Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Kesalahan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal kesalahan neraca saldo setelah penyesuaian dan jawabannya merupakan materi akuntansi pengantar dan akuntansi keuangan menengah. Neraca saldo adalah informasi sumber daya perusahaan yang digunakan menciptakan aset lancar sesuai kebutuhannya berdasarkan keseimbangan modal dan hutangnya.

Kenapa aktiva dan passiva harus balance sebab entitas harus mengetahui hasil dari setoran modal pemegang saham. Salah satu kesalahan dalam menyiapkan neraca saldo disebabkan kesalahan saat melakukan posting ke buku besar pembantu piutang dan hutang dagang sesuai kebutuhan entitasnya.

Bagaimana jika dalam neraca saldo tidak terjadi keseimbangan antara jumlah debit dan jumlah kredit dapat dilaksanakan audit laporan keuangan. Mengapa perusahaan jasa dan dagang membuat neraca saldo karena harus mempublikasikan penggunaan kas dan setara kas sesuai kebutuhan dari entitas satu periodenya.

Contoh Soal Kesalahan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian dan Jawabannya

Penyebab Ketidakseimbangan Neraca Saldo dan Neraca Lajur

Contoh soal kesalahan neraca saldo setelah penyesuaian berakibat pada tertundanya prosedur pemanfaatan informasi keuangan. Kas diibaratkan sebagai darah di perusahaan untuk dapat melaksanakan aktivitas produksinya satu periode. Kenapa aktiva dan passiva harus balance sebab menyesuaikan sumber daya ekonomisnya.

Kesalahan dalam menyusun neraca saldo terdiri dari salah menjumlahkan kolom saldo dan belum tercatatnya sebuah transaksi. Apa yang menyebabkan saldo tidak normal adalah entitas tidak mempergunakan sistem pembukuan berganda dalam mencatat transaksi keuangan sesuai standar akuntansinya.

Penyebab ketidakseimbangan neraca saldo setelah penyesuaian adalah salah memperhitungkan jumlah saldo keuangan dan menganalisis transaksi keuangan. Mengapa kesalahan yang terjadi pada proses penyusunan laporan keuangan harus segera diperbaiki dikarenakan entitas harus melaksanakan pembukuan.

Baca Juga: Contoh Soal PPN Masukan dan PPN Keluaran

Contoh Soal Kesalahan Neraca Saldo dan Buku Besar Pembantu

Contoh soal kesalahan neraca saldo dan buku besar pembantu piutang hutang dapat dibuatkan jurnal pembalik. Bagaimana jika dalam neraca saldo tidak terjadi keseimbangan antara jumlah debit dan jumlah kredit maka entitas harus mencari ketidaksesuaian berdasarkan standar audit yang berlaku.

Contoh soal kesalahan neraca saldo setelah penyesuaian dan jawabannya perlu mempertimbangkan seluruh informasi keuangannya. Yang tidak termasuk cara pengoreksian jika terjadi kesalahan pada pada neraca saldo adalah menghapus bukti transaksi dan tidak menciptakan sistem pengendalian internal.

Contoh soal neraca saldo dan jawabannya terjadi ketika CV Staff Accounting melaksanakan pembayaran sewa gedung dibulan juni senilai Rp 80.000 secara tunai tetapi dicatat sebagai sewa dibayar dimuka. Bagaimana jurnal penyesuaian yang harus dibuat oleh perusahaan jasa dan dagang tersebut?

TanggalKeteranganDebitKredit
31 OktoberBeban SewaRp 80.000
Sewa Dibayar DimukaRp 80.000

Baca Juga: Apa itu Posting ke Buku Besar

Apa yang Menyebabkan Saldo Tidak Normal

Apa yang menyebabkan saldo tidak normal perlu dimengerti agar calon staff accounting dan staff finance belajar sesuai ketersediaan produk. Contoh soal kesalahan neraca saldo setelah penyesuaian dan jawabannya perlu menghindari adanya kontrak jangka panjang dan mempengaruhi arus kas keluar perusahaan.

Bagaimana jika dalam neraca saldo tidak terjadi keseimbangan antara jumlah debit dan jumlah kredit dapat melaksanakan penelusuran informasi pada buku besar. Buku besar adalah buku yang berisikan mutasi penggunaan akun di laporan keuangan. Akun adalah alat mencatat transaksi sesuai kejadian di perusahaan.

Apa yang menyebabkan saldo tidak normal adalah transaksi tidak dilaksanakan prosedur pengkreditan dan pendebitkan secara tidak profesional. Apakah neraca saldo setelah penutupan harus balance tentunya dapat dicantumkan pada catatan atas laporan posisi keuangan saat terjadi pemasalahan hukumnya.

Baca Juga: Cara Membuat Nama dan Nomor Akun di Neraca

Demikian contoh soal kesalahan neraca saldo setelah penyesuaian dan jawabannya dalam materi akuntansi pengantar. Buku besar pembantu piutang dan hutang adalah informasi perpajakan yang harus dicantumkan terutama ketika entitas melaksanakan pemungutan pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Kesalahan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian dan Jawabannya"