Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Konten [Tampil]

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung menjadi bagian dalam siklus akuntansi agar dapat menyesuaikan tagihan sebenarnya di perusahaan. Setiap perusahaan berhak mengalokasikan kekayaan berdasarkan informasi pembayaran yang telah diselenggarannya selama satu periode.

Contoh kasus piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang dan penghapusan piutang secara langsung berakibat pada catatan atas laporan keuangan. Piutang diakui sebesar nilai yang dapat ditagihkan kepada pelanggan atas barang dan jasa yang pernah diberikan pada masa sebelumnya sesuai kejadian di perusahaan.

Bagaimana cara menentukan jumlah piutang tak tertagih harus membandingkan antara termin pembayaran dengan hari sekarang. Cadangan kerugian piutang termasuk biaya yang tidak diperkenankan sebagai biaya fiskal atas penghasilan yang didapatkan perusahaan selama mengoperasionalkan kegiatan produksi satu periode.

Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung

Apa yang Dimaksud Penyisihan Piutang Tak Tertagih

Apa yang dimaksud penyisihan piutang tak tertagih? Pengertian piutang tak tertagih adalah tagihan yang telah diberikan kepada pelanggan tetapi belum diterima pembayaran setelah masa jatuh tempo. Piutang diukur berdasarkan nilai yang dapat direaliasikan pada saat proses penagihan barang dan jasa kepada pelanggan.

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berakibat pada prosedur penilaian kondisi keuangan perusahaan. Penjualan kredit merupakan upaya perusahaan menambah nilai omzet ditahun berjalan dengan memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk menerima barang dan jasa terlebih dahulu.

Pengertian penyisihan piutang tak tertagih adalah prosedur menilai kembali jumlah piutang yang dilaporkan berdasarkan nilai wajar pada saat transaksi. Piutang tak tertagih termasuk biaya operasional dikarenakan menghambat prosedur pembayaran tagihan kepada supplier setiap kali entitas mengeluarkan surat pesanan.

Baca Juga: Download Aplikasi Accurate Enterprise Secara Gratis

Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda tentang piutang tak tertagih dan jawabannya menjadi prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka mendapatkan kepastian pembayaran dari pelanggan. Alasan perusahaan memakai penghapusan piutang secara langsung adalah menghindari prosedur pembayaran tagihan dalam satu periode.

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung akan mempengaruhi jumlah penghasilan di perusahaan. Omzet adalah total pendapatan perusahaan dari penjualan kredit dan tunai atas penyerahan barang dan jasa kena pajak. Setiap penghasilan mengandung pajak pertambahan nilai yang perlu dipungut.

Bagaimana cara menentukan jumlah piutang tak tertagih diawali dengan memprioritaskan pembayaran tagihan kepada para pelanggannya. Cara menghadapi resiko terjadinya piutang tak tertagih adalah menilai kemampuan pembayaran tagihan dari pelanggan. Adapun informasi jumlah piutang pelanggan di CV Staff Accounting adalah

TanggalNama PerusahaanTermin Total tagihan
01/08/2022PT Maju Bersaman/30 Rp 8.500.000
26/09/2022PT Berkah Mandirin/30 Rp 6.920.000
15/11/2022PT Jaya Perkasan/30 Rp 5.840.000

Baca Juga: Ketentuan Perpajakan tentang Cadangan Kerugian Piutang

Jurnal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Jurnal penyisihan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang merupakan prosedur yang dilalui perusahaan sebagai upaya mempertahankan kelangsungan hidupnya. Soal essay dan pilihan ganda diprioritaskan agar dapat dijalankan menyesuaikan kebutuhan perusahaan saat lawan transaksi berkomunikasi.

Contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung berakibat pada pelaporan informasi perpajakan di catatan atas laporan keuangan. Cara menghadapi risiko terjadinya piutang tak tertagih adalah mengevaluasi kemampuan pembayaran kredit yang diselenggarakan perusahaan.

Jurnal penyisihan piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang telah diatur pada ketentuan umum perpajakan. Faktor apa saja yang mengakibatkan pelanggan tidak mampu membayarkan tagihan adalah penurunan kondisi keuangan setelah pengiriman barang terjadi. Adapun jurnal penyesuaian piutang tak tertagih yang dibuat dengan persentase 5 persen dari tagihan jatuh tempo adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022Beban Kerugian Piutang Rp 1.063.000
Cadangan Kerugian Piutang Rp 1.063.000

Baca Juga: Cara Menghitung Uang Muka Penjualan yang Harus Dibayarkan Pelanggan

Demikian contoh soal penyisihan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung dalam materi akuntansi keuangan menengah. Metode cadangan kerugian piutang akan berakibat pada pemaksimalkan proses penagihan yang dilakukan bagian keuangan perusahaan saat bertransaksi.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penyisihan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung"