Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Persediaan Akhir dan HPP Metode Identifikasi Khusus

Konten [Tampil]

Contoh soal persediaan akhir dan harga pokok penjualan menjadi pembahasan asumsi arus biaya dan pencatatan persediaan. Sistem pencatatan persediaan terdiri dari sistem perpetual dan sistem fisik dimana perusahaan dapat menentukan jenis transaksi sesuai kebijakan akuntansi yang diberlakukan.

Contoh soal penilaian persediaan menggunakan metode rata-rata tertimbang dan metode identifikasi khusus diperlukan untuk menetapkan harga pokok penjualan. Pengertian harga pokok penjualan adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakan produk agar dapat dilakukan penjualan oleh marketing.

Sistem perpetual adalah penentuan nilai persediaan akhir berdasarkan pencatatan pengurangan barang dagang ketika transaksi penjualan, pembelian bahkan retur barang dagang. Sistem periodik adalah penentuan nilai persediaan akhir berdasarkan hasil stock opname yang dilaksanakan kepala gudang.

Contoh Soal Persediaan Akhir dan HPP Metode Identifikasi Khusus


Perbedaan Metode Fisik dan Metode Perpetual

Perbedaan metode fisik dan metode perpetual dapat menjadikan perusahaan menentukan total kekayaan yang belum dapat diperjualbelikan. Pengertian persediaan menurut para ahli adalah kekayaan perusahaan yang digunakan proses produksi atau dilaksanakan kegiatan penjualan sebagai bentuk usaha memperoleh laba.

Bedanya metode fisik dan metode perpetual adalah persediaan akhir harus dilakukan koreksi dengan membuat ayat jurnal penyesuaian. Jurnal transaksi penyesuaian barang dagang harus dilaksanakan setelah perusahaan melakukan perhitungan manual atas stock yang dimiliki pada akhir periode akuntansi.

Perbedaan metode perpetual dan metode periodik tentu menyampaikan informasi kondisi keuangan terutama laporan laba rugi. Contoh kasus menghitung persediaan akhir tentu melibatkan adanya barang sedang transit, penjualan konsinyasi bahkan adanya perjanjian jualbeli barang dimasa lalu.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual Produk

Contoh Soal Penilaian Persediaan Metode Identifikasi Khusus dan Jawabannya

Contoh soal penilaian persediaan metode identifikais khusus dan jawabannya dilaksanakan dengan sistem perpetual atau periodik. Metode identifikasi khusus adalah perhitungan hpp berdasarkan kondisi sebenarnya barang yang telah dikeluarkan perusahaan dengan tujuan diperdagangkan atau investasi.

Contoh perhitungan harga pokok penjualan metode identifikasi khusus melibatkan pembuatan ayat jurnal penyesuaian di akhir periode. Tujuan perhitungan hpp adalah menentukan harga jual barang agar dapat memperoleh keuntungan ditahun berjalan dan membayarkan pajak penghasilan tahunan badan.

Contoh soal dan jawaban penilaian persediaan metode identifikasi khusus terjadi pada CV Staff Accounting yang melakukan penjualan barang seharga Rp 84.000 dengan harga beli Rp 42.500. Persediaan akhir terdiri dari barang seharga Rp 34.000 dan Rp 65.000. Bagaimana cara membuat kartu persediaan barang dagang?

Baca Juga: Ayat Jurnal Penyesuaian Persediaan Akhir Periode

Cara Menghitung Persediaan Akhir Metode Identifikasi Khusus

Cara menghitung persediaan akhir metode identifikasi khusus berguna untuk menentukan laba atau rugi tahun berjalan. Sistem periodik adalah perhitungan nilai persediaan yang dilaksanakan setiap periodenya sehingga akan menghasilkan ayat jurnal penyesuaian diakhir periode.

Penetapan harga pokok bahan baku yang dipakai dengan metode identifikasi khusus harus menerapkan dasar akrual dan keberlangsungan usaha perusahaan. Prinsip perbandingan pendapatan dan biaya akan menghasilkan informasi pengeluaran perusahaan selama tahun berjalan untuk memperoleh keuntungan.

Ayat jurnal penyesuaian transaksi persediaan akhir dilaksanakan untuk menentukan total aktiva dan passiva perusahaan. Aktiva adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional. Adapun perhitungan persediaan akhir metode identifikasi khusus adalah

Nilai Persediaan   Awal
- Kendaraan Rp 42.500
- Kendaraan Rp 34.000
- Kendaraan Rp 65.000
Penjualan Barang Dagang
- Kendaraan Rp (42.500)
Persediaan Akhir Rp 99.000

Baca Juga: Cara Menghitung Akumulasi Penyusutan Metode Garis Lurus

Demikian contoh soal persediaan akhir dan hpp metode identifikasi khusus semoga dapat membantu mengerjakan soal essay dan pertanyaan akuntansi keuangan menengah. Kartu persediaan bahan baku dan harga pokok produksi dapat dibuat agar harga jual dapat ditentukan sehingga diperolehnya keuntungan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Persediaan Akhir dan HPP Metode Identifikasi Khusus"