Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PPN Masukan dan PPN Keluaran dan Jurnal Pencatatan

Konten [Tampil]

Contoh soal ppn masukan dan ppn keluaran dan jurnal pencatatannya dapat menjadi pedoman bagi lawan transaksi ketiga mengadakan kegiatan bisnis. Perusahaan adalah satuan usaha yang didirikan untuk memakmurkan para pemegang saham dengan memanfaatkan sumber daya modal dan liabilitas pihak ketiga.

Contoh jurnal pembelian kredit dan tunai dengan ppn dan uang muka pembelian menjadikan perusahaan bertanggungjawab atas surat pemesanan yang diberikan kepada supplier. Setiap perusahaan dapat mengukur kemampuan produksinya untuk mencapai batas minimal pemesanan barang untuk mencari harga optimal.

Jurnal penjualan, pembelian dan persediaan merupakan aktivitas utama perusahaan manufaktur dan dagang. Software akuntansi dibutuhkan untuk dapat mengorganisasikan kegiatan administrasi untuk memudahkan prosedur pencatatan yang berulang-ulang setiap harinya seperti pemungutan pajak pertambahan nilai.

Contoh Soal PPN Masukan dan PPN Keluaran dan Jurnal Pencatatan

Perbedaan PPN Masukan dan PPN Keluaran

PPN masukan artinya pajak pertambahan nilai yang dipotongkan oleh penjual atas pembelian barang tertentu dari supplier. PPN keluaran artinya perusahaan menerbitkan faktur pajak untuk penjualan barang dan jasa kepada lawan transaksi sesuai kegiatan administrasi perpajakan yang berlaku di indonesia.

Perbedaan ppn masukan dan ppn keluaran terletak pada pihak yang mengadakan kegiatan usaha. Penjual adalah pihak yang wajib menerbitkan faktur pajak ketika sudah berstatus sebagai pengusaha kena pajak. Faktur pajak merupakan bukti adanya pemotongan pajak penghasilan yang diserahkan setiap kali rantai distribusi barang.

Perbedaan ppn keluaran dan ppn masukan dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk mengoptimalkan prosedur informasi keuangannya. Setiap informasi keuangan harus dibuktikan kebenaran dan validitas yang bermanfaat memperoleh laba saat terjadi peningkatan aktiva atau penurunan liabilitas satu periode.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Imbalan Kerja Karyawan dan Jawabannya

Contoh Soal Jurnal Pembelian Barang Dagang Metode Perpetual dan Periodik

Contoh soal jurnal pembelian barang dagang metode perpetual dan periodik bermanfaat untuk memperoleh faktur pajak masukan. Faktur pajak masukan berfungsi mengurangi jumlah setoran pajak pertambahan nilai yang harus dibayarkan atas transaksi penjualan yang terjadi di perusahaan selama satu periode akuntansi.

Contoh soal jurnal pembelian secara kredit dengan ppn dan uang muka pembelian diprioritaskan pada pemesanan barang dari manajer produksi. Sistem persediaan harus dapat meminimalisir kekurangan bahan baku agar menjaga keberlangsungan proses produksi barang tertentu milik perusahaan sesuai perencanaan produksi.

Contoh pembelian secara kredit terjadi ketika CV Staff Accounting mengadakan permintaan bahan baku senilai Rp 93.000.000. Supplier hanya mau memproses pesanan ketika diberikan down payment atau uang muka senilai Rp 45.000.000. Bagaimana jurnal pencatatan aktivitas pembelian yang harus dicatat?

Baca Juga: Contoh Soal Biaya Bahan Baku dan Jawabannya

Jurnal Pembelian Kredit dengan PPn dan Uang Muka

Contoh soal ppn masukan dan ppn keluaran dan jurnal pencatatannya terdiri dari aktivitas penjualan dan pembelian. Pajak pertambahan nilai hanya dapat dipungut ketika perusahaan sudah berstatus sebagai pengusaha kena pajak. Tarif pph badan yang berlaku di indonesia adalah 22% saat tidak terdaftar di bursa efek indonesia.

Jurnal pembelian kredit dengan ppn dan uang muka harus dapat memberikan kepastian kapan sebuah pajak penghasilan dapat dipungut. Objek dan subjek pajak penghasilan harus dipenuhi agar entitas mendapatkan kepastian tentang ketepatan waktu pembayaran piutang tak tertagih dari pelanggannya.

Contoh soal jurnal pembelian kredit dapat menjadi pedoman pencatatan akuntansi pengantar. Akuntansi keuangan lanjutan mewajibkan akuntan memenuhi standar akuntansi keuangan seperti pengakuan pendapatan dan beban selama satu periode. Adapun jurnal aktivitas pembelian bahan baku sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
11/12/2022Uang Muka Pembelian Rp 45.000.000
PPN Masukan Rp 4.950.000
Hutang Usaha Rp 49.950.000
(Jurnal penerimaan faktur pajak uang muka)
12/12/2022Persediaan Rp 93.000.000
Penerimaan Barang Rp 93.000.000
(Jurnal penerimaan barang pihak gudang)
12/12/2022Penerimaan Barang Rp 93.000.000
PPN Masukan Rp 5.280.000
Hutang Usaha Rp 53.280.000
Uang Muka Pembelian Rp 45.000.000
(Jurnal pencatatan invoice dari supplier)
17/12/2022Hutang Usaha Rp 53.280.000
Kas Rp 53.280.000
(Jurnal pembayaran tagihan)

Baca Juga: Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik

Demikian contoh soal ppn masukan dan ppn keluaran dan jurnal pencatatan akuntansi keuangan menengah. Setiap arus kas masuk dan arus kas keluar harus diberikan bukti transaksi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai perencanaan kegiatan administrasi perusahaan dan perpajakannya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPN Masukan dan PPN Keluaran dan Jurnal Pencatatan"