Adapun cara menghitung tarif bop per unit adalah

Tarif BOP per Unit = Rp 53.000.000 / 70.000
Tarif BOP per Unit = Rp 757

Cara Menghitung BOP Applied

Cara menghitung biaya overhead pabrik per unit dan contoh soal departementalisasi bop harus dilandasi oleh adanya ketentuan prosedur pembuatan laporan keuangan. Entitas diharapkan memperoleh ketepatan waktu pembayaran tagihan sebelum masa jatuh tempo sesuai tujuannya satu periode akuntansi.

BOP Applied = Rp 757 x 71.000
BOP Applied = Rp 53.747.000

Cara Menghitung Selisih BOP Aktual dan BOP Applied

Cara menghitung biaya overhead pabrik per unit dan per departemen layak menjadi pertimbangan seorang investor ketika membeli saham. Saham biasa adalah saham yang dikeluarkan untuk mengakusisi informasi keuangan selama satu periode akuntansi yang berjalan. Adapun cara menghitung selisih bop adalah

Selisih BOP = Rp 55.000.000 - Rp 53.747.000
Selisih BOP = Rp 1.253.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Obligasi Hingga Jatuh Tempo

Demikian cara menghitung biaya overhead pabrik per unit dan contoh soal departementalisasi biaya overhead pabrik dalam materi akuntansi biaya. Setiap pengeluaran perusahaan harus dapat memprioritaskan pada pengeluaran kas dan setara kas untuk memaksimalkan proses produksi barang jadi.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Per Unit dan Contoh Soal"