Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Utang Jangka Pendek Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal utang jangka pendek beserta jawabannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan dalam rangka mendapatkan pinjaman dari pihak ketiga. Perusahaan harus mampu menjadwalkan proses pembayaran ketika pihak ketiga telah menyerahkan sejumlah dana beserta bunga pinjaman yang disepakati.

Contoh soal essay dan pilihan ganda liabilitas jangka pendek menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Setiap perusahaan berhak mengadakan perjanjian pinjam meminjam dana untuk melangsungkan kebijakan keuangan agar dapat dialokasikan berdasarkan kemampuan perusahaan setiap periodenya.

Liabilitas jangka pendek merupakan instrumen laporan keuangan yang menjadi sumber daya keuangan perusahaan saat menjalankan aktivitas operasionalnya. Hutang diukur berdasarkan nilai wajar, nilai amortisasi dan harga perolehan yang didapatkan saat kontrak kerjasama ditandatangani kedua pihak terlibat.

Contoh Soal Utang Jangka Pendek Beserta Jawabannya

Apa itu Hutang Jangka Pendek?

Apa itu hutang jangka pendek? Pengertian liabilitas jangka pendek adalah pinjaman sementara yang diberikan dari pihak ketiga baik berupa kas atau aktiva non kas untuk membantu kegiatan administrasi perusahaan. Hutang diatur dalam pernyataan standar akuntansi keuangan atau PSAK nomor 57 tentang provisi.

Contoh soal utang jangka pendek beserta jawabannya merupakan prosedur yang dilalui perusahaan ketika mendapatkan harta kekayaan dari pihak ketiga. Liabilitas adalah kewajiban yang muncul sebagai akibat peristiwa dimasa lampau dan harus diselesaikan dengan menyerahkan kas atau sumber daya ekonomis lainnya.

Pengertian hutang jangka pendek menurut para ahli adalah pemberian bantuan dari pihak ketiga agar entitas mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya berdasarkan tingkatan harta kekayannya. Periode akuntansi berlangsung selama 12 bulan kalender yang terhitung mulai dari tutup buku periode sebelumnya.

Baca Juga: Contoh Soal Obligasi Metode Suku Bunga Efektif dan Jawabannya

Contoh Soal Hutang Jangka Pendek dan Pembahasannya

Contoh soal hutang jangka pendek dan pembahasannya berlaku setelah perusahaan mengakuisisi informasi perpajakannya. Neraca saldo berisikan informasi perihal kekayaan perusahaan dan sumber daya setoran pihak internal dan eksternal agar dapat menjalankan kegiatan operasional sesuai target tertentu.

Contoh soal liabilitas jangka pendek diawali dengan adanya kesepakatan peminjaman sejumlah dana tertentu. Ciri-ciri utang adalah perusahaan mendapatkan kekayaan tanpa harus menjalankan kegiatan operasional selama periode tertentu seperti pemberian kas pihak ketiga dan pemberian barang dagangnya.

Contoh kasus utang jangka pendek terjadi ketika CV Staff Accounting yang membeli barang senilai Rp 5.000.000 secara kredit dengan termin 2/10, n/30. Buatlah jurnal saat penerimaan barang, jurnal pemberian invoice, dan jurnal pelunasan tagihan baik memperoleh diskon atau tidak memperoleh diskon?

Baca Juga: Download Program Komputer Akuntansi Secara Gratis

Contoh Pencatatan Jurnal Liabilitas Jangka Pendek

Contoh pencatatan jurnal liabilitas jangka pendek harus diaplikasikan berdasarkan kemampuan perusahaan ditahun berjalan. Perusahaan setelah mendapatkan pinjaman, harus dapat memperhitungkan rasio pengembalian harta yang disesuaikan tingkatan bisnis dalam waktu tertentu.

Jurnal Penerimaan Barang Dagang

Jurnal penerimaan barang dagang adalah kondisi perusahaan telah menerima kiriman barang sesuai surat pesanan yang diterbitkan kepada supplier. Pemasok akan mempersiapkan barang dan menjadwalkan prosedur pengiriman barang sesuai purchase order. Adapun jurnal penerimaan barang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
07/08/2023Persediaan Barang Rp 5.000.000
Hutang Dagang Belum Ditagih Rp 5.000.000

Jurnal Penerimaan Invoice Barang

Jurnal penerimaan invoice barang akan diberikan setelah proses pengiriman barang selesai dilaksanakan. Pengusaha kena pajak diwajibkan melakukan pemungutan pajak pertambahan nilai saat rantai distribusi barang. Contoh soal utang jangka pendek beserta jawabannya akan menghasilkan jurnal penerimaan invoice sebagai berikut

TanggalKeterangan Debit Kredit
07/08/2023Hutang Dagang Belum Ditagih Rp 5.000.000
PPN Masukan Rp 550.000
Hutang Dagang Rp 5.550.000

Jurnal Pembayaran Hutang Dagang dengan Diskon

Jurnal pembayaran hutang dagang dengan diskon akan diberikan saat terjadi pelunasan tagihan sebelum masa yang dijanjikan. Persentase diskon atau potongan harga dapat ditentukan saat pelaksanaan negosiasi harga. Negosiasi adalah proses kesepakatan harga jual dan jangka waktu pelunasan tagihan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
16/08/2023Hutang Dagang Rp 5.550.000
Potongan Pembelian Rp 100.000
PPN Masukan Rp 11.000
Kas Rp 5.439.000

Jurnal Pembayaran Hutang Dagang Tanpa Diskon

Jurnal pembayaran hutang dagang tanpa diskon akan diberikan saat perusahaan menjalankan kewajiban perpajakannya. Tujuan pemberian diskon adalah mempercepat proses pembayaran atas penjualan kredit. Penjualan kredit diselenggarakan agar omzet perusahaan ditahun berjalan dapat meningkat.

TanggalKeterangan Debit Kredit
26/09/2023Hutang Dagang Rp 5.550.000
Kas Rp 5.550.000

Baca Juga: Cara Input Pembelian Barang dan Jasa di Zahir Accounting

Demikian contoh soal utang jangka pendek beserta jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Potongan harga atau pemberian diskon akan mempengaruhi komposisi informasi keuangan yang diatribusikan berdasarkan tanggal pemberian pinjaman sesuai masa berlakunya faktur pajak penjualan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Utang Jangka Pendek Beserta Jawabannya"