Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Jasa dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal umum perusahaan jasa dan jawabannya merupakan aktivitas perusahaan mencatat bukti transaksi pertama kali setelah membayar dan menerima kas. Jurnal umum adalah alat mengukur dan memperhitungkan total transaksi yang diselenggarakan perusahaan secara sistematis sesuai jumlah rupiahnya.

10, 15 dan 20 transaksi contoh soal jurnal umum perusahaan jasa dan dagang layak dipertimbangkan sebagai bahan ujian akhir semester materi akuntansi pengantar. Transaksi apa saja yang dimasukkan ke dalam jurnal umum adalah seluruh pencapaian perusahaan selama satu periode yang berkaitan dengan pendapatan dan pembelian.

Bagaimana mencatat transaksi menggunakan jurnal umum dapat dilakukan setelah bukti transaksi didapatkan. Bukti transaksi adalah petunjuk adanya pengeluaran dan pemasukan bagi perusahaan dalam rangka memperhitungkan total biayanya. Jurnal umum dibuat berdasarkan penerapan akrual basis dan kas basis.

Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Jasa dan Jawabannya

Pengertian Jurnal Umum Menurut Para Ahli

Pengertian jurnal umum menurut para ahli adalah alat yang diciptakan untuk memperhitungkan jumlah debit dan kredit atas transaksi berdasarkan tanggal terjadinya peristiwa. Contoh soal jurnal umum perusahaan jasa dan jawabannya membantu mahasiswa dalam prosedur identifikasi persamaan dasar akuntansi.

Manfaat dan Fungsi Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Manfaat dan fungsi jurnal umum perusahaan jasa adalah alat mengidentifikasi pengaruh transaksi terhadap akun yang dipergunakan. Sistem pembukuan berganda mewajibkan entitas mengklasifikasikan transaksi berdasarkan kejadian terhadap pengeluaran perusahaan dengan minimal menggunakan 2 akun yang berbeda.

Contoh soal jurnal umum perusahaan jasa dan jawabannya bertujuan agar masing-masing akun dapat diperhitungkan totalnya. Bagaimana mencatat transaksi menggunakan jurnal umum diawali dengan mengidentifikasi akun yang berkaitan dengan transaksi. Akun adalah informasi perihal pemakaian dana perusahaan.

Baca Juga: Cara Mencatat Transaksi Penjualan Barang dan Jasa di Accurate

20 Transaksi Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Jasa

20 transaksi contoh soal jurnal umum perusahaan jasa merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mempublikasikan laporan keuangannya. Setelah kita membuat jurnal, langkah selanjutnya adalah posting ke buku besar. Posting artinya mengklasifikasikan dan menghitung total jumlah akun yang terpengaruh di perusahaan.

15 transaksi contoh soal jurnal umum perusahaan dagang bertujuan agar entitas dapat mempublikasikan laporan keuangannya. Jika pencatatan perusahaan masih sedikit, maka entitas akan memperoleh laporan keuangan dengan cepat tetapi kinerja keuangan masih perlu ditingkatkan agar laba meningkat.

Contoh soal dan jawaban jurnal umum perusahaan jasa terjadi ketika CV Staff Accounting melaksanakan kegiatan jual beli di perusahaan. Adapun penggunaan jurnal dan buku besar yang terjadi selama satu periode adalah

  • CV Staff Accounting menerima setoran modal awal berupa kas senilai Rp 560.000.000
  • Membayarkan premi asuransi untuk tiga bulan senilai Rp 4.000.000
  • Membeli mesin produksi secara kredit senilai Rp 5.000.000

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Kode Akun Akuntansi Secara Lengkap

Tahapan Cara Membuat Jurnal Umum

Tahapan cara membuat jurnal umum hanya dapat dimulai saat perusahaan memperoleh bukti transaksi. Transaksi apa saja yang dimasukkan ke dalam jurnal umum adalah seluruh riwayat pemakaian dana perusahaan dalam rangka memperhitungkan laba rugi sesuai persentase yang didapatkan saat operasional berlangsung.

Cara membuat jurnal umum adalah menentukan akun yang terpengaruh. Jurnal terdiri dari jurnal umum, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal khusus dan jurnal penjualan. Tujuan jurnal umum adalah mencatat segala hal yang berhubungan dengan pengeluaran perusahaan selama satu bulannya.

Contoh soal jurnal umum perusahaan jasa dan jawabannya hendaknya disesuaikan kondisi keuangan entitas. Tujuan pembuatan jurnal adalah menghindari pemakaian dana perusahaan yang tidak sesuai dan menerapkan sistem pengendalian internal atas dana entitas. Adapun jurnal umum perusahaan jasa CV Staff Accounting yang dibuat adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
1Kas Rp 560.000.000
Modal CV Staff Accounting Rp 560.000.000
2Asuransi dibayar dimuka Rp 4.000.000
Kas Rp 4.000.000
3Aktiva Tetap Rp 5.000.000
Kas Rp 5.000.000

Baca Juga: Penyebab Neraca Saldo Tidak Seimbang

Demikian contoh soal jurnal umum perusahaan jasa dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar. Cara membuat akun dan kode akun di laporan keuangan dapat didasarkan pada penciptaan sistem informasi akuntansi diimbangi pelaksanaan sistem pengendalian internal yang ada di perusahaan satu periodenya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Umum Perusahaan Jasa dan Jawabannya"