Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan Akibat Masuknya Anggota Sekutu Baru

Konten [Tampil]

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan akibat masuknya anggota sekutu baru merupakan aktivitas adanya setoran modal baru dari anggota sekutu pasif dan anggota sekutu aktif. Setiap setoran sekutu akan melibatkan adanya proses pencantuman dana informasi keuangan sesuai ketersediaan modal awal dan modal akhir.

Setoran modal awal sekutu baru dapat dicatat sesuai nilai setoran, modal anggota baru dicatat lebih besar daripada setorannya ataupu dicatat lebih kecil. Perubahan pemilikan persekutuan mengakibatkan adanya pembubaran firma apabila dilihat dari ketentuan hukum pendirian badan usaha berorientasi pada laba atau keuntungan.

Perubahan pemilikan firma akibat adanya anggota baru yang masuk dan anggota lama yang keluar berakibat pada persentase laba rugi atas pembagian laba ditahan. Pengertian laba ditahan adalah keuntungan perusahaan dari adanya penjualan, harga pokok produksi dan pembelian bahan baku satu periodenya.

Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan Akibat Masuknya Anggota Sekutu Baru

Akuntansi Perubahan Pemilikan Persekutuan

Contoh soal perubahan pemilikan firma berakibat pada dibubarkannya persekutuan secara hukum sesuai peraturan pemerintah. Limited life artinya persekutuan memiliki umur terbatas yang akan dibubarkan pada saat terdapat nama anggota sekutu yang tidak sesuai pada akta pendirian baik penambahan, pengurangan atau perubahan namanya.

Akuntansi perubahan pemilikan persekutuan hendaknya melibatkan adanya perhitungan persentase pembagian laba rugi. Laba rugi adalah sesuai yang diinginkan sekutu dari mendirikan bisnis agar mendapatkan kekayaan atas partisipasinya sebagai sekutu aktif dan sekutu pasif dalam organisasi laba.

Akuntansi perubahan pemilikan persekutuan harus diatur pada akta pendirian untuk mencegah terjadinya ketidaksesuai pendapat atau argumen dari sekutu. Pengertian sekutu adalah pihak yang menyetorkan dana kas dan setara kas untuk membentuk badan usaha agar dapat mengikuti aturan perpajakan yang berlaku.

Baca Juga: Contoh Soal Departementalisasi Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh Soal Masuknya Anggota Sekutu Baru dalam Persekutuan

Contoh soal masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan dapat menjadikan kekayaan perusahaan bertambah yang berguna menjalan kerjasama bisnis. Apabila sekutu baru membeli hak sekutu lama,  maka selisih nilai tidak mempengaruhi laporan keuangan firma sebab hak sekutu lama akan diberikan secara penuh.

Contoh soal perubahan pemilikan persekutuan akibat masuknya anggota sekutu baru berakibat pada perubahan persentase laba rugi firma. Anggota sekutu yang menyetorkan modal lebih banyak tentu mendapatkan total pemilikan yang lebih tinggi daripada sekutu lain dan berakibat kenaikan laba tahun berjalan.

Contoh soal masuknya anggota sekutu baru dalam persekutuan ABC terjadi saat masraffi membeli hak modal dekraffi seharga Rp 90.000.000. Apabila modal dekraffi yang tercatat pada persekutuan senilai Rp 80.000.000. Bagaimana jurnal perubahan pemilikan partnership yang harus dibuat saat pendirian firma?

Baca Juga: Cara Menghitung Goodwil dan Bonus Bagi Sekutu Baru

Contoh Soal dan Jurnal Perubahan Pemilikan Persekutuan

Contoh soal dan jurnal perubahan pemilikan persekutuan layak dipertimbangkan sebagai basis perhitungan laba rugi firma. Setiap aktivitas yang melibatkan sumber kekayaan bagi para pemodal sesuai kehendak dari entitas. Firma merupakan badan usaha yang mewajibkan adanya distribusi laporan posisi keuangan.

Memasukkan kekayaan anggota sekutu ke firma harus diprioritaskan pada jenis aktiva yang diserahkan ke perusahaan. Persekutuan adalah organisasi yang didirikan dalam rangka menjaga agar seluruh kekayaan sekutu dapat menghasilkan laba sesuai target. Laba rugi dibagikan sesuai persentase setoran modal awal.

Contoh soal dan jurnal perubahan pemilikan persekutuan dapat menjadikan perusahaan mengalokasikan seluruh informasi keuangannya. Setiap pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kecurangan akibat ditundanya pembayaran tagihan jatuh temponya.

Baca Juga: Contoh Soal Perilaku Biaya dalam Akuntansi Manajemen

Demikian contoh soal perubahan pemilikan persekutuan akibat masuknya anggota sekutu baru dan keluarnya anggota sekutu lama dalam firma. Sekutu berhak dan bertanggungjawab sama liabilitas perusahaan ketika beroperasi walaupun melibatkan harta pribadi untuk membayarkan tagihan tersebut.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Perubahan Pemilikan Persekutuan Akibat Masuknya Anggota Sekutu Baru"