Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Jurnal Penjualan dengan Uang Muka dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka dan jawabannya merupakan aktivitas perusahaan mendapatkan surat pesanan dari pelanggan untuk menambah penghasilannya. Penjualan adalah aktivitas perusahaan memindahkan fungsi dan hak milik barang kepada customer untuk melaksanakan transaksi penjualan.

Saldo normal uang muka penjualan berada di sisi kredit dan saldo normal uang muka pembelian berada di sisi debit. Bagaimana jurnal untuk mencatat transaksi penjualan secara tunai dan kredit harus dapat diaplikasikan menggunakan sistem informasi akuntansi dan dipertahankan dalam rangka menjalankan operasionalnya.

Contoh soal dan cara mencatat jurnal penjualan dengan uang muka memiliki tujuan agar kekayaan perusahaan dapat diaplikasikan menggunakan accurate atau myob accounting. Uang muka penjualan dalam bahasa inggris diartikan sebagai modal yang diberikan pelanggan untuk membuat produk pesanannya.

Contoh Soal Jurnal Penjualan dengan Uang Muka dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Uang Muka Penjualan dan Pembelian

Apa yang dimaksud uang muka penjualan dan pembelian adalah modal yang diberikan untuk menjalankan aktivitas bisnis guna melaporkan seluruh informasi perpajakannya. Posisi down payment merupakan kebalikan dari saldo normal penjualan atau pembelian menyesuaikan kebutuhan perusahaan dalam organisasinya.

Contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka dan jawabannya haruslah diterbitkan faktur pajak. Faktur pajak penjualan adalah bukti bahwa penjual telah melakukan pemungutan pajak pertambahan nilai dan menyetorkannya pada dirjen pajak. Tanggal faktur pajak harus sama dengan invoice untuk mempermudah transaksinya.

Pengertian uang muka penjualan adalah modal yang diberikan pelanggan untuk mempercepat proses produksi dari penjual. Pendapatan diterima dimuka adalah penghasilan perusahaan yang hanya dapat diakui ketika entitas mengadakan perjanjian kerjasama dengan lawan transaksi mengenai metode pembayarannya.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Ijarah Muntahiya Bittamlik dan Jawabannya

Contoh Soal dan Cara Mencatat Jurnal Penjualan dengan Uang Muka

Contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka dan jawabannya haruslah menerapkan sistem informasi akuntansi. Uang muka diakui sebagai pendapatan diterima dimuka untuk mengalokasikan setiap tambahan kinerja keuangan yang diatribusikan sesuai kebutuhan perusahaan dalam rangka proses kerjasamanya.

Contoh soal dan cara mencatat jurnal penjualan dengan uang muka bertujuan agar seluruh pencapaian perusahaan dapat dipotongkan pajak pertambahan nilai. Tanggal faktur pajak harus sama dengan invoice untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam prosedur penagihan invoice yang telah jatuh tempo.

Contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka terjadi ketika CV Staff Accounting menerima surat pesanan dengan total penjualan senilai Rp 98.000.000. Setiap pelanggan diwajibkan membayarkan dp senilai 40% dari total tagihan. Bagaimana jurnal pada saat menerima uang muka penjualan dan pelunasan barang untuk ditagihkannya?

Baca Juga: Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Jurnal Pencatatan Uang Muka Penjualan Barang

Jurnal pencatatan uang muka penjualan barang harus dibuat saat perusahaan menerima kas dan setara kas hasil imbal balik pelanggan. Posisi uang muka penjualan berada di passiva bersamaan dengan liabilitas jangka pendek. Uang muka penjualan dalam bahasa inggris akuntansi adalah advance sales.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022Kas Rp 43.512.000
Uang Muka Penjualan Rp 39.200.000
PPN Keluaran Rp 4.312.000

Jurnal Pengiriman Barang kepada Pelanggan

Jurnal pengiriman barang kepada pelanggan akan mengakibatkan bertambahnya harga pokok produksi. Contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka diharapkan menerapkan sistem perpetual dan sistem periodik ketika menilai harga pokok penjualan. Apabila hpp dianggap 45% dari total barang jadi, berikut jurnal pengiriman barang kepada pelanggan

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/08/2022Barang Terkirim Rp 44.100.000
Persediaan Rp 44.100.000

Jurnal Pelunasan Uang Muka Penjualan

Jurnal pelunasan uang muka penjualan artinya barang pesanan pembeli sudah siap dikirimkan dan penjual meminta sisa pelunasan tagihannya. Termin pembayaran dapat disepakati sesuai perjanjian kerjasama penyerahan barang. Uang muka penjualan termasuk akun liabilitas jangka pendek di laporan posisi keuangan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/08/2022Kas Rp 65.268.000
Uang Muka Penjualan Rp 39.200.000
PPN Keluaran Rp 6.468.000
Penjualan Rp 98.000.000
HPP
Barang Terkirim Rp 44.100.000

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembentukan dan Pengisian Kembali Kas Kecil

Demikian contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka dan jawabannya dalam praktikum akuntansi pengantar. Apabila terjadi transaksi penjualan kredit maka akun yang akan terpengaruh bagi penjual adalah piutang, penjualan dan ppn keluaran. Setiap transaksi harus diidentifikasi secara jelas setiap periodenya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Jurnal Penjualan dengan Uang Muka dan Jawabannya"