Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya dan Dibebankan

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik sesungguhnya dan dibebankan merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka merubah pengeluaran kas menjadi penambah harga pokok produksi. Selisih bop adalah perbandingan antara bop aktual dengan bop dibebankan sebelum kegiatan produksi dilakukan.

Contoh soal cara menghitung tarif biaya overhead pabrik sesungguhnya harus diakui pada saat terjadi pengeluaran bahan baku dan pemakaian tenaga kerja langsung. Bagaimana cara mengontrol biaya overhead agar meminimalisir adanya selisih bop dilakukan dengan menggunakan kekayaan perusahaan.

Selisih biaya overhead pabrik dapat dianalisis menjadi dua macam bentuk beban yaitu biaya bahan penolong dan biaya tenaga kerja tidak langsung. Apabila selisih bop dibebankan terletak pada sisi kredit maka entitas memperoleh pengurang biaya overhead pabrik selama periode dilaksanakan kegiatan produksi.

Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya dan Dibebankan

Perbedaan BOP Aktual dan BOP Dibebankan

Perbedaan bop aktual dan bop dibebankan terletak pada pemakaian biaya overhead pabrik dalam rangka menyelenggarakan kegiatan operasional perusahaan. Selisih bop adalah ketidaksesuaian antara anggaran bop yang direncanakan perusahaan selama job order costing atau process costing dalam menciptakan barang jadi.

Pengertian biaya overhead pabrik sesungguhnya adalah pengeluaran perusahaan yang tidak dapat ditelusur ke produk yang sudah dikeluarkan perusahaan. BOP aktual akan didapatkan saat terjadi pemakaian bahan penolong dan biaya tenaga kerja tidak langsung. Entitas berhak mengakuisisi informasi pendapatan dan biaya selama satu priode.

Pengertian biaya overhead pabrik dibebabkan adalah rencana penggunaan aliran kas perusahaan untuk membiayai kegiatan penciptaan produk. Rumus bop yang dibebankan bergantung pada kebijakan akuntansi perusahaan. Variable costing diberlakukan saat perusahaan tidak mengakui bop tetap menjadi bagian dari biaya produk.

Baca Juga: Contoh Kasus Departementasiliasi Biaya Overhead Pabrik dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Selisih Biaya Overhead Pabrik

Contoh soal selisih biaya overhead pabrik dibebankan dengan biaya overhead pabrik aktual harus dilakukan agar tidak terjadi selisih ketika menetapkan anggaran. 3 langkah dalam menentukan tarif bop adalah menyusun anggaran bop, menghitung dasar pembebanan biaya produk dan menghitung tarif sesuai kebiasaan perusahaan.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik sesungguhnya dan dibebankan merupakan prosedur yang harus dilalui perusahaan untuk menciptakan alat produksi. Elemen apa saja yang dibutuhkan dalam metode penentuan harga pokok produksi adalah pengeluaran yang berkaitan dengan biaya produk.

Contoh kasus selisih biaya overhead pabrik aktual dengan biaya overhead pabrik dibebankan terjadi ketika CV Staff Accounting menganggarkan bop senilai Rp 8.000.000. Kartu biaya pesanan menunjukkan entitas telah mengeluarkan bop aktual senilai Rp 8.300.000. Bagaimana jurnal selisih biaya overhead pabrik yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022BOP Anggaran Rp 8.000.000
Harga Pokok Produksi Rp 300.000
BOP Aktual - Tenaga Kerja Rp 8.300.000

Baca Juga: Rumus Menghitung Nilai Persediaan Akhir dan Harga Pokok Produksi

Cara Menghitung Tarif Biaya Overhead Pabrik dalam Akuntansi Biaya

Cara menghitung tarif biaya overhead pabrik tentu memerlukan dasar pembebanan biaya. Pembebanan biaya adalah proses penentuan kualifikasi apakah pengeluaran perusahaan termasuk biaya produk. Job order costing dan process costing menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban penggunaan material perusahaan.

Cara menghitung biaya overhead pabrik sesungguhnya adalah dengan menghitung total pengeluaran yang dilaksanakan perusahaan setiap satu tahunnya. BOP Aktual artinya pengeluaran yang berkaitan dengan produk yang sesungguhnya diciptakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan selama satu tahunnya.

Contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik dibebankan harus dapat diaplikasikan pada catatan atas laporan posisi keuangan. Langkah pertama dalam memperhitungkan tarif bop per departemen adalah proses penentuan titik pemisah. Metode alokasi bertahap menjadi cara terbaik untuk menghitung bop yang ditimbulkan.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Soal Rasio Perputaran Persediaan Barang

Demikian contoh soal cara menghitung biaya overhead pabrik sesungguhnya dan dibebankan dalam sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan. Setiap wajib pajak harus dapat menentukan total biaya produk untuk menghindari adanya koreksi fiskal dalam kegiatan produksi selama satu periodenya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik Sesungguhnya dan Dibebankan"