Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perilaku Biaya dalam Akuntansi Manajemen Keuangan

Konten [Tampil]

Contoh soal perilaku biaya dalam akuntansi manajemen keuangan merupakan proses pembebanan biaya agar entitas dapat menentukan harga pokok produksi. Faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku biaya melibatkan adanya aktivitas kegiatan produksi untuk menghasilkan kuantitas dan kualitas barang yang dikehendaki.

Pertanyaan diskusi tentang perilaku biaya akuntansi manajemen diberlakukan agar seseorang dapat mengalokasikan kekayaan sesuai peruntukkannya. Mengapa perlu dilakukan analisis perilaku biaya? karena perusahaan harus dapat menghitung harga pokok produksi dan efisiensi penggunaan bahan baku.

Contoh soal uas akuntansi manajemen semester 4 melibatkan materi perilaku biaya, activity based costing dan activity based management. Rumus biaya tetap, biaya variabel dan biaya campuran bergantung kepada basis aktivitas yang menjadi dasar pembagian pengeluaran kas untuk mengerjakan bahan bakunya.

Contoh Soal Perilaku Biaya dalam Akuntansi Manajemen Keuangan

Apa itu Perilaku Biaya?

Pengertian perilaku biaya menurut para ahli adalah pola yang menunjukkan adanya perubahan aktivitas bisnis yang berakibat pada pengeluaran perusahaan. Biaya adalah segala aktivitas perusahaan yang memerlukan adanya aliran kas keluar untuk membayarkan tagihan bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

Apa itu perilaku biaya? pengertian perilaku biaya adalah gambaran atas perubahan biaya produk yang diakibatkan perencanaan produksi. Plan produksi adalah rencana pembuatan barang jadi perusahaan yang telah disusun oleh manajer produksi agar dapat memenuhi permintaan barang oleh pihak marketing atau penjualan.

Pengertian perilaku biaya menurut para ahli adalah pola yang menggambarkan adanya jumlah biaya yang bervariasi terhadap perubahan aktivitas bisnis tertentu. Sifat-sifat pola perilaku biaya terdiri dari biaya tetap, biaya variabel dan biaya campuran untuk setiap pelaksanaan kegiatan produksi barang jadi miliknya.

Baca Juga: Contoh Soal Analisis Likuiditas Jangka Panjang dan Jawabannya

Klasifikasi Biaya Berdasarkan Perilaku Biaya

Biaya Tetap (Fixed Cost)

Contoh soal perilaku biaya dalam akuntansi manajemen keuangan melibatkan aktivitas perusahaan setiap bulannya. Biaya tetap adalah pengeluaran perusahaan secara rutin setiap bulan tanpa melihat adanya perubahan pelaksanaan kegiatan produksi. Contoh biaya tetap perusahaan manufaktur adalah gaji satpam.

Biaya Variabel (Variable Cost)

Pengertian biaya variabel adalah pengeluaran perusahaan yang bergantung pada kapasitas dan volume produksi terencana. Contoh biaya variabel adalah biaya tenaga kerja langsung dan biaya bahan baku. Seluruh biaya produk akan dibebankan ke setiap barang yang diciptakan menggunakan job order costing atau process costing.

Biaya Campuran (Mixed Cost)

Pertanyaan diskusi tentang perilaku biaya terjadi saat perusahaan manufaktur memiliki biaya campuran. Contoh soal perilaku biaya dalam akuntansi manajemen keuangan bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat diatribusikan sesuai kejadian yang sebenarnya terjadi mengikuti standar akuntansi keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal PPN Masukan dan PPN Keluaran

Contoh Soal Perilaku Biaya dalam Akuntansi Manajemen dan Jawabannya

Contoh soal perilaku biaya dalam akuntansi manajemen dan jawabannya berkaitan dengan adanya proses job costing dan process costing. Basis aktivitas adalah fase dimana perusahaan dapat mengkategorikan penggunaan biaya untuk mengerjakan produk sesuai persentase penggunaannya.

Pertanyaan diskusi tentang perilaku biaya bertujuan agar perusahaan mengetahui peran penting manajemen laba. Kenapa perilaku biaya menjadi sesuatu yang penting dalam menjalankan usaha karena setiap perubahan kapasitas produksi berakibat pada penambahan pengeluaran perusahaan setiap periodenya.

Contoh kasus perilaku biaya perusahaan manufaktur terjadi saat CV Staff Accounting menghitung biaya variabel per unit sebesar Rp 566 dan biaya tetap per bulan Rp 900.000. Apabila CV Staff Accounting mampu menghasilkan 755 unit, berapakah harga pokok produksi / perilaku biaya tersebut?

Nama BiayaNilai
Jumlah Produksi755 Unit
Biaya variabel per unit Rp566
Biaya tetap per bulan Rp 900.000
Harga Pokok produksi Rp1.327.330

Baca Juga: Tabel Perbedaan Biaya Tetap, Biaya Variabel dan Biaya Campuran

Demikian contoh soal perilaku biaya dan jawabannya yang menjadi materi soal uas akuntansi manajemen semester 4. Pertanyaan diskusi tentang perilaku biaya akan membahas informasi yang dibutuhkan seseorang ketika menyelenggarakkan kegiatan bisnis selama satu periode akuntansi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perilaku Biaya dalam Akuntansi Manajemen Keuangan"