Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pertanyaan Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi dalam Perusahaan

Konten [Tampil]

Contoh pertanyaan kas kecil metode imprest dan fluktuasi dalam perusahaan jasa dan dagang bermanfaat bagi mahasiswa dalam rangka menerapkan sistem pengendalian internal. Lebih baik mana antara metode imprest dan fluktuasi bergantung pada kebijakan akuntansi yang diterapkan di perusahaan sesuai standar akuntansi keuangan.

Contoh soal dan jawaban kas kecil metode fluktuasi dan metode imprest diselenggarakan dalam rangka mencegah terjadinya pemanipulasian data laporan keuangan. Kegunaan kas kecil adalah membantu membiayai operasional perusahaan yang tidak dapat menggunakan cek dan bilyet giro saat pembayaran.

Apa yang harus dilakukan jika hasil kas opname ternyata jumlah dana kas kecil berbeda dengan saldo menurut pembukuan adalah melaksanakan pembuatan jurnal penyesuaian. Mengapa perusahaan selalu membentuk dana kas kecil untuk pembayaran tagihan yang tidak terlalu besar dan dibedakan dengan aktivitas utamanya.

Contoh Pertanyaan Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi dalam Perusahaan

Contoh Pertanyaan Diskusi Tentang Kas Kecil di Perusahaan

Contoh pertanyaan diskusi tentang kas kecil di perusahaan bertujuan agar entitas memaksimalkan proses pembentukan dana kas kecil untuk membiayai operasional tertentu. Apa saja karakteristik yang dimiliki dana kas kecil adalah memiliki nilai nominal yang kecil dan mampu membantu aktivitas bisnis perusahaannya.

Apa penyebab terjadinya selisih dana kas kecil dalam pembukuan perusahaan dikarenakan perbedaan waktu pencatatan transaksi. Contoh pertanyaan kas kecil metode imprest dan fluktuasi dalam perusahaan hendaknya diatribusikan berdasarkan total kekayaan perusahaan untuk mencegah berkurangnya manfaat ekonomis.

Contoh pertanyaan diskusi tentang kas kecil di perusahaan wajib dibentuk terutama saat terjadi pemeriksaan. Bagaimana jika suatu perusahaan tidak memiliki dana kas kecil? entitas akan mengalami kesulitan pembayaran terutama pada saat menerima tagihan dengan kas tunai dan tidak menerima cek atau bilyet giro.

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam dan Jawabannya

Contoh Soal dan Jawaban Dana Kas Kecil Metode Imprest

Contoh soal dan jawaban dana kas kecil metode imprest ditujukan bagi setiap perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnis. Akun kas kecil digunakan untuk menampung riwayat aktivitas perusahaan memakai kas tunai baik berupa penerimaan kas dan pemakaian kas untuk keperluan perusahaan.

Contoh soal essay dana kas kecil sebaiknya menerapkan sistem pengendalian internal agar menghindari pemakaian yang tidak terotorisasi. Bagaimana jika suatu perusahaan tidak memiliki kas kecil maka akan mempersulit interaksi dengan lawan transaksi terutama yang mensyaratkan pembayaran tunai.

Contoh soal dan jawaban dana kas kecil metode imprest terjadi ketika CV Staff Accounting menetapkan saldo kas kecil di pembukuan sebesar Rp 56.000.000. Pada bulan berjalan, telah direimbursement pengeluaran perusahaan diantaranya biaya parkir Rp 90.000, biaya pembelian peralatan Rp 34.000.000 dan biaya materai Rp 1.000.000. Bagaimana jurnal kas kecil yang harus dibuat?

Baca Juga: Cara Menghapus Period End di Accurate 5

Contoh Jurnal Kas Kecil di Perusahaan Dagang

Jurnal Pembentukan Dana Kas Kecil

Jurnal pembentukan dana kas kecil dibuat pada saat perusahaan menetapkan jumlah kas kecil yang harus tersedia di brankas. Apa yang harus dilakukan jika hasil kas opname ternyata dana kas kecil berbeda dengan saldo menurut pembukuan adalah menelusuri bukti transaksi yang pernah dicatatnya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2022Patty Cash Rp 56.000.000
Mandiri Bank Rp 56.000.000

Jurnal Pengisian Kembali Dana Kas Kecil

Jurnal pengisian kembali dana kas kecil ditujukan bagi kasir yang mau mengembalikan kas yang terdapat di brankas. Bagaimana perusahaan memperlakukan adanya selisih dana kas kecil tentu menyesuaikan dengan standar akuntansi keuangan yaitu membebankan sebagai penambah harga pokok produksinya.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Park Expance Rp 90.000
Buy Equipment Rp 34.000.000
Stamp Expance Rp 1.000.000
Mandiri Bank Rp 35.090.000

Jurnal Menambah Saldo Kas Kecil di Brankas

Jurnal menambah saldo kas kecil di brankas ditujukan bagi entitas yang menerapkan metode imprest. Karakteristik metode imprest adalah entitas harus mengisi kembali saldo kas kecil sesuai bukti transaksi yang diperoleh. Apabila ditetapkan saldo kas kecil baru sebesar Rp 70.000.000. Bagaimana jurnal pencatatan yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Patty Cash Rp 14.000.000
Mandiri Bank Rp 14.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Selisih Kas Kecil di Pembukuan

Demikian contoh pertanyaan kas kecil metode imprest dan fluktuasi dalam perusahaan jasa dan dagang di materi akuntansi pengantar. Kas kecil menjadi bagian dari akun aktiva dan dilaporkan pada laporan posisi keuangan guna membantu aktivitas bisnis untuk meyakinkan para pemegang sahamnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Pertanyaan Kas Kecil Metode Imprest dan Fluktuasi dalam Perusahaan"